5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Klaten yang Terkenal

Pesantren di Klaten

Klaten terkenal akan situs warisan budayanya berupa candi. Di Kabupaten Klaten terdapat 5 candi yang sangat terkenal, yaitu Candi Prambanan, Candi Plaosan, Candi Sewu, Candi Bubrah, dan Candi Merak.

Meskipun ada banyak candi yang identik dengan agama Hindu atau Budha, di kabupaten Klaten juga terdapat banyak pondok pesantren. Apa saja daftar nama pondok pesantren di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Klaten, yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Pesantren di Klaten


Secara topografi, letak Kabupaten Klaten berada di antara gunung Merapi serta pegunungan Seribu yang terdiri dari 26 kecamatan.

Pesantren di Klaten sendiri ada sangat banyak jumlahnya baik pesantren salafiyah, modern, atau kombinasi antara salafiyah dan modern. Persebaran pondok pesantren cukup merata di berbagai kecamatan di kabupaten ini.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Klaten


Untuk lebih jelasnya, simak informasi lengkap tentang profil dan alamat beberapa pondok pesantren di Kabupaten Klaten berikut ini.

Pondok Pesantren Al Muttaqien Pancasila Sakti

Pesantren yang pertama ini terkenal dengan sebutan ponpes Alpansa yang merupakan singkatan dari Al Muttaqien Pancasila Sakti. Melihat nama pesantren ini saja sudah cukup unik dimana bukan berasal dari Bahasa arab yang umum dipakai sebagai nama sebuah pesantren.

Tidak hanya namanya saja, ternyata pendiri dari pesantren ini yaitu Mbah Liem memang sangat keras dalam menanamkan semangat cinta NKRI kepada seluruh santri dan jama’ahnya.

Pada tahun 1980-an, sebuah ideologi Islam transnasional tiba-tiba muncul di Indonesia yang mempersoalkan relevansi dari dasar negara Pancasila. Mbah Liem menjadi tokoh yang membela ideologi negara Pancasila melalui Pesantren Alpansa yang didirikannya.

Sejak tahun 1998, Pesantren yang beralamat di Jl. Sumberejo Raya, Dusun 2, Kecamatan Karanganom ini sering mengadakan pertemuan dengan sejumlah tokoh lintas agama. Pesantren ini terletak di Jl. Sumberejo Raya, Dusun 2, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten 57475. Pondok Pesantren Al Muttaqien Pancasila Sakti juga memiliki lembaga pendidikan formal.

Pondok Pesantren Kyai Ageng Selo

Pondok Pesantren Kyai Ageng Selo adalah daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Klaten selanjutnya yang akan diulas. Pesantren ini didirikan tahun 1998 dan diasuh oleh K R. Ida Royani, K. Ahmad Badri, dan KH. Zumroddin.

Pondok Pesantren Salaf Kyai Ageng Selo tidak hanya membekali para santri dengan ilmu agama melainkan juga berbagai keterampilan seperti seperti pertanian, perbengkelan dan menjahit.

Selain itu, pesantren ini juga menjalin kerja sama dengan berbagai instansi seperti dengan Puslitbang Kemenag RI dalam pendampingan ekonomi Pesantren untuk kewirausahaan dalam penggemukan sapi.

Pondok Pesantren Al-Manshur Putri

Pondok Pesantren Al-Manshur Putri berdiri sejak tahun 1926 yang sebelumnya bernama Pondok Pesantren Popongan dan diganti menjadi nama yang sekarang pada tahun 1980. Penggantian nama dilakukan untuk mengenang pendiri dari pesantren, yaitu Mbah Manshur.

Pesantren yang berada di Dukuh Popongan Tegalgondo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten ini memiliki lembaga pendidikan formal dan non formal. Terdapat Madrasah Tsanawiyah Al Manshur, Madrasah Alyah Al Manshur, TK/RA Al Manshur, dan Madrasah Diniyah.

Pondok Pesantren Darul Muhibbin

Selanjutnya ada Pondok Pesantren Darul Muhibbin yang didirikan oleh KH. Drs. Muhammad Zahid. Pondok pesantren salafiyah ini kini diasuh oleh Kyai Drs. Ahmad Dimyati. Pondok Pesantren Darul Muhibbin memiliki santri putra dan juga santri putri dari dalam maupun luar Klaten.

Lokasi pesantren Darul Muhibbin terletak di Slegrengan Wetan, Kalitengah, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, nomor telepon 02723100803.

Pondok Pesantren Darul Qur'an

Kelima ada ponpes Darul Qur'an yang beralamat di Sanggrahan, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, nomor telepon 085229175345. Pesantren ini memiliki ribuan santri baik santri putra maupun santri putri yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Pondok Pesantren Darul Qur'an didirikan oleh Al Maghfirullah KH. Masyhudi HM dan kini diasuh oleh KH. Muhammad Suntaji, Sag. Pesantren ini menggunakan kurikulum kombinasi yang menggabungkan antara kurikulum pesantren salafiyah dan modern.

Para calon santri yang ingin mendaftarkan diri di salah satu daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Klaten tersebut dapat menghubungi nomor telepon atau datang lansung ke lokasi.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Klaten yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel