6+ Pondok Pesantren di Kabupaten Sragen yang Terbaik


Orangtua mana yang tidak ingin memiliki anak sholeh dan sholehah. Dengan mendaftarkan putra atau putri di pesantren, para orangtua atau wali santri memiliki harapan besar supaya putra atau putrinya menjadi sosok yang beriman dan berbudi pekerti luhur.

Untuk warga Sragen dan sekitarnya, keberadaan pondok pesantren di kabupaten ini cukup banyak jumlahnya. Untuk Anda yang ingin putra atau putrinya nyantri di salah satu daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Sragen, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pesantren di Sragen


Kabupaten Sragen adalah sebuah kabupaten di Prov. Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Prov. Jawa Timur.

Sragen terkenal dengan sebutan Bumi Sukowati yang memang dipakai sejak masa pemerintahan Kerajaan atau Kasunanan Surakarta. Sedangkan jumlah pesantren di kabupaten ini sekitar 126 yang tersebar di 20 kecamatan.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Sragen


Berikut ini daftar lengkap profil beberapa pondok pesantren di Sragen, antara lain:

Pondok Pesantren Walisongo

Salah satu pesantren terbesar di Kabupaten Sragen ini terletak di Kampung Sungkul, Plumbungan, Kecamatan Karangmalang, Sragen. PP Walisongo diasuh oleh KH. Ma’ruf Islamudin yang memiliki jumlah santriwan dan santriwati sekitar 700 orang lebih.

Selain mempertahankan sistem pembelajaran pesantren tradisional, yaitu mengkaji kitab-kitab klasik, pesantren ini juga memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler. Pendidikan formal di PP Walisongo terdiri dari KB-TK, SDI Walisongo, SMP Walisongo, SMA Walisongo, serta Muallimin Walisongo.

Pondok Pesantren Ibnu Abbas As Salafy

Berikutnya ada Pondok Pesantren Ibnu Abbas As Salafy yang menggabungkan antara pendidikan pesantren dan pendidikan formal. Pada pagi hari, santri akan belajar pendidikan formal yaitu MI, MTs, atau MA. Pada saat sore hingga malam hari akan berlanjut mengikuti kegiatan pesantren.

Selain itu, di pesantren ini juga memiliki program Mutawasithoh, ‘Aliyah, I’dad Lughowi (bahasa Arab), serta I’dad Du’at atau program kaderisasi da’i. Pondok Pesantren Ibnu Abbas As Salafy terletak di Beku, Dusun 2, Kliwonan, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen.

Pondok Pesantren Jabal Thariq

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Sragen selanjutnya adalah Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Jabal Thariq. Pesantren ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Jabal Thariq Al Islami yang didirikan tahun 2017. Pondok Pesantren Jabal Thariq diasuh oleh Ustadz Samsuri S.Pd.

Jumlah santri yang mukim yang ada di sini adalah 130 baik putra maupun putri. Lokasi Pondok Pesantren Jabal Thariq beralamat di Girimargo RT 18, Desa Girimargo, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen, Jateng.

Pondok Pesantren Al Hikmah Tanon

Pondok Pesantren Al Hikmah Tanon berdiri atas permintaan dari KH Qulyubi yang merupakan guru dari KH. Wahono. Beliau menyanggupi permintaan dari sang guru dan mendirikan pesantren ini pada tahun 1982.

Pesantren yang beralamat di Dukuh bedono, Desa Pengkol, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen ini diasuh oleh KH. Wahono dan K. Mazida Iqbal R. Wahono.

PP Al Hikmah juga menyelenggarakan pendidikan formal, non-formal, dan beragam kegiatan ekstrakurikuler untuk para santri. Lembaga pendidikan tersebut terdiri dari Madrasah Tsanawiyah Al Hikmah Tanon, Madrasah Aliyah Al Hikmah Tanon, SMK Al Hikmah Tanon, Madrasah Diniyah, serta Tahfidzul Qur'an.

Pondok Pesantren Al-Mukmin

Terakhir ada pondok pesantren yang terletak di JL. Cimanuk, No.10, Cantel Kulon, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen, nomor telepon 027-17081227. Pesantren ini didirikan oleh KH. Zubaier Al Macca dan diasuh oleh KH. Achmad Dahlan beserta istrinya ibu Nyai Nur Mazidah. Pesantren salafiyah ini memiliki santri putra maupun santri putri yang berasal dari berbagai daerah.

Pondok Pesantren Nurul Huda

Pondok pesantren yang didirikan oleh KH. Syarif Hidayatullah ini terletak di Plosorejo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Beliau terkenal memiliki gaya busana nyentrik dengan bahasa yang khas saat melakukan syiar agama.

Pondok Pesantren Nurul Huda menggunakan sistem pesantren salafiyah yang memiliki jumlah santri ratusan baik putra maupun putri. Para santri yang mukim di sini tidak hanya dari Sragen saja, melainkan banyak yang berasal dari luar Sragen.

Apakah Anda ingin mendaftar atau malah pernah nyantri di salah satu daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Sragen di atas?

Belum ada Komentar untuk "6+ Pondok Pesantren di Kabupaten Sragen yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel