4+ Pondok Pesantren di Kabupaten Subang yang Terkenal

Pesantren di Subang

Kabupaten Subang termasuk Tatar Tanah Pasundan karena wilayahnya masuk propinsi Jawa Barat. Pemilik kota administratif Subang ini memiliki lembaga pendidikan islam yang bagus. Sebagian besar ada di daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Subang yang dijelaskan di bawah.

Pesantren di Kabupaten Subang


Sebagian besar ponpes Subang menganut sistem ajar terpadu. Artinya, para santri tidak hanya diajarkan ilmu agama islam tetapi juga ilmu pengetahuan umum. Ini sesuai visi mayoritas pondok yaitu mencetak insan bertakwa dan berwawasan IPTEK.

Kurikulum pembelajaran juga bervariasi. Semuanya mengarah pada pemahaman dan kemampuan santri yang menyeluruh. Supaya ketika hidup di masyarakat bisa lebih siap.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Subang


Ponpes Di Subang lengkap dengan fasilitas pendidikan canggih. Tidak hanya laboratorium komputer, rumah sakit dan koperasi juga tersedia. Ini diberdayakan semata untuk mendidik santri agar menjadi usahawan yang sehat baik jasmani maupun rohani. Ini dia pesantren-pesantren bermutu tersebut:

Pesantren Al Ishlah Subang

Pondok pesantren Al Ishlah Subang berdiri tahun 1981. Sampai saat ini, pengurus sudah melahirkan banyak lembaga pendidikan. Di antaranya RA, MTS, Aliyah bahkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Sejak beralih dari sistem salaf menjadi tradisional-modern perkembangan pondok semakin pesat. Bahkan sejak tahun 1999 sampai sekarang, jumlah santri rata-rata 500 orang setiap tahun. Ini menjadi bukti pesantren Al Ishlah memang populer di Subang.

Pondok pesantren yang menggiatkan tahfidz quran ini berada di Jl. Raya Jatireja desa Jatireja Kecamatan Compreng Kabupaten Subang.

Pesantren Miftahul Huda

Pesantren Miftahul Huda bisa dibilang pondok salaf di Subang. Karena sampai saat ini, sistem ajar yang diampu masih tradisional.

Di pesantren ini, ada dua pendidikan non formal yaitu Madrasah Diniyah dan Tahfidz Quran. Di dalamnya, diajarkan berbagai ilmu keislaman dari kitab kuning hingga tarikh nabi. Untuk menambah kemampuan santri pengurus juga menggiatkan pendidikan ekstra kurikuler.

Selain berbasis seni juga ada yang bertumpu pada penggalian bakat. Salah satu ekskul disukai santri adalah bela diri dan pramuka. Pesantren yang mewajibkan penggunaan bahasa daerah, Arab dan Inggris di hari-hari tertentu ini beralamat di Jl. Arief Rahman Hakim Kel Cigadung Subang.

Pesantren At Tawazun

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Subang ke tiga adalah pesantren At Tawazun. Ini merupakan lembaga pendidikan islam yang nyaman karena dibangun di lingkungan asri. Bahkan di depan pesantren terdapat sungai kecil berair jernih.

Pesantren At Tawazun adalah lembaga pendidikan islam berbasis NU yang mengusung konsep keseimbangan. Maka dari itu, program ajar pondok tidak semata ilmu agama tetapi juga ilmu umum. Dengan sistem ajar integral diharapkan akan lahir santri bertakwa dan beradap.

Saat ini pondok masih membangun dua lembaga formal yaitu MTS dan Aliyah. Di dua sekolah inilah para santri dibimbing ustad dan ustadza berkualitas.

Pesantren yang membuka usaha peternakan dan pertanian santri ini bisa diakses di Dusun. Mekarsari RT03/01 Kalijati Timur Kab Subang.

Pesantren Darussalam Kunir

Pondok pesantren Darussalam Kunir bisa dibilang hampir klasik. Karena lembaga ini berdiri tahun 1989 dan tetap eksis hingga sekarang. Keunikan pondok pesantren adalah tidak pernah merekrut santri berjumlah banyak. Paling banter setiap tahun hanya puluhan santri saja yang mukim.

Sekalipun begitu, para pengajar tetap memberikan bimbingan terbaik. Bahkan pengurus melengkapi sarana belajar dengan fasilitas canggih. Diantaranya dibangun laboratorium bahasa Inggris dan komputer.

Visi pondok adalah mencetak santri bertakwa dan santun. Mereka diharapkan juga beradab kepada orang tua dan guru. Maka dari itu, di pesantren bab adab adalah pelajaran yang dikaji detail dan serius.

Pondok pesantren yang melatih jurnalisme santri ini bisa dikunjungi di Jalan Kunir desa Simpar Cipunagara Kab. Subang.

Dengan adanya daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Subang di atas seharusnya Anda tidak bingung mencarikan tempat mondok untuk si kecil. Apalagi di sana telah dibangun RA bahkan PAUD untuk mencetak generasi muda cinta Quran dan penyayang.

Belum ada Komentar untuk "4+ Pondok Pesantren di Kabupaten Subang yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel