15+ Pondok Pesantren di Solo (Jawa Tengah) Modern/Salafiah dan Sekitarnya

Pesantren adalah salah satu tempat yang digunakan untuk menimba ilmu, khususnya untuk ilmu agama. Namun utuk saat ini pondok pesantren tidak hanya mempelajari tentang pendidikan agama islam saja namun juga untuk pendidikan yang formal. Hal ini dilakukan agar santri dapat mengembangkan ilmu atau skill yang telah dimilikinya tersebut. Apalagi untuk daerah Solo di Provinsi Jawa Tengah juga telah banyak kita temukan pondok pesantren yang terbaik yang ada di Sana.

Pondok Pesantren di Solo


Adapun daftar nama-nama Pondok pesantren yang ada di Solo antara lain adalah sebagai berikut;

Pondok Pesantren Darul Amanah

Pondok Pesantren Darul Amanahmerupakan cabang dari pondok pesantren Darunajjah yang ada di Jakarata. Walaupun begitu pondok pesantren ini memiliki perkembangan yang sangat pesat. Pondok Pesantren Darul Amanah ini adalah salah satu pondok modern yang ada di Solo, yang memiliki beberapa jenjang pendidikan formal mulai dari SD/ MI, SMP, SMA, sampai dengan perguruan tinggi ada di Pondok Pesantren Darul Amanah ini.

Pondok Pesantren Darul Amanah adalah salah satu ponndok yang berdiri dengan tujuan untuk membentuk karakteristik santri agar menjadi jauh lebih bertanggung jawab, memiliki jiwa pemimpin, memiliki wawasan yang luas dan ahli di dalam bidangnya tersebut. Setelah lulus dari Pondok Pesantren Darul Amanah ini harapannya dapat bermanfaat untuk orang banyak.

Pondok Pesantren Modern Selamat

Pondok Pesantren Modern Selamat adalah salah satu pondok pesantren yang telah berdiri pada tahun 1992. Pendiri dari Pondok Pesantren Modern Selamat ini merupakan alumni santri dari pondok pesantren Darussalam Gontor yaitu Selamet Soemadyo.

Pondok pesantren ini bukan hanya mempelajari tentang pendidikan agama islam saja namun juga untuk pendidikan formal ada di Pondok Pesantren Modern Selamat ini.  Maka dari itu tidak heran jika banyak sekali masyarakat yang ada di sekitar pondok pesantren ini yang mendukung adanya Pondok Pesantren Modern Selamat ini.

Bahkan telah banyak kita temui jika Pondok Pesantren Modern Selamat terlihat lebih berkembang di banding dengan pondok pesantren yang lain. jadi tidak heran jika Pondok Pesantren Modern Selamat termasuk salah satu pondok terbaik yang ada di Solo.

Pondok Pesantren Darul Qiyam Gontor 6

Pondok pesantren Darussalam gontor yang ada di Malang memang telah memiliki cabang di berbagai daerah salah satunya yitu di daerah Solo yang telah di berinama sebagai Pondok Pesantren Darul qiyam Gontor 6.

Pondok pesantren ini juga tidak kalah prestasi dengan induknya yang ada di Malang tersebut. Pondok Pesantren Darul qiyam Gontor 6 ini didirikan oleh HJ. Qoyyumi Kafrawi, yang memang alumni dari pondok Darussalam Gontor tersebut. Induk dari Pondok Pesantren Darul qiyam Gontor 6 ini terletak di Dusun Gadingsari, Desa Mangunsari, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Pondok Pesantren Darul qiyam Gontor 6 ini merupakan pondok yang paling terkenal dan juga paling berkembang di Solo. Didalam Pondok Pesantren Darul qiyam Gontor 6 ini tidak hanya mempelajari tentang pendidikan agama islam saja namun juga untuk pendidikan formal seperti TK, SMP, SMA, sampai mulai perguruan tinggi ada di Pondok Pesantren Darul qiyam Gontor 6 ini.

Pondok Pesantren Islam Assalam

Pondok Pesantren Islam Assalam adalah salah satu pondok pesantren terbaik yang ada di Solo. Pondok Pesantren Islam Assalam ini sering disebut oleh kebanyak orang dan masyarakat yang ada di sekitarnya sebagai PPMI. Pondok Pesantren Islam Assalam telah berdiri pada tanggal 7 Agustus 1982 M atau 17 Syawal 1402 yang telah berada di kalender hijriyah.

Pondok Pesantren Islam Assalam ini didirikan oleh Bapak H. Abdullah Marzuki dan juga Ibu Hj. Siti Aminah Abdullah. Pondok Pesantren Islam Assalam ini juga memiliki luas wilayah hingga mencapai 2,845m. Pondok Pesantren Islam Assalam adalah salah satu pondok pesantren yang tidak hanya mempelajari tentang pendidikan agama Islam saja namun juga untuk pendidikan formal ada di Pondok Pesantren Islam Assalam ini.

Pondok Pesantren Islam Assalam ini masih menggunakan sistem atau model pembelajarannya adalah Salafiah.

Pondok Pesantren Askhabul Kahfi

Pondok Pesantren Askhabul Kahfi adalah salah satu pondok pesantrem yang terletak di kecamatan Mijen Kota Solo, Jawa Tengah. Pondok Pesantren Askhabul Kahfi ini adalah salah satu pondok salafiyah yang ada di Solo.

Pondok pesantren ini adalah salah satu pondok yang dapat dibilang sebagai salah satu pondok termuda yang ada di Solo. Karena Pondok Pesantren Askhabul Kahfi ini berdiri pada tahun 2008. Namun perkembangan yang ada di Pondok Pesantren Askhabul Kahfi ini sangat lah pesat, karena Pondok Pesantren Askhabul Kahfi ini telah memiliki kurang lebih sekitar 900 santri sampai saat ini.

Pondok Pesantren Askhabul Kahfi ini juga telah memiliki jenjang pendidikan formal maupun non formal sehingga dalam hal ini sudah tidak perlu diragukan lagi perkembangan yang ada di Pondok Pesantren Askhabul Kahfi ini memang sangatlah pesat.

Pondok Pesantren Al Muayyad Kudus

Pondok Pesantren Al Muayyad Kudus adalah salah satu pondok pesantren yang terletak di jalan Tanggulangin, Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah. Pondok Pesantren Al Muayyad Kudus adalah salah satu pondok yang masih menggunakan sistem model pembelajaran Salafiah.

Namun disamping itu Pondok Pesantren Al Muayyad Kudus ini tidak hanya mempelajari tentang pendidikan agama islam saja, Namun juga ada untuk pendidikan formalmya. Didalam pondok pesantren ini saja terdapat jenjang pendidikan mulai dari pendidikan SD, SMP, SMA, sampai dengan perguruan tinggi ada di Pondok pesantren ini.

Pondok Pesantren Al Muayyad Kudus ini adalah salah satu pondok dengan santri yang cukup banyak. Didalam pondok pesantren ini juga tidak pernah kekurangan pengurus. Pondok Pesantren Al Muayyad Kudus telah berhasil meluluskan santri yang berkualitas dan ahli dibidangnya masing- masing.

Pondok Pesantren Modern Islam Assalam

Pondok Pesantren Modern Islam Assalam adalah salah satu pondok pesantren terbaik yang ada di Solo. Pondok Pesantren Modern Islam Assalm ini didirikan oleh Yayasan Majlis pengajian islam yang ada di Solo yang telah berdiri sejak tanggal 7 Agustus 1982.

Dalam Pondok Pesantren Modern Islam Assalm ini memiliki beberapa jenis atau tingkat pendidikan formal diantaranya adalah mulai dari SMP sampai dengan pendidikan SMA.

Pondok Pesantren Islam Al- Irsyad

Pondok Pesantren Islam Al- Irsyad adalah salah satu pondok yang terletak di Jalan raya Solo Semarang Desa Butuh Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Didalam Pondok Pesantren Islam Al- Irsyad ini juga tidak hanya mempelajari tentang pendidikan agama saja namun juga ada pendidikan formalnya.

Bukan hanya itu saja ternyata di dalam Pondok Pesantren Islam Al- Irsyad ini juga terdapat ekstrakulikuler yang tujuannya adlah untuk mengembangkan skill atau kemampuan yang telah dimiliki oleh santri.

Sehingga Setelah lulus dari Pondok Pesantren Islam Al- Irsyad ini para santri telah memperoleh bekal untuk masa tuanya yaitu selain bekal tentang agama islam juga bekal secara umumnya.

Pondok Pesantren Al-Muayyad

Pondok Pesantren Al-Muayyad adalah salah satu pondok yang telah berdiri pada tahun 193. dan telah didirikan oleh K.H Abdul Manan yang telah dirintis bersma dengan K h Abdul Shofawi dan juga para ulama yang lainnya. Uuntuk tingkat pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Al – Muayyad sama dengan pesantren yang lain yaitu ada jenjang pendidikan formalnya mulai dari SD sampai dengan SMA.

Pondok Pesantren Ta’mirul Islam

Pondok Pesantren Ta’mirul Islam adalah salah satu pondok yang telah berdiri pada tahun 1928. Namun baru mulai erkembang setelah tahun 1968 hal ini dapat terjadi karena pada saat itu masih dalam penjajahan belanda hingga sangat sulit jika mengembangkan pondok pesantren di daerah Solo tersebut.

Nah, itulah tadi informasi yang dapat kami berikan tentang nama-nama pondok pesantren di Solo dan Sekitarnya. Semoga tulisan ini memberikan wawasan serta menambah referensi bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "15+ Pondok Pesantren di Solo (Jawa Tengah) Modern/Salafiah dan Sekitarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel