5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Cilacap yang Mantap

Pesantren di Cilacap

Kabupaten Cilacap memiliki luas wilayah sekitar 2.385 km2. Di bagian utara, wilayahnya berbatasan dengan daerah perbukitan. Demikian juga dengan wilayah timur dan barat. Hal ini berbanding terbalik dengan wilayah selatan yang merupakan dataran rendah dan berbatasan langsung dengan laut.

Tahun 2018 lalu, jumlah penduduk Kabupaten Cilacap hampir menyentuh angka 2 juta jiwa. Dengan mayoritas penduduk Muslim, tidak heran jika kemudian banyak bermunculan pondok pesantren di kabupaten ini.

Pesantren di Cilacap


Umumnya, masyarakat Cilacap menggunakan Bahasa Sunda sebagai bahasa keseharian. Itu sebabnya, pesantren-pesantren di wilayah Kabupaten Cilacap juga sering menggunakan Bahasa Sunda sebagai bahasa keseharian.

Adat istiadatnya pun banyak terpengaruh oleh adat istiadat Sunda. Apalagi, rata-rata santri yang belajar di pesantren tersebut juga didominasi oleh orang Sunda.

Daftar Pondok Pesantren di Cilacap


Apa saja daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Cilacap?. Berikut daftarnya

Pondok Pesantren Miftahul Huda

Pondok pesantren ini ada di Jalan Cendrawasih, Desa Bajing Kulon, Kecamatan Kroya. Pondok pesantren ini resmi berdiri sekitar tahun 1960 meski cikal bakalnya sudah mulai ada sejak Indonesia belum merdeka. Kyai H. Muhammad Minhajul Adzkiya yang mulanya merintis pesantren salaf tersebut, dibantu oleh temannya, Kyai H. Munawir al-Hafidz.

Santri di pesantren ini mengikuti pendidikan formal di yayasan pesantren sendiri. Sebab, pesantren tersebut telah memiliki unit pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK.

Namun begitu, ada juga santri yang mengikuti pendidikan formal di sekolah sekitar pondok. Lain itu, ada juga santri yang hanya mengikuti pendidikan madrasah diniyyah saja di pesantren tersebut.

Pondok Pesantren Al Fatah Maos

Pesantren ini beralamat di Jalan Dukun nomor 15, Dusun Lancar, Desa Maos Lor, Kecamatan Maos. Sebagai pesantren salaf, pesantren yang berdiri pada tahun 1978 ini tetap menjadikan kitab-kitab kuning sebagai kajian utama.

Meski demikian, modernisasi pesantren tetap dilakukan. Hal ini tampak dari munculnya unit pendidikan formal Taman Kanak-Kanak, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah. Praktis, modernisasi tersebut membuat jumlah santri yang belajar di pesantren tersebut mengalami peningkatan.

Pondok Pesantren Ihya Ulumaddin

Alamat pondok pesantren ini adalah Jalan Kolonel Sugiono nomor 28, Desa Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap. Pondok pesantren ini tergolong pondok pesantren tertua yang ada di Cilacap.

Anda bisa menemukan pendidikan formal mulai dari TK sampai tingkat perguruan tinggi di pesantren tersebut. Untuk tingkat SLTA unit pendidikannya adalah SMA, MA, juga SMK. Unit pendidikan tingkat perguruan tinggi adalah Institut Islam Al Ghazali.

Untuk pendidikan non formal di dalam pesantren, Pondok Pesantren Ihya’ Ulumaddin ini menyelenggarakan madrasah diniyyah serta majlis ta’lim. Dengan begitu, sosial yang baik antara pesantren dan masyarakat sekitar akan tetap terjaga.

Pondok Pesantren Al Hidayah Kroya

Lokasi pondok pesantren ini ada di Jalan Merak nomor 24, Desa Bajing Kulon, Kecamatan Kroya, Cilacap. Perintisnya bernama KH. Muhammad Minhajul Adzkiya. Pada awal berdirinya, santri di pesantren ini hanyalah santri putra.

Jumlahnya sekitar 200 santri. Tetapi, saat ini, Pesantren Al Hidayah menjadi pesantren yang khusus untuk santri putri saja.

Santri putri yang belajar di pesantren ini mengenyam pendidikan formal di sekolah negeri sekitar. Tetapi, kebanyakan memilih masuk pada pendidikan formal di Yayasan Pesantren Miftahul Huda. Pendiri Yayasan Miftahul Huda tersebut masih terhitung kerabat dari pengasuh Pondon Pesantren Putri Al Hidayah.

Kitab yang menjadi kajian utama di pesantren ini adalah kitab-kitab kuning salaf, khusus yang berhaluan ahlussunnah wal jamaah. Madzhabnya sendiri adalah Madzhab Syafi’i.

Pondok Pesantren Roudlotul Quran

Lokasi pondok pesantren ini ada di Jalan Dokter Rajiman nomor 99, Desa Gunungsimping, Kecamatan Cilacap Tengah. Pondok Pesantren Roudlotul Quran berada di tengah perumahan padat penduduk. Pendirinya adalah KH. Muhammad Lutfi Mujahidin. Pendidikan di pesantren ini lebih fokus pada menghafal Al-Qur’an.

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Cilacap ini belum bisa dikatakan final. Sebab, masih banyak pondok pesantren di wilayah Kabupaten Cilacap yang belum sempat diulas di sini. Semoga bermanfaat. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Cilacap yang Mantap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel