5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Blora yang Terbaik

Pesantren di Blora

Blora merupakan salah satu kabupaten di Provinsi jawa Tengah yang memiliki ibukota bernama Blora. Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Jawa Timur ini memiliki banyak pesantren. Hal tersebut terbukti dari banyaknya jumlah pesantren dan santri di kabupaten ini.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak informasi lengkap daftar nama pondok pesantren di Jawa Tengah, khususnya yang berada di Kabupaten Blora berikut.

Pesantren di Blora


Pesantren di Kabupaten Blora jumlahnya cukup banyak dan tersebar di beberapa kecamatan. Terdapat 16 kecamatan di Blora yang terbagi ke dalam 24 kelurahan serta 271 desa. Anda bisa mendaftarkan putra atau putri di pesantren dekat dengan tempat tinggal Anda atau di kecamatan lain yang cukup jauh untuk melatih kemandiriannya.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Blora


Berikut 5 profil lengkap pesantren yang ada di Kabupaten Blora, antara lain:

Pondok Pesantren Khozinatul Ulum

Pondok pesantren yang pertama bernama Khozinatul Ulum yang didirikan oleh H. Moch. Djaiz. Beliau mendirikan pesantren ini karena merasa prihatin tidak ada lembaga pendidikan pondok pesantren di daerah tersebut.

Kebetulan putrinya Umi Hani baru saja diwisuda khatam alqur’an bil ghoib 30 juz juga menginginkan membangun pesantren meskipun sederhana. Akhirnya beliau menikah dan bersama-sama berjuang mengelola pesantren.

Berbagai program pendidikan alqur’an, formal, dan non-formal diselenggarakan di PP Khozinatul Ulum seperti TPQ, Tahfidzul Qur’an, Madrasah Diniyah, MI, MTs, MA dan sebagainya. Pesantren ini beralamat di Jl Mr Iskandar, No. XII/2, Mlangsen, Kecamatan Blora Kota, Kabupaten Blora, nomor telepon (0296) 31644.

Pondok Pesantren Albanjari

Berdirinya Pondok Pesantren Albanjari dimulai dari TPQ AlBanjari yang didirikan pada tahun 2006 oleh KH. Nursalim Kasmany, Lc. Beliau terus melakukan inovasi dan pengembangan program pesantren dari tahun 2008 hingga pesantren berkembang pesat seperti sekarang ini.

Selain memiliki program pendidikan non formal seperti pondok pesantren, tahfidz al-Qur’an, muhadloroh, takhossus, Madrasah Diniyah, dan Majlis Ta’lim, pesantren ini juga menyediakan program pendidikan formal.

Pondok Pesantren Miftahul Ulum Ngawen

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Blora selanjutnya adalah PP Miftahul Ulum Ngawen. Pesantren salafiyah ini dibangun oleh Kh Ahmad Shochih pada tahun 1987.

Namun, beliau telah wafat pada tahun 2016 silam dan meninggalkan duka yang sangat terdalam khususnya keluarga, para santri, dan warga nahdliyin Kab. Blora. Tidak hanya sebagai pengasuh PP Miftahul Ulum, beliau juga menjabat sebagai A’wan Syuriah PCNU Kab. Blora.

Pondok Pesantren Miftahul Ulum memiliki ratusan jumlah santri baik putra maupun putri dari berbagai pelosok daerah. Lokasi pesantren salafiyah ini berada di Jl. Raya Blora - Purwodadi No.304, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, 58254 Provinsi Jawa Tengah.

Pondok Pesantren Al Anwar Ngawen

Berikutnya ada Pondok Pesantren Al Anwar Ngawen yang terletak di Jl. Japah Gg. III, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora. Pesantren salafiyah ini didirikan oleh Kiai Ahmad Djanas dan diasuh oleh KH Abdul Mufid yang baru saja wafat pada bulan April lalu di usia beliau yang menginjak 70 tahun.

Pondok Pesantren Mambaul Huda

Pondok Pesantren Mambaul Huda merupakan pesantren tertua yang ada di Kabupaten Blora. Pesantren ini didirikan oleh Almaghfurlah KH Zainal Abidin yang telah wafat pada tahun 1922. Saat ini PP Mambaul Huda di asuh oleh KH Ali Ridlo dan KH Idrus.

Pesantren yang memiliki ratusan santri dari seluruh pelosok Indonesia ini terletak di JL. KH. Zainal Abidin, Temurejo, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, nomor telepon 0296-361357.

Pondok Pesantren Sabilurrosyad

Daftar pesantren yang akan dibahas terakhir ini terletak di Mojo Wetan, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah. Pondok Pesantren Sabilurrosyad adalah pesantren salafiyah yang didirikan oleh KH. Masykuri.

Pada tahun 2013, jumlah santri putra di sini adalah 115 dan santri putri 173. Kini, Pondok Pesantren Sabilurrosyad diasuh oleh KH. Subhan dan telah mengalami perkembangan pesat dengan jumlah santri yang semakin banyak termasuk dari luar Blora.

Langsung saja datang ke alamat salah satu daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Blora jika Anda ingin mendaftarkan putra atau putri belajar di pesantren. Semoga informasi atas tulisan ini bermanfaat. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Blora yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel