5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Tegal yang Terkenal

Pesantren di Tegal

Kabupaten Tegal adalah salah satu kabupaten di Jawa tengah yang memiliki kota administratif Slawi. Di daerah ini segala aktifitas pemerintahan setempat dijalankan. Bahkan daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Tegal sebagian besar ada di kota ini.

Pesantren di Tegal


Kabupaten Tegal perekonomiannya tumbuh pesat. Maka dari itu, diperlukan pendidikan rohaniah untuk mencegah perdagangan yang tidak jujur. Karena itu pondok pesantren kabupaten Tegal mengusung visi mencetak santri sekaligus usahawan jujur dan cerdas.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Tegal


Pusat pendidikan islam di Kabupaten Tegal mengusung sistem pendidikan salaf dan modern. Bahkan fasilitas ilmu umum yang disediakan sangat lengkap seperti laboratorium komputer, klinik kesehatan hingga lapangan olahraga. Ini daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Tegal yang dimaksud:

Pondok Pesantren Sunan Kalijaga

Ponpes Sunan Kalijaga adalah pondok berhaluan ahlusunah wal Jamaah yang berafiliasi ke Nahdlotul Ulama. Maka dari itu, lembaga pendidikan ini mengemban tugas mencetak generasi nahdiyin Tegal berjiwa qurani dan cinta negeri.

Sekalipun baru berdiri, pondok pesantren Sunan Kalijaga dianggap lembaga pendidikan islam terbaik di Kabupaten Tegal. Hal ini disebabkan perpaduan antara pelajaran agama dengan TIK yang sinergis. Bahkan mulai dari SMP hingga SMA diwajibkan membuka situs NU Online di setiap pembelajaran komputer.

Keunggulan selanjutnya adalah diadakan kegiatan tadarus Al Quran sebelum pembelajaran. Tepatnya 15 menit pasca masuk kelas, setelah selesai baru santri belajar sesuai mapel hari itu. Pondok pesantren salaf tersebut ada di jalan Raya Singkil Kaliwadas, Kabupaten Tegal Jateng.

Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Mukhlassiyyah

Pondok pesantren Miftahul Huda Al-Mukhlassiyyah adalah pondok baru di Kabupaten Tegal yang diresmikan tahun 1996. Sekalipun begitu, pihak pendiri yakin ponpes ini bisa berkembang sesuai IMTAQ dan IPTEK.

Salah satu keunggulan pondok pesantren adalah memberikan fasilitas gratis untuk santri yang tidak mampu. Karena visinya memang mengakomodir semua masyarakat lintas kalangan agar memiliki pendalaman agama yang bagus.

Di pondok ini tidak hanya diajarkan cara cepat membaca kitab kuning. Tetapi juga ada silat, marching band, bahasa Inggris dan seni kaligrafi. Untuk mempermudah pembelajaran sudah dibangun fasilitas pendukung seperti laboratorium dan lapangan olahraga.

Pondok pesantren modern ini berada di Rt. 06 Rw. 01 Cempaka Bumi jawa Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah.

Ponpes Miftahul Mubtadiin

Ponpes Miftahul Mubtadiin adalah pelahir ulama kharismatik. Bahkan dari sanalah lahir ulama kondang KH Muchsin yang bisa dibilang tenar di Kabupaten Tegal Jateng.

Kabarnya KH Makruf Amin pernah menghadiri haul ulama tersebut di ponpes Miftahul Mubtadiin sebelum beliau menjadi wakil presiden RI. Ini menjadi bukti kalau ponpes mendapat perhatian khusus dari NU.

Salah satu aktifitas rutin santri di pondok adalah yasinan dan tahlil. Program ini digalang untuk meningkatkan keimanan santri sekaligus mengajarkan adab terhadap guru.

Pondok pesantren modern ini berada di Debong Tengah, Tegal Sel, Debong Tengah, Kec. Tegal Kabupaten Tegal.

Pesantren Hasyim Asy’ari

Pesantren Hasyim Asy’ari adalah ponpes yang luas. Lahannya saja mencapai 10.000 meter. Di area itulah dibangun pondok pesantren modern untuk mencetak santri mandiri dan berkarakter.

Pengajar di pondok sebagian besar lulusan pesantren dan beberapa dari perguruan tinggi terutama yang mengampu pelajaran umum. Mereka bersinergi membimbing santri dengan ilmu-ilmu dan kompetensi yang dimiliki.

Untuk lembaga formal ada SMP, SMA dan SMK. Sedangkan untuk pendidikan non formal ada dua yaitu Madrasah DIniyah dan Ulya. ini dilengkapi Bimbingan manasik haji atau KBIH.
Jika ingin mondok silakan datangi Jl. Karangjati No. 25, Tarub, Kabupaten Tegal.

Ponpes Misbahul Huda Al Amiriyah

Ponpes Misbahul Huda Al Amiriyah adalah lembaga pendidikan islam yang terkenal di Tegal Jawa Tengah. Bahkan santri mukim di sini ada yang dari luar kota seperti Pemalang dan Brebes.

Selain ada pelajaran kitab-kitab klasik juga ada ekstra kurikuler berbasis bakat dan seni. Diantaranya bela diri, seni hadrah, Qiroat dan PMR. Dengan adanya program ini, santri tidak hanya belajar ngaji tetapi juga bisa meningkatkan minatnya di bidang non agama.

Fasilitas pondok pesantren sangat lengkap. Selain sudah dibangun ruang automotif, juga diberdirikan koperasi santri dan Poskestren. Pondok pesantrennya sendiri berada di desa Kambangan Lebaksiu Kab. Tegal.

Pesantren yang terkenal di Tegal Banyak. Beberapa ada di dalam daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Tegal di atas. Silakan dipilih yang menurut Anda paling bermutu.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Tegal yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel