10+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Nganjuk yang Terbaik


Seiring dengan masuk dan berkembangnya agama Islam, pondok-pondok pesantren mulai didirikan di berbagai wilayah Indonesia salah satunya di Nganjuk. Oleh karena itulah berikut ini daftar nama pondok pesantren di Jawa Timur, khsusunya wilayah Kabupaten Nganjuk.

Pesantren di Nganjuk


Memiliki julukan Kota Angin, Kabupaten Nganjuk dulunya dikenal dengan nama Anjuk Ladang yang berarti tanah kemenangan. Kabupaten berpenduduk lebih dari sejuta jiwa ini sudah lama ada, bahkan sebelum Indonesia merdeka. Tepatnya diresmikan pada tahun 937.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Nganjuk


Jika Anda ingin menjadi santri salah satu pondok pesantren yang berada di Nganjuk, berikut daftarnya yang mungkin bermanfaat untuk Anda.

Pondok Pesantren Al-Fattah

Beralamat di Jalan KH. Wachid Hasyim No. 1, Pule Tanjunganom, Kauman, Nganjuk, Jawa Timur.
Pondok pesantren yang akrab dengan nama Pondok Al-Fattah Pule ini sekarang dipimpin oleh KH. Syamsudin Al-Aly.

Nama Pondok Pesantren Al-Fattah sudah terbilang besar dan terkenal di Nganjuk. Tidak heran ketika musim kampanye, pondok ini dikunjungi oleh mereka yang maju sebagai calon pemimpin.

Pondok Pesantren Hidayatut Tholibin

Pondok pesantren ini berlokasi di Sugihan, Kecamatan Sawahan, Kabupatn Nganjuk, Jawa Timur. Kurikulum pendidikannya memadukan kurikulum pendidikan pesantren dengan kurikulum nasional. Pondok semacam ini lazim disebut sebagai pondok modern.

Pendirinya bernama Kiai M. Bahri, dan sekarang dipimpin oleh Kiai M. Romli. Di sini terdapat 97 santri laki-laki, dan santri perempuan lebih banyak, yakni 117 santri.

Pondok Pesantren Al-Amin

Alamatnya berada di Manikan Padasmalang, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.
Pondok ini merupakan pondok modern, dengan tidak hanya memberikan pendidikan ala pesantren, melainkan juga terdapat sekolah umum.

Didirikan oleh Kiai Ashari A. Karim dan saat ini pimpinannya Drs. Yasin Amin. Terdapat 148 santri laki-laki dengan 152 santri perempuan.

Pondok Pesantren Jenderal Sudirman

Beralamat di Sumber, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.
Pondok ini hanya menyediakan kurikulum pendidikan ala pesantren, atau disebut pondok salafiyah. Tokoh pendirinya bernama KH. A. Munajad dan sampai saat ini kepemimpinan masih dipegang oleh beliau. Tidak terlalu banyak santri di pondok ini. Santri laki-laki berjumlah 39, sedangkan santri perempuan berjumlah 49.

Pondok Pesantren Darun Najah

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Nganjuk selanjutnya adalah Pondok Pesantren Darun Najah. Lokasinya berada di Kebonagung, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.
Kurikulum pendidikan di sini merupakan perpaduan dari kurikulum pesantren dengan kurikulum nasional.

Didirikan oleh Kiai M. Muhdin, dan saat ini kepemimpinan pondok dipegang oleh Kiai Abd. Muchith. Terdapat 110 santri laki-laki, dengan santri perempuan berjumlah 70 santri.

Pondok Pesantren Al-Arfiyah

Lokasinya berada di Mojoduwur, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.
Pondok pesantren ini merupakan pondok pesantren salafiyah, yang hanya fokus pada pengajaran ilmu agama. Pendirinya bernama Kiai A. Zaini, dan sekarang dipimpin oleh KH. Ibnu Su’ud Faishol. Santri laki-lakinya berjumlah 115, dengan jumlah santri perempuan lebih sedikit, yakni 50 santri.

Pondok Pesantren Al-Ikhlas

Beralamat di Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Memadukan kurikulum pesantren dengan nasional, sehingga bukan hanya ilmu agama yang diperoleh santri, melainkan juga ilmu umum. Pendiri pondok bernama KH. M. Ilyas Djauhari dan masih memimpin hingga sekarang. Jumlah santri laki-laki sebanyak 129 santri, dan santri perempuan sebanyak 105 santri.

Pondok Pesantren Darul Falah

Lokasi pondok pesantren ini berada di Jatirejo, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.
Termasuk pondok modern yang memadukan kurikulum pesantren dengan kurikulum nasional. Pendirinya adalah Kiai Imam Tauhid Muzani yang sampai saat ini masih memimpin pondok tersebut. Pondok ini memiliki santri laki-laki sebanyak 80 orang, dan santri perempuan sebanyak 65 orang.

Pondok Pesantren Miftahul Ulum

Alamat pondok ada di Desa Cerme, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.
Pondok pesantren hanya mengajarkan pendidikan keagamaan (pondok salafiyah). Didirikan oleh KH. Ahmad Mundzir dan masih dipimpin oleh orang yang sama. Ada cukup banyak santri laki-laki maupun perempuannya. Santri laki-laki sebanyak 176 orang dan santri perempuan sebanyak 89 orang.

Pondok Pesantren Mambaul Ulum

Alamatnya berada di Desa Kebon Agung, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.
Termasuk pondok modern yang juga menyediakan sekolah umum, selain pendidikan pesantren. Didirikan oleh KH. Mahbubillah dan sekarang dipimpin oleh KH. Kamuni. Santri laki-lak berjumlah 32 orang, dan santri perempuan 27 orang.

Itulah daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Nganjuk. Apakah Anda tertarik menjadi santri di salah satu yang telah disebutkan diatas. Semoga saja ya, sebab menuntut Ilmu Agama bagi masyarakat Muslim hukumnya fardu a'in. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "10+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Nganjuk yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel