5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Pemalang yang Terkenal


Kabupaten Pemalang adalah satu wilayah Jawa Tengah yang di jaman dulu masuk kawasan kerajaan Mataram. Di kabupaten ini perkembangan islam sangat pesat. Bahkan hingga saat ini ponpes yang termasuk dalam daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Pemalang masih eksis.

Pesantren di Pemalang


Pondok pesantren di Pemalang tidak hanya mengusung pendidikan salafiyah saja. Tetapi juga khalafiyah yang bermakna pondok pesantren modern. Maka dari itu, wajar jika alumninya tidak hanya agamis tetapi berwawasan keilmuan dan teknologi.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Pemalang


Semua pondok di Pemalang memiliki visi mencerdaskan santri dan santriwati dalam hal keagamaan. Maka dari itu, materi agama yang diusung lengkap dari Ulumul Quran sampai Tarikh atau sejarah nabi. Berikut ini list daftar nama ponpes di Pemalang dengan mata pelajaran terlengkap:

Pesantren Al Hikmah

Pesantren Al Hikmah disebut tertua di Kabupaten Pemalang. Karena pondok dibangun oleh Kh Abdul Basyir tahun 1950. Di saat itu, lembaga pondok hanya satu yaitu Madrasah Diniyah khusus anak-anak Pemalang.

Kini sudah ada 4 lembaga yang dikelola yaitu TK, SD, SMP dan SMK. Semuanya bernama Al Hikmah. Pendidikan informal juga ada  yaitu Tahfidz, Ta’lim, Mujahadah dan pesantren.
Pondok ini luas bahkan musholla-nya ada dua belum laboratorium dan asrama. Untuk mendapatkan informasi terkait pesantren silakan datangi dukuh Bengkeng desa Mereng Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang.

Ponpes Bahrul Ulum

Pondok pesantren Bahrul Ulum dibilang pesantren baru karena peletakan batu pertamanya tahun 1992. Hingga saat ini pondok sudah berkembang pesat. Bahkan berhasil meluluskan ratusan santri dan santriwati.

Hal ini disebabkan tenaga pengajarnya yang berkualitas. Bahkan ada alumni langsung dari Ponpes Lirboyo Kediri. keberhasilan juga dipengaruhi fasilitas lengkap. Tidak hanya perpustakaan dan ruang komputer, lapangan dan klinik kesehatan juga tersedia.

Untuk program ekstra kurikuler ada latihan qiroah dan cara cepat membaca kitab kuning. Masih ditambah bela diri dan pelatihan jurnalistik yang bisa dijadikan aktualisasi diri para santri. Untuk mondok di Bahrul Ulum silakan datangi Jalan Dieng 30 Mulyoharjo, Kec. Pemalang Pemalang.

Pondok Pesantren Nurul Athfal

Pondok Pesantren Nurul Athfal diawali pengajian antar masyarakat. Karena peminatnya banyak maka ditingkatkan ke dalam bentuk yayasan pendidikan. Santri di pondok ini sangat banyak. Setiap tahun ajaran baru jumlahnya terus meningkat. Maka dari itu, dibangun gedung baru demi mengakomodir semua santri.

Di pondok ini santri diajari manajemen keorganisasian. Mereka didaftarkan menjadi IPNU dan IPPNU selain organisasi intra sekolah seperti OSIS dan ISNA yang merupakan singkatan Ikatan Santri Nurul Athfal.

Pondok pesantren dengan masjid megah dan besar ini berada di alamat Jl. Raya Pesantren, Pesagaran Ulujami Pemalang

Pondok Pesantren Uswatun Khasanah

Pondok Pesantren Uswatun Khasanah berdiri tahun 1995. Sampai kini pesantren dua lantai ini masih berdiri kokoh.

Santri Uswatun Khasanah dididik agama oleh para ustadz berpengalaman. Mereka juga dibekali kemampuan berkesenian islami seperti hadrah, kasidah dan qiroah.

Visi pondok adalah melahirkan santri-santriwati pekerja keras, tidak mudah putus asa serta visioner. Diharapkan alumninya memiliki jiwa qurani. Sebagai pondok pengusung pendidikan salaf dan modern, ilmu pengetahuan umum tidak ditinggalkan selain ilmu agama. Bahkan pihak pengelola menyediakan laboratorium bahasa Inggris dan Komputer.

Ponpes Roudlotul Mubtadin

Pondok pesantren Roudlotul Mubtadin adalah lembaga pendidikan islam di Pemalang Jateng yang terkenal. Di pondok asri ini sistem pembelajaran menggabungkan salaf dan khalaf. Maka dari itu, diharapkan alumninya tidak hanya beriman tetapi juga berilmu.

Di pesantren Roudlotul Mubtadin santri dididik wirausaha serta seni. Di antaranya bela diri dan hadrah. Tak hanya itu, program rutinnya juga melibatkan masyarakat sekitar dan santri. Seperti bakti sosial dan maulid nabi Muhammad.

Lembaga informal yang disediakan pengelola pesantren adalah Tahfidz dan kajian kitab kuning. Selain itu, bab adab juga diajarkan secara detail. Pondok pesantren ini ada di Kauman, Pesantren, Kec. Ulujami, Kabupaten Pemalang,

Memilih pesantren di Kabupaten Pemalang tidak lagi sukar. Karena tinggal dilihat daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Pemalang yang dijelaskan di atas. Oleh sebab itu, silakan daftarkan putra-putri Anda sekarang juga.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Pemalang yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel