5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Garut yang Terbaik

Pesantren di Garut

Pondok Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan paling tua di Indonesia yang masih dipakai hingga saat ini. Lembaga pendidikan pesantren di Kabupaten Garut mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Ada banyak sekali pesantren yang didirikan di kabupaten ini dengan sistem dan ciri khas yang berbeda antara pesantren satu dan lainnya. Namun, dari seluruh daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Garut yang akan diulas secara mendalam hanya beberapa pesantren saja.

Pesantren di Garut


Kabupaten Garut adalah salah satu nama kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang ibukotanya berada di Tarogong Kidul. Menurut data yang berhasil dihimpun dari situs departemen agama Kabupaten Garut, jumlah pondok pesantren di kabupaten ini pada tahun 2018 sebanyak 1010.

Kabupaten Garut memiliki 42 kecamatan, yang terdiri dari 21 kelurahan dan 424 desa. Semua pesantren tersebut tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Garut.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Garut


Dari seribuan pesantren hanya 5 profil pesantren di Kabupaten Garut yang akan diulas secara lengkap di bawah ini, meliputi:

Pondok Pesantren Darussalam

Pondok pesantren ini termasuk lembaga netral yang tidak berafiliasi pada suatu organisasi atau partai politik apaun. Pondok Pesantren Darussalam mengelola beberapa lembaga formal juga seperti TMI Darussalam, Darul Aitam, SDIT Darul Muqoddas, MDT Al-Wadul Muqoddas, PAUD Darussalam Garut, dan RA/TPA Darussalam.

Demi kelancaran lembaga pendidikan ini, diresmikanlah Badan Wakaf Pondok Pesantren Darussalam pada tahun 2009 oleh pengasuh PP Gontor Jawa Timur, KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA.

Pondok pesantren ini terletak di Jalan Bandung – Tasikmalaya KM 60, Sindangsari, Kersamanah, Kecamatan Kersamanah, Kabupaten Garut, 44185 Provinsi Jawa Barat.

Pondok Pesantren Al-Musaddadiyah

Kedua ada Pondok Pesantren Al-Musaddadiyah yang terletak di Jalan Mayor Syamsu, Jayawaras, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, 44151 Provinsi Jawa Barat.

Pesantren ini berada di bawah naungan Yayasan Al-Musaddadiyah Garut yang kini dipimpin oleh Prof. Dr. Hj. Ummu Salamah dan didirikan oleh KH. Anwar Musaddad pada tahun 1990. Beliau telah wafat, kini gayung kepemimpinan pesantren dilanjutkan oleh putra dan putri beliau.

Sistem pembelajaran yang digunakan oleh Pondok Pesantren Al-Musaddadiyah Garut adalah sistem klasikal yang disesuaikan dengan jenjang sekolah.

Sedangkan metode pembelajaran menggunakan metode bandongan (qiraatul kutub), diskusi, dan sorogan. Yayasan Al-Musaddadiyah juga memiliki beberapa pendidikan formal seperti PAUD/RA, SMP, Madrasah Tsanawiyah, MA, SMA, SMK, STT, serta STAI.

Pondok Pesantren Qurrota A'yun

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Garut berikutnya adalah Pondok Pesantren Qurrota A’yun yang pendiriannya di motori oleh KH Atep Moh Wahid Kosim. Selain itu, pendiriannya juga diprakarsai oleh sejumlah tokoh seperti ulama dan beberapa guru.

Pesantren ini berdiri pada tahun 2002 berada di bawah YPM Bani Adam. Lembaga pendidikan formal yang diselenggarakan oleh Pesantren Qurrota A’yun meliputi STIT Qurrota A’yun, SMK Qurrota A’yun, Madrasah Ibtidaiyah Qurrota A’yun, dan RA Qurrota A’yun.

Pondok Pesantren Qurrota A’yun beralamat di Jalan Raya Samarang No 114, Desa Sirnasari, Kecamatan Samarang-Garut, nomor telepon (0262) 342408.

Pondok Pesantren Al-Jauhari

Pesantren selanjutnya di Kabupaten Garut adalah Pondok Pesantren Al-Jauhari yang didirikan oleh KH. Jujun Junaedi. Beliau merupakan salah satu ulama ternama di Garut. Pesantren ini merupakan pesantren salafiyah yang fokus mengkaji kitab kuning atau kitab klasik.

Akan tetapi, para santri juga disediakan berbagai macam fasilitas pendukung untuk olahraga, musik, dan banyak lainnya. Pondok Pesantren Al-Jauhari beralamat di Sangojar, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Garut, nomor telepon 0818-0225-4972.

Pondok Pesantren Al - Hikmatul Mubarokah

Daftar pesantren di Garut yang akan diulas terakhir adalah Pondok Pesantren Al-Hikmatul Mubarokah. Pesantren ini didirikan oleh Mama ajengan Udin pada tahun 1993. Niat membangun pesantren berasal dari beliau, keluarga serta masyarakat setempat.

Selain pesantren, PP Al – Hikmatul Mubarokah juga menyelenggarakan pendidikan formal, yaitu TK dan SMP Al-wustho. Pesantren ini beralamat di Jalan Jenderal Ahmad Yani Timur No 504, Sucikaler, Kecamatan Karangpawitan, Garut.

Tertarik mendaftar di salah satu dari 5 daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Garut tersebut?. Semoga saja ya, trimakasih.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Garut yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel