10 Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Kampar

 

Pesantren di Kabupaten Kampar

Kabupaten Kampar merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Riau. Kabupaten Kampar ini juga dikenal dengan sebutan Serambi Mekkah dan mempunyai jumlah penduduk cukup banyak yaitu mencapai 790.313 jiwa. 

Selain itu kabupaten Kampar ini juga terdiri dari 21 kecamatan yang beberapa diantaranya terdapat pondok pesantren yang sudah berdiri dari belasan tahun yang lalu. Berikut dibawah ini penjelasan lebih lengkap mengenai ponpes di kabupaten Kampar. 

Pesantren di Kabupaten Kampar

Pesantren di kabupaten Kampar mempunyai visi dan misi yang sudah di pikirkan secara matang-matang oleh setiap pendiri ponpes. Dimana tujuan secara umumnya ialah untuk membantu mencipatakan generasi muda agar berakhlak mulia, beragama, dan cerdas dalam menghadapi segala kehidupan di bumi ini. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Kampar

Daftar pesantren di Sumatra, khususnya Kabupaten Kampar diuraikan secara lebih lengkap sebagai berikut ini;

1. Pondok Pesantren At Taufiq

Pondok Pesantren At Taufiq berdiri pada tahun 1990. Pondok Pesantren At Taufiq beralamat di Jalan Raya Petapahan-Bangkinang. Jumlah santri yang ada di ponpes ini yaitu ada sekitar 15 santri dengan 6 ustadz yang mengajar.

Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di pondok pesantren At-Taufiq yaitu meliputi pramuka, PMR, pakibra, pecinta alam, memanah dan lain-lain. Sedangkan visi pesantren ini ialah untuk mencetak calon ulama dan pemimpin bangsa yang berakhlak baik dan beragama.  

2. Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang

Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang berdiri pada tahun 1948. Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang beralamat di Jalan Letkol Syarifuddin Syarif Km 1. Pesantre ini memiliki santri yang jumlahnya yaitu sebanyak 2.077 santri.

Sedangkan jumlah pengajarnya ada sekitar 88 ustadz. Beberapa fasilitas yang ada di ponpes ini antara lain seperti masjid, arena bola basket, ruang laboratorium bahasa dan lain-lain. 

3. Darul Wasi`ah

Pondok Pesantren Darul Wasi`ah berdiri pada tahun 1992. Pondok Pesantren Darul Wasi`ah beralamat di Jln. Raya Taluk Kuantan Pekanbaru Km 40. Santri yang ada di ponpes Darul Wasi’ah yaitu ada sebanyak 90 santri dengan 8 orang pengajar. 

4. Darul Fatah

Pondok Pesantren Darul Fatah berdiri pada tahun 2006. Pondok Pesantren Darul Fatah beralamat di Dusun Teratak Padang Rt.002/Rw.001. sedangkan jumlah santri di ponpes ini yaitu ada sebanyak 120 santri dengan 9 ustadz yang membimbing. 

5. Darul Qur`an

Pondok Pesantren Darul Qur`an berdiri pada tahun 2004. Pondok Pesantren Darul Qur`an beralamat di Jl. Kubang Raya Km 25. Banyaknya santri di ponpes Darul Quran yaitu ada sekitar 273 orang. Sedangkan untuk jumlah ustadz yang mengajar ada 16 orang. 

6. Bahrul `Ulum Al-Islamy

Pondok Pesantren Bahrul `Ulum Al-Islamy berdiri pada tahun 1996. Pondok Pesantren Bahrul `Ulum Al-Islamy beralamat di Jl. Raya Pekanbaru Taluk Kuantan Km. 23 Pantai Raja. Santri yang ada di pesantren ini jumlahnya mencapai 441 santri dan untuk jumlah ustadz yang mengajar ada sekitar 24 orang. 

7. Ad Dar As Salafiyah Al Islamiyah

Pondok Pesantren Ad Dar As Salafiyah Al Islamiyah berdiri pada tahun 1995. Pondok Pesantren Ad Dar As Salafiyah Al Islamiyah beralamat di Jalan Bangkinang-Petapahan Km. 11 Bukit Sembilan Kampar - Riau - Indonesia. Pesantren ini mempunyai santri yang jumlahnya 122 santri. Sedangkan jumlah ustadz yang membimbing ada 9 orang. 

8. Bustanul Huda

Pondok Pesantren Bustanul Huda berdiri pada tahun 2002. Pondok Pesantren Bustanul Huda beralamat di Jl. Raya Simp. Gelombang-Petapahan Km.18. Santri yang ada di ponpes Bustanul Huda yaitu mencapai 144 orang dan jumlah ustadznya ada sebanyak 8 orang. 

9. Tahfizul Qur`an

Pondok Pesantren Tahfizul Qur`an berdiri pada tahun 1996. Pondok Pesantren Tahfizul Qur`an beralamat di Jl. Negara Pekanbaru - Bangkinang Km. 28 Sungaipinang. Sedangkan jumlah santrinya yaitu ada sekitar 142 santri dengan 11 ustadz yang mengajar. 

10. Miftahul Mu`Arrif

Pondok Pesantren Miftahul Mu`Arrif berdiri pada tahun 1996. Pondok Pesantren Miftahul Mu`Arrif beralamat di Jl. Raya Desa Bandur Picak. Santri di ponpes ini jumlahnya mencapai 110 santri dengan 8 ustadz atau pengajar.

Itulah tadi informasi yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Kampar. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Kampar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel