5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Indramayu yang Bagus

Pesantren di Indramayu

Kabupaten Indramayu adalah kabupaten Jawa Barat yang salah satu wilayah perbatasannya berhadapan dengan laut Jawa. Lembaga pendidikan islam di sini tidak kalah dengan Bandung dan Cirebon. Bahkan kualitas pondok yang ada dalam daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Indramayu telah melahirkan ribuan santri bermutu.

Pesantren di Kabupaten Indramayu


Pondok pesantren Indramayu berkembang pesat. Bahkan sistem ajar yang diampu modern tanpa meninggalkan pola pendidikan tradisional. Maka dari itu, kemampuan santri bervariasi tidak hanya keagamaan saja.

Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Indramayu


Sebagian besar pembangunan pondok pesantren di wilayah asri. Sehingga para santri bisa belajar dengan nyaman. Hal ini diperkuat dengan fasilitas pondok yang lengkap. Ini dia pondok pesantren bermutu di Indramayu:

Pesantren Darul Ma’arif

Pesantren Darul Ma’arif adalah pondok yang memiliki lembaga pendidikan lengkap. Selain dibangun TK hingga Aliyah, di sini juga dikelola pendidikan kejuruan SMK. Pola ajar yang diusung pondok bersistem modern dipadukan dengan sistem tradisional. Konsep salaf dan khalaf inilah yang membuat para santri bisa belajar berbagai ilmu pengetahuan.

Asrama untuk santri mukim dilengkapi fasilitas modern. Diantaranya AC serta layanan catering dan laundry. Dengan layanan semacam ini santri bisa fokus belajar dan berkarya. Pondok yang menyediakan perpustakaan digital lengkap dengan hotspot ini berada di Jalan Kaplongan Kec. Karangampel Indramayu.

Pesantren Cadang Pinggan Indramayu

Pondok pesantren Cadang Pinggan Indramayu berdiri tahun 1995. Masih baru tetapi perkembangan lembaga sangat pesat.

Program prioritas pondok adalah mendidik santri berbudaya malu dan adab. Dua tradisi islam yang harus dijaga dan dipraktekkan dalam kehidupan. Pendidikan mental ini didukung pelatihan bakat serta keterampilan.

Lembaga pendidikan formal pondok di antaranya MTS dan MA. Sedangkan SMK lembaga yang baru berdiri.

Di sinilah para santri belajar sekaligus berkarya. Pondok pesantren yang memiliki laboratorium ber-AC dan wifi corner ini berada di By Pass Cadangpinggan Gedangan Kec. Sukagumiwang Kab. Indramayu.

Pondok Mambaul Hasanah

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Indramayu yang ke tiga adalah pondok Mambaul Hasanah. Ini merupakan lembaga pendidikan islam berafiliasi ke Nahdotul Ulama (NU).

Kurikulum ajar di pondok menganut dua basis yaitu IMTAQ dan IPTEK yang diharapkan mampu melahirkan generasi nahdiyin beriman dan berilmu. Maka dari itu, lembaga bersistem ajar ini layak dipilih jika ingin memondokkan putra putri Anda.

Lembaga pendidikan yang dikelola masih dua yaitu MTS dan SMK. Sedangkan kelas non formal ada satu yaitu kepesantrenan. Sekalipun begitu fasilitasnya tidak kalah dengan lembaga yang mengampu pendidikan berjumlah banyak.

Pondok yang membangun kopotren dan klinik ini beralamat di Druntenkulon Kec. Gabuswetan Kab.Indramayu.

Pesantren Hidayatutthollibin

Pesantren Hidayatutthollibin dibilang ponpes besar Indramayu. Bahkan penambahan lembaga pendidikan terus dilakukan. Kabarnya beberapa tahun ke depan akan dibangun perguruan tinggi Islam.

Sampai saat ini lembaga yang dikelola lengkap dari tingkat dasar hingga atas kecuali fakultas islam. Sedangkan yang non formal masih Madrasah Diniyah.

Untuk fasilitas juga memadai. Selain ada laboratorium bahasa dan komputer, koperasi santri juga tersedia. Dengan fasilitas semacam ini tentu kemampuan dan bakat santri akan terasah. Pondok pesantren yang merutinkan sholat dhuha berjamaah dan bela diri ini berada di Desa Karanganyar Pasekan Indramayu.

Ponpes Darun Nahwi

Pondok pesantren bisa dibilang klasik karena berdiri tahun 1977.  Sekalipun begitu, lembaga pendidikan yang dikelola lengkap. Selain itu juga ada kajian rutin dengan masyarakat setempat setiap ba’da sholat subuh.

Pondok yang dilengkapi pendidikan berbasis seni seperti hadrah dan Qasidah ini berada di Desa Singajaya Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu. Jadi silakan masukkan putra-putri Anda ke lembaga ini.

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Indramayu bisa dijadikan solusi mencegah umat dari aliran sesat yang tidak sesuai Al Quran dan Hadis. Apalagi di sana santri juga dilatih berwirausaha dan mandiri.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Indramayu yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel