5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Batang yang Terkenal

Pesantren di Batang

Kabupaten Batang adalah satu daerah di propinsi Jawa Tengah. Wilayah yang sempat masuk ke Kabupaten Pekalongan ini ternyata memiliki banyak pondok pesantren. Sebagian besar kami rangkum dalam daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Batang.

Pesantren di Batang


Pondok pesantren di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Batang adalah lembaga islam yang bervisi mencetak kader islam taat di Batang Jateng. Maka dari itu, sebagian besar pondok mengusung sistem salaf dan ada beberapa pondok yang menganut pendidikan modern.

Daftar Nama Pondok Pesantren Di Kabupaten Batang


Pondok pesantren di Batang Jawa Tengah tidak hanya dilengkapi ruang kelas modern dan asri. Di sana juga dibangun laboratorium bahasa Inggris dan Komputer. Ini dia daftar ponpes Kabupaten Batang berfasilitas unggul tersebut:

Pondok Pesantren Tazakka

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Batang yang pertama adalah Ponpes Tazakka. Pesantren yang nyaman untuk santri belajar karena lokasinya berada di area pegunungan.

Di Pondok modern ini santri tidak diajari ilmu agama saja tetapi juga ekstra kurikuler bela diri, hadrah dan barongsai. Program semacam ini yang menghilangkan kejenuhan santri pasca belajar.
Pendidikan formalnya masih ada dua yaitu SMP dan SMA. Sekalipun sedikit dari segi pembelajaran umum sangat mumpuni. Pondok pesantren terkemuka ini ada di Desa Sidayu, Bandar, Cendono, Kabupaten Batang.

Ponpes Al Inaaroh

Pondok pesantren Al Inaaroh adalah lembaga pendidikan islam pencetak insan moderat, patriotik dan berjiwa Qurani. Bahkan pondok ini yang dianggap mampu menangkal aliran sesat yang tidak sesuai Quran dan Sunnah.

Ponpes Al Inaaroh bisa dibilang baru berdiri. Lembaga pendidikan formalnya hanya Madrasah Tsanawiyah. Sekalipun begitu ilmu yang diajarkan sangat bagus. Selain kajian kitab kuning juga muatan lokal Bahasa Jawa yang harus diikuti seluruh santri.

Karena hal ini pondok pesantren Al Inaaroh bisa dijadikan pilihan putra-putri Anda yang ingin mondok. Alamatnya sendiri berada di Jalan Raya Batang-Bandar Km. 9, Desa Brayo, Wonotunggal Kabupaten Batang.

Pondok Pesantren Darussalam

Pondok pesantren Darus Salam adalah lembaga pendidikan terkenal di Kabupaten Batang Jawa Tengah. Hal ini disebabkan jumlah santri dan santriwatinya yang banyak.

Pesantren Darussalam menggabungkan pembelajaran agama, umum dan bakat seni. Untuk ekstra kurikulernya sudah ada pencak silat Pagar Nusa, latihan pidato, teater dan hadrah.

Di pondok Darussalam Kabupaten Batang digalakkan maulidan dengan membaca solawat Ad Diba’i dan Barzanji. Program selengkap ini dijalankan untuk mencetak ilmuan islam yang berkeimanan dan santun.

Untuk memondokkan putra-putrinya di ponpes ini silakan datangi alamat Kemiri Utara Kemiri Bar Subah Kabupaten Batang. Di tempat tersejuk di Kabupaten Batang inilah pondok pesantren Darussalam berdiri.

Ponpes Roudlotut Thollibin

Ponpes Roudlotut Thollibin adalah pesantren NU modern di Kabupaten Batang. Pondok yang siap bersinergi dengan pemerintah dalam mencetak insan nahdiyin moderat dan patriotis.

Pondok pesantren Roudlotut Thollibin terbilang baru. Lembaga ini diresmikan tahun 2000 tepatnya tanggal 20 Juli. Sekalipun begitu lembaga sudah modern dengan adanya program ajar umum diantara kajian kitab-kitab klasik yang menjadi rutinitas santri.

Namun untuk saat ini Ponpes Roudlotut Thollibin masih memiliki satu lembaga formal yaitu Madrasah Tsanawiyah. Lulusan terakhirnya berjumlah 164 orang. Cukup bagus untuk ponpes yang baru berdiri. Pondok ini dibangun di lingkungan asri tepatnya di desa Maron Bandar Batang, Kabupaten Batang.

Ponpes Darul Maarif

Ponpes Darul Ma’arif adalah lembaga pendidikan islam populer di Kabupaten Batang. Santri dan santriwatinya berjumlah ratusan orang dari MI hingga Aliyah.

Pondok ini memadukan pendidikan model tradisonal (salaf) dan modern. Di sini juga diajarkan pelajaran Bahasa Jawa, Bahasa Inggris dan sastra.

Visi pondok pesantren ialah mencetak generasi bangsa yang militan yang berakhlakul karimah. Karena kader semacam ini yang dibutuhkan Indonesia.

Ponpes Darul Ma’arif memberikan bimbingan moral dan adab kepada para santri sesuai Alquran dan sunah. Diharapkan dari kebiasaan ini lahir insan tidak hanya cerdas tetapi juga beradap. Terutama memiliki adab baik pada guru dan orang tua. Ponpes yang megah ini beralamat di desa Banyuputih, Kec. Banyuputih, Kabupaten Batang

Pesantren yang termasuk daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Batang di atas layak dipilih Anda. Terutama yang ingin memondokkan putra-putrinya supaya memiliki pemahaman agama lebih baik.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Batang yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel