6+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Lumajang yang Bagus


Pada kesempatan kali ini, daerah yang akan dibahas mengenai keberadaan pondok pesantren adalah Kabupaten Lumajang. Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur dengan 21 kecamatan. Dari seluruh kecamatan yang ada di kabupaten ini, keberadaan pondok pesantren cukup merata.

Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak deretan daftar alamat nama pondok pesantren di Jawa Timur, khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang.

Pesantren di Kabupaten Lumajang


Kab. Lumajang berbatasan langsung dengan Probolinggo di sebelah utara, dengan Samudra Hindia di bagian selatan, Kab. Jember di sebelah timur, dan Kab. Malang sebelah barat.

Pesantren di Kabupaten Lumajang tersebar di sejumlah kecamatan, kelurahan, dan desa di kabupaten ini baik pesantren salaf, tahfidzh, ataupun kombinasi pesantren dan sekolah formal yang ada di dalam sistemnya.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Lumajang


Jika melihat daftar pondok pesantren yang berada di Kabupaten Lumajang, ada ratusan ponpes yang berdiri di kabupaten ini. Namun, tidak semua akan diulas secara lebih jelas hanya beberapa pondok pesantren saja.

Pondok Pesantren Darun Najah

Pondok pesantren pertama yang akan diulas adalah Pondok Pesantren Darun Najah. Ponpes ini berada di Petahunan, Sumbersuko, Kabupaten Lumajang 67316.

Pondok pesantren salafiyah ini didirikan pada tahun 1995 dan bermula dari sebuah Madrasah Diniyah Awaliyah yang memiliki santri sekitar 20-an. Namun, semakin lama berkembang pesat dan memiliki jumlah santri dan pengajar yang semakin banyak jumlahnya hingga sekarang.

Ponpes Darun Najah Lumajang diasuh oleh Kyai H. Moch. Khozin Barizi. Tidak hanya pesantren, di sini juga tersedia lembaga pendidikan formal, yaitu MTs, MA, serta SMK, dan lembaga non-formal, yaitu Madrasah Diniyah serta Tahfidzul Qur'an.

Pondok Pesantren Terpadu Al Fauzan Labruk Lor

Selanjutnya ada Pondok Pesantren Al Fauzan Labruk Lor yang terletak di Laban, Labruk Lor, Kec. Lumajang. Pondok pesantren salaf ini merupakan pengembangan dari Ponpes Alfauzan yang berdiri pada tahun 1917 dengan pengasuh KH. Mansur bin KH. Umar bin KH. Fauzan bin Ki Ageng Selo.

Sedangkan, Pondok Pesantren Terpadu Al Fauzan Labruk Lor ini didirikan pada tahun 2007 oleh Kyai Imron Zamzami, S.H yang merupakan menantu dari KH. Mansur. Selain pondok pesantren, di sini juga tersedia pendidikan Madrasah Tsanawiyah dan madrasah Aliyah.

Pondok Pesantren Kyai Syarifudin

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Lumajang selanjutnya adalah Pondok Pesantren Kyai Syarifudin. Pesantren yang telah berdiri sejak tahun 1912 ini didirikan oleh Kyai Syarifuddin yang dahulu bernama Ponpes Tashilul Mubtadi'in.

Namun, saat sepeninggal beliau dan sebagai penghormatan, nama pesantren diubah menjadi Pondok Pesantren Kyai Syarifudin. Alamat pondok pesantren ini berada di Desa  Wonorejo RT 15  RW 06, Kedungjajang, Lumajang, Jatim.

Pondok Pesantren Miftahul Midad

PP Miftahul Midad didirikan oleh KH. Anas Abdul Halim dan dibangun di atas tanah wakaf seluas 750 m² pada tahun 1986. Seiring waktu berjalan, semakin banyak santri yang ingin mendalami ilmu agama di pesantren ini.

Oleh karena itu, pengasuh serta para pengurus memutuskan untuk membangun juga sekolah formal dan memperluas lahan. Kemudian, didirikanlah pendidikan MTs pada tahun 1995, dan dilanjutkan dengan pembangunan MA Miftahul Midad.

Pondok Pesantren Khomsani Nur

Pondok pesantren ini merupakan lembaga keagamaan dan sosial yang memiliki program Tahfidzul Qur-an, LKSA Al-Mansuriyah, Madrasah Diniyah, MI Nurul Islam, MTs Diponegoro, serta Madrasah Aliyah.

Pondok Pesantren Khomsani Nur terletak di Jl. Kaspi'i, RT.3/RW.3, Desa KLanting, Sukodono, Kab. Lumajang 67351, Prov. Jatim.

Ponpes Ulul Albab

Pondok pesantren di Kabupaten Lumajang berikutnya adalah Ponpes Ulul Albab yang diasuh oleh Gus Fahrur Rozi. Uniknya, ponpes yang berada di Jl. Panggung Lombok Candipuro, Krajan, Kab. Lumajang ini menjadi satu-satunya ponpes yang mendukung klub sepak bola Semeru FC.

Ponpes Ulul Albab didirikan pada tahun 1989 oleh Alm. Almaghfirulllah KH. Abdul Aziz Marwi Hasba. Ulul Albab bukan sebuah pesantren besar dengan jumlah santri hingga ribuan.

Meskipun demikian, selain membekali para santri dengan berbagai ilmu agama, di sini juga tersedia banyak kegiatan yang dapat mengembangkan bakat para santri dalam bidang lainnya.

Demikian informasi lengkap terkait beberapa daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Lumajang. Tidakkah Anda tertarik menitipkan putra atau putri Anda untuk dididik dengan sistem pendidikan di pesantren?

Belum ada Komentar untuk "6+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Lumajang yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel