5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Boyolali yang Terbaik

Pesantren di Boyolali

Kabupaten Boyolali adalah satu kabupaten Di Jawa Tengah yang memiliki 22 kecamatan. Tak hanya itu, pendidikan di sini berkembang sangat pesat. Bahkan ponpes di dalam daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Boyolali tidak kalah dengan ponpes di Surakarta dan Semarang.

Pesantren di Boyolali


Pondok pesantren Boyolali tidak mengajarkan kitab kuning dan Nahwu Sorof saja. Tetapi juga pendidikan kewirausahaan dan komputer. Ini sesuai dengan visi pondok yaitu mencetak santri berkeimanan dan berilmu serta memiliki kemampuan usaha dan kemandirian.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Boyolali


Sebagian besar pondok pesantren di Kabupaten Boyolali dibangun di tempat asri dan sejuk. Sehingga para santri bisa belajar dengan nyaman. Selain itu, pondok juga dilengkapi fasilitas pembelajaran yang bagus seperti laboratorium, masjid, perpustakaan serta ruangan berlatih kesenian. Berikut pondok pesantren terbaik di Jawa Tengah, khususnya wilayah kabupaten Boyolali Jawa Tengah:

Pesantren Nurul Quran Boyolali

Pesantren Nurul Quran Kabupaten Boyolali berdiri sudah lama dan hingga saat ini masih berjalan dengan baik. Pihak pondok juga memperhatikan masyarakat golongan ekonomi lemah agar tetap bisa memondokkan putra-putrinya secara gratis.

Di pondok Nurul Quran ada lembaga formal TK dan Wajar (Wajib Belajar) Dikdas. Sedangkan pendidikan non formalnya ada dua yaitu Madrasah Diniyah dan Tahfidz Quran. Pondok pesantren Nurul Quran ada di dusun Teter Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali.

Ponpes Darul Fiqr

Pondok pesantren Darul Fiqr adalah lembaga pendidikan islam yang baru berdiri. Peresmiannya dibuka tahun 1990 dengan membawa visi menjadi benteng moral umat khususnya di Boyolali Jawa Tengah.

Pesantren masih mengusung kurikulum PPNQ yang merupakan bagian dari pendidikan salafiyah atau tradisional. Sedangkan pembelajaran paling prioritas adalah Tahfidz Quran.

Di Pondok Darul Fiqr ada pendidikan formal yaitu SD dan SMP. Sedangkan pendidikan non formalnya hanya Madrasah DIniyah. Sekalipun begitu, di lembaga ini santri diberi pelatihan jurnalistik dan bela diri. Pondok pesantren Darul Fiqr berlokasi di daerah Beji Andong Boyolali.

Pesantren Darul Abror Boyolali

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Boyolali yang ketiga adalah pesantren Darul Abror. Pondok yang berdiri tahun 2004 dengan mengusung visi memperbaiki kehidupan masyarakat dan bangsa.

Tak hanya menyediakan lembaga pendidikan wajib belajar dasar seperti SD dan SMP, pondok juga mendirikan lembaga non formal diantaranya tahfidz Quran, kajian kitab kuning, Qiroah Sab’ah, Teater dan pendidikan kewirausahaan.

Jika ingin mondok di pesantren ini silakan kunjungi dusun Pengkol Karanggede Boyolali. Pondok pesantren berkualitas di bumi Boyolali Jawa Tengah.

Pondok Pesantren Zumrotut Tollibin

Pondok pesantren Zumrotut Tollibin dibangun di area yang sangat strategis. Lokasinya berada di kawasan hijau dan asri. Sehingga santri bisa belajar dengan nyaman.

Pesantren Zumrotut Tollibin merupakan pondok tertua di Boyolali. Kabarnya pesantren ini sudah berdiri tahun 1908. Keunikan pondok pesantren adalah menjalankan program wajib belajar formal plus non formal. Ekstra kurikuler yang bisa diikuti santri juga banyak.

Pondok yang rutin melakukan pertukaran pelajar antar pesantren dan telah membuka diklat desain ini berada Jl Pesantren No 04 Karangjoho Mojo Andong, Andong, Boyolali.

Pesantren Ummul Quro Boyolali

Pondok pesantren Ummul Quro adalah lembaga pendidikan islam populer di Kabupaten Boyolali Jawa tengah. Menurut informasi terbaru santri pondok ada 250 orang yang berasal dari Jawa Tengah dan Jabar.

Fokus pendidikan pondok adalah tahfidz Quran dan pendalaman bahasa arab. Keduanya diajarkan dengan sistem salafiyah dipadukan dengan metode pendidikan khalafiyah. Diharapkan santri bisa menyerap pelajaran dengan mudah karenanya.

Pondok pesantren yang juga melatih santri keseniah hadrah dan Qiroah ini beralamat di Dusun Jlegong, Desa Banyuurip, Kecamatan Klego Boyolali Jateng.

Jika ingin memondokkan putra-putrinya di Boyolali bisa mencari di daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Boyolali di atas. Silakan dapatkan informasi detail dengan mengunjungi alamat pondoknya.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Boyolali yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel