5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Tulungagung yang Bagus


Tulungagung merupakan kabupaten di selatan Provinsi Jawa Timur yang memiliki banyak lembaga pendidikan berstatus Islam, termasuk pondok pesantren. Tersebar di seluruh wilayah Tulungagug, pesantren di Tulungagung tak hanya untuk memperdalam ilmu agama, tetapi juga pesantren menyediakan lembaga pendidikan formal untuk para santrinya.

Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut daftar nama pondok pesantren di Jawa Timur, khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Tulungagung.

Pesantren di Tulungagung


Jumlah pesantren di Tulungagung terbilang cukup banyak. Beragam program dan fasilitas ditawarkan sesuai dengan visi misi pesantren. Biaya pendidikan yang harus dibayarkan juga sesuai dengan fasilitas yang akan didapatkan.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Tulungagung


Mengenal daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Tulungagung akan menambah referensi Anda untuk memasukkan anak, keponakan, atau adik di pondok pesantren di Jawa Timur. Dengan melihat fasilitas dan program yang ditawarkan pesantren dapat menjadi referensi untuk memilih pesantren terbaik versi Anda.

Pondok Pesantren Menara Al Fattah

Pondok Pesantren Menara Al Fattah merupakan pesantren tertua di Tulungagung yang telah berdiri sejak tahun 1354. Terletak di Jalan KHR Abdul Fattah, pesantren ini kini mengkombinasikan pendidikan agama dengan pendidikan umum.

Berbagai lembaga pendidikan formal, seperti MTs dan MA telah tersedia dengan beragam kegiatan ekstrakurikuler yang bisa dipilih santri. Selain memperdalam ilmu agama, pesantren ini juga menyediakan program tahfidz Quran yang bisa diikuti oleh santri yang mukim maupun santri laju.

Pondok Pesantren Islam Imam Syafi’i

Terletak di Jalan Jayeng Kusuma I Donorejo, Tapan, Kedungwaru, Pesantren Islam Imam Syafi’I memiliki 3 tingkatan yang disesuaikan dengan usia santri. Ketiga tingkatan tersebut adalah SDI-ST (setara dengan SD/MI), MSW (Setara SMP/MTs), dan I’dad lughowi (setara SMA/MA). Membekali  santri dengan pemahaman agama islam sesuai manhaj ahlus sunnah wal jamaah, pesantren juga memberikan kajian-kajian rutin yang diperuntukkan untuk masyarakat sekitar.

Pondok Pesantren Panggung

Pondok Pesantren Panggung merupakan pondok pesantren di Tulungagung yang terletak di Jalan Pangeran Diponegoro 11, Tulungagung. Dinamakan Pondok Pesantren Panggung, karena dulunya tempat pesantren merupakan daerah yang sering terkena banjir dan berbentuk seperti rumah panggung.

Selain fasilitas yang cukup lengkap, terdapat lembaga pendidikan, mulai dari PG, SD, MTs, MA, dan
Madrasah Diniyah yang bisa diikuti oleh masyarakat sekitar. Bagi santri yang ingin mengembangkan ketrampilan agama bisa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang difasilitasi oleh pihak pesantren.

Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin

Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin merupakan pondok pesantren di Tulungagung, tepatnya di Jalan Raya I No. 34, Tulungagung. Berdiri pada tahun 1953, pesantren ini didirikan oleh Mbah Surip untuk mempelajari ilmu agama islam yang bernuansa salafi.

Selain mempelajari ilmu agama islam, pesantren ini juga memiliki lembaga pendidikan formal, mulai dari TK, SD, SMP, SMA, dan SMK.

Selain fasilitas yang tersedia cukup lengkap, tahfidz Quran menjadi salah satu program unggulan dari pesantren ini. Tak hanya para santri saja yang bisa memperoleh pendidikan di pesantren ini, masyarakat sekitar juga bisa mengakses pendidikan di kawasan pesantren.

Terdapat juga kegiatan ekstrakurikuler bidang agama, seperti seni sholawat dan kaligrafi yang bisa dipilih santri. Selain itu, masyarakat juga bisa ikut pengajian rutin yang biasanya diselenggarakan pada malam Ahad dan Ahad Legi.

Pondok Pesantren Raudhatul Mustofa

Pondok Pesantren Raudhatul Mustofa merupakan salah satu pondok pesantren tertua di Tulungagung yang telah didirikan sejak tahun 1800. Menerapkan ilmu salaf murni, Pesantren Raudhatul Mustofa terletak di Jalan Masjid Al Falah Pundensari, Rejotangan, Tulungagung.

Pesantren ini menekankan pada tahfidz Quran dan kajian kitab kuning yang dikombinasikan dengan pendidikan formal, berupa SMP dan SMA. Meskipun usia pesantren cukup tua, fasilitas yang disediakan cukup lengkap, termasuk layanan hotspot gratis dan pembelajaran menggunakan LCD proyektor.

Bagi santri yang ingin mengembangkan ketrampilannya, ada beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti, seperti;

  1. Reban
  2. Paskibra
  3. Pengembangan olahraga
  4. Jurnalistik
  5. Kaligrafi
  6. Penelitian ilmiah

Meskipun banyak pesantren berusia tua di Kabupaten Tulungagung, program dan fasilitas yang disediakan pesantren tidak kalah dengan pesantren yang baru berdiri.

Dengan mengetahui daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Tulungagung dapat menjadi bahan rujukan Anda untuk mencari pesantren yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga saja informasi kali ini bermanfaat untk semuanya. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Tulungagung yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel