5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Demak yang Terbaik

Pesantren di Demak

Demak adalah kota di Jawa Tengah yang identik dengan islam. Bahkan nama kotanya diambil dari bahasa Arab “Dhima” yang berarti rawa. Karena dulunya Demak memang tanah bekas rawa. Di Demak perkembangan lembaga keislaman sangat pesat dan sebagian bisa dilihat di daftar nama pondok pesantren di kabupaten Demak.

Pesantren di Demak


Pondok pesantren di kota Demak sebagian besar bersistem salaf. Maksudnya pendidikan yang diusung terbatas pada pendidikan keagamaan saja seperti kitab kuning, syarah sejarah islam dan selainnya.

Namun semakin kekinian pondok pesantren di Demak mulai mengadopsi pendidikan kolaborasi antara model salaf dan modern. Maka dari itu, mulai bermunculan ponpes yang juga mengajarkan komputer dan bahasa Inggris.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Demak


Pondok pesantren di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Demak adalah solusi untuk meningkatkan gairah keislaman masyarakat. Bahkan dari ponpes inilah kader-kader nahdiyin yang handal mulai bermunculan.

Dari mereka itulah diharapkan lahir ulama yang akan menjadikan kabupaten Demak tetap sebagai wilayah yang kental semangat keislamannya. Ini dia daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Demak dengan visi tersebut.

Pesantren Al Hadi Demak

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Demak yang pertama adalah pesantren Al Hadi. Ponpes ini berdiri pada tahun 1928 dan sampai saat ini sudah memiliki lembaga pendidikan RA sampai Aliyah.

Selain itu pondok yang juga menyediakan koperasi santri ini memiliki beberapa program ekstra kurikuler seperti jurnalistik, bela diri dan wira usaha. Di sini juga disediakan ruang khusus untuk diskusi ilmiah para santri.

Pondok pesantren berada di wilayah Girikusuma Desa Banyumeneng Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak.

Pesantren Al Falah

Pesantren Al Falah adalah pondok yang mengelaborasikan antara pendidikan keislaman dan umum. Bahkan di sini sudah disediakan laboratorium bahasa Inggris dan Komputer.

Bagi santri yang ingin meningkatkan bakat minatnya bisa mengikuti program muhadlarah atau latihan berpidato dan kesenian hadrah. Tak hanya itu eskul wira usaha juga disediakan untuk mencetak para santri menjadi calon pengusaha unggul.

Pondok pesantren yang juga mengajarkan diklat jurnalistik ini berada di Jragung Krajan Rt. 03/07 Karangawen Demak, Karangawen, Kabupaten Demak, Propinsi Jawa Tengah.

Ponpes Bustanu Usysyaqil Qur'an

Ponpes Bustanu Usysyaqil Qur'an merupakan pondok yang sudah lama berdiri di Kabupaten Demak tepatnya pada tahun 1936. Pondok ini masih tergolong salaf dengan menjadikan Ulumul Quran sebagai basis pembelajaran.

Program unggulan di Ponpes Bustanu Usysyaqil Qur'an adalah tahfidz Al Quran. Hal ini sejalan dengan visi pondok yaitu mencetak generasi muda Demak penghafal Al Quran yang berahlakul karimah.

Alamat pondok sendiri ada di Jl. Sunan Kalijaga No.35, Tanubayan, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Al Ishlah Demak

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Demak yang ke lima adalah Al Ishlah Demak. Ini merupakan ponpes yang cukup maju bahkan sudah memiliki rusunawa untuk santri mukim.
Di sini para santri tidak hanya diajarkan pelajaran seputar keagamaan saja.

Tetapi mereka juga dibekali dengan pengetahuan tentang pengembangan diri. Bahkan pihak pengasuh beberapa kali mengadakan workshop kewirausahaan dan pers.

Pondok ini dibangun dengan cukup megah di Jl. Ky Turmudzi No.10, Bogorame, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Ponpes Miftahul Ulum Demak

Jika ingin nyantri di pondok dengan program pembelajaran lengkap maka ponpes Miftahul Ulum Demak adalah solusinya. Karena di sini disediakan berbagai aktifitas rutin yang bagus seperti ziarah makam, manaqibiyah, latihan kewartawanan dan selainnya.

Di sini juga dilatih silat Pagar Nusa yang bisa dijadikan sarana untuk meningkatkan kebugaran dan penjagaan diri.

Kegiatan-kegiatan ini bisa menjadi pengisi waktu luang pasca mengikuti kegiatan keagamaan seperti kajian kitab kuning, Syarah Riyadus Sholihin dan selainnya. Pondok pesantren Miftahul Ulum berada di kawasan Diponegoro No. 17 Jogoloyo Demak.

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Demak yang sudah dijelaskan di atas adalah penyebab wilayah ini masih kental dengan kegiatan-kegiatan islam. Bahkan dari sinilah muncul ulama-ulama karismatik yang selalu menjaga umat tetap memegang teguh iman dan agama.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Demak yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel