4+ Pondok Pesantren di Kabupaten Cianjur yang Terbaik

Pesantren di Cianjur

Pendidikan pesantren memiliki kontribusi besar dalam menghasilkan generasi penerus bangsa yang tidak hanya cakap dalam ilmu agama melainkan juga ilmu pengetahuan umum. Oleh karena itu, banyak orang tua yang memercayakan pendidikan pesantren kepada putra atau putrinya.

Membicarakan keberadaan pesantren di Kabupaten Cianjur terbilang sangat banyak jumlahnya. Untuk lebih jelasnya, berikut informasi selengkapnya sejumlah daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Cianjur.

Pesantren di Cianjur


Ada 32 kecamatan di Kabupaten Cianjur yang terdiri dari 6 kelurahan serta 354 desa. Pesantren di Kabupaten Cianjur tersebar luas di sejumlah kecamatan. Jika dilihat dari data situs pesantren Provinsi Jawa Barat, terdapat sekitar 117 pesantren di Kabupaten Cianjur.

Semua pesantren tersebut memiliki metode dan fasilitas yang berbeda-beda. Sesuaikan saja kebutuhan dan keinginan Anda untuk mendaftarkan pesantren di Cianjur yang seperti apa.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Cianjur


Anda bisa lihat profil lengkap 4 pesantren di Kabupaten Cianjur berikut ini supaya bisa menentukan pesantren mana yang tepat untuk putra atau putrinya.

Pondok Pesantren Al Musri

Pertama, ada Pondok Pesantren Al Musri yang didirikan pada tahun 1947 oleh KH. Ahmad Faqih dengan nama PP Miftahul Huda. Namun, pada tahun 1947 namanya berganti menjadi seperti yang dikenal saat ini.

Pesantren yang awalnya hanya berdiri satu bangunan ini semakin lama semakin besar dan berkembang menjadi 10 ribu meter luas lahannya. Saat ini, terdapat ribuan santri yang belajar di Pesantren Al Musri Cianjur yang diasuh oleh KH. Saeful Uyun.

Selain lembaga non formal pesantren dan Madin, Al Musri juga mendirikan lembaga pendidikan formal Madrasah Tsanawiyah serta Madrasah Aliyah.

Pondok Pesantren Al Musri terletak di Kp Ciendog, RT 03/ 07, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, nomor telepon (0263) 322904.

Pondok Pesantren Al-Muslimun

Daftar pesantren yang kedua bernama Pondok Pesantren Al Muslimun yang didirikan pada tahun 1991 oleh H. Muhammad Ali dibantu dengan istri beserta menantu beliau.

Pesantren salafiyah ini berada di bawah naungan Yayasan Ponpes Al-Muslimun dan memiliki ratusan santri yang berasal dari berbagai daerah. Selain pesantren salaf, majelis ta’lim, dan tahfidzul qur’an, Yayasan Ponpes Al-Muslimun juga menyelenggarakan pendidikan fomal seperti SMA Plus Pondok Pesantren, SMP Plus, SD Islam Tahfidz, dan lainnya.

Letak Pondok Pesantren Al-Muslimun berada di Kampung Sukamaju 06/05, Desa Hegarmanah Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur, nomor telepon 08170239159/ 081220536000.

Pondok Pesantren Al Ittihad

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Cianjur ketiga adalah Pondok Pesantren Al Ittihad. Berdirinya pesantren ini diprakarsai oleh pengusaha dari Jakarta, H. Ecep Badruddin, BA. Beliau telah sukses mengelola yayasan yang memiliki berbagai lembaga pendidikan.

Karena memiliki lahan luas di Kabupaten Cianjur, inisiatif untuk membangun pesantren pun muncul setelah dipertimbangkannya dengan baik. Salah satu menantu beliau, yaitu K.H Kamali Abdul Ghani merupakan lulusan pesantren dan siap menerima amanah untuk mengelola pesantren tersebut yang diresmi digunakan pada tahun 1997.

Lembaga formal yang diselenggarakan Al Ittihad adalah SMP Plus Al-Ittihad, SMA Plus Al-Ittihad, dan SMK Terpadu Al-Ittihad, sedangkan lembaga informal meliputi Madrasah Diniyah, Tahassus Pendalaman Kitab Kuning, dan Rumah Tahfidzil Qur'an.

Alamat Pondok Pesantren Al Ittihad berada di Jalan Raya Bandung KM 3, Desa Bojong, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur 43281, nomor telepon (0263) 280051.

Pondok Pesantren Al Istiqlal Al Islamy

Daftar pesantren yang keempat adalah PP Al Istiqlal Al Islamy yang telah ada sejak tahun 1958. Pesantren ini dipimpin oleh KH. Jalaluddin Mahally yang akrab dipanggil dengan ‘Mama’. Sebutan tersebut adalah ciri khas untuk memanggil Kiai sepuh di wilayah Jawa Barat.

Pesantren salafiyah ini masih teguh menerapkan kurikulum pesantren tradisional yang kini sudah jarang ada. Banyak bantuan yang ditawarkan kepada beliau untuk mengubah sistem pendidikan Pesantren Al Istiqlal, namun ditolaknya.

Meskipun tidak mendapat bantuan dari pemerintah, pesantren yang terletak di Cicantu Girang, Kecamatan Sukaluyu, Cianjur ini tetap berkembang dan menambah berbagai macam fasilitas bagi para santri.

Selain itu, para santri juga tidak dipungut biaya pembangunan atau pendidikan hanya biaya untuk makan sendiri dan penggunaan listrik.

Setelah melihat profil keempat daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Cianjur tersebut, apakah sudah ada yang menarik minat Anda?

Belum ada Komentar untuk " 4+ Pondok Pesantren di Kabupaten Cianjur yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel