Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Tanggamus yang Bagus

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Tanggamus

Kabupaten Tanggamus dikenal memiliki sumber daya alam yang melimpah sehingga dimanfaatkan dalam beberapa bidang mulai dari pertanian hingga pertambangan. Luas wilatyah kabupaten Tanggamus ini yaitu mencapai 2.855,46 Km² berasal dari luas daratan dan juga lautan. 

Selain itu kabupaten Tanggamus juga memiliki beberapa objek wisata yang sangat indah dan menarik. Beberapa contoh objek wisata tersebut yaitu seperti pantai gigi hiu, teluk kiluan, gunung tanggamus dan lain-lain. 

Pondok Pesantren di Tanggamus

Kabupaten Tangamus mempunyai lembaga pendidikan seperti PAUD/TK sebanyak 20 sekolah, SD/MI sebanyak 434 sekolah , SMP/MTs terdiri dari 58 sekolah, 17 SMA/MA, 5 SMK/MK, Perguruan Tinggi dan juga pondok pesantren.

Mengenai Pondok Pesantren di Lampung, khususnya Kabupaten Tanggamus ini sendiri, masing-masing sudah memiliki visi dan misi yang jelas. Sehingga diharapkan dapat membentuk generasi muda yang berwawasan luas dan paham akan agama islam dengan lebih baik lagi.

Daftar Pondok Pesantren Di Kabupaten Tanggamus

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Tanggamus yaitu diuraikan sebagai berikut; 

1. Hayatur Riyadl

Pondok Pesantren Hayatur Riyadl beralamat di Jln. Raya Ngarif, Desa Datarajan, Kec. Ulu Belu, Kab. Tanggamus. Jumlah santri di pesantren ini yaitu ada 53 santri dan 6 ustadz yang mengajar. 

2. Al-Qur'aniyah Assa Dziliyah 

Pondok Pesantren Al-Qur'aniyah Assa Dziliyah beralamat Di Pekon Way Panas. Para santri yang menempuh pendidikan di pesantren Al – Qur’aniyah Assa Dziliyah yaitu ada 77 orang. Sedangkan jumlah pengajarnya ada 7 ustadz. 

3. Kh. M. Djasuta

Pondok Pesantren Kh. M. Djasuta beralamat di Jl. Abdul Mutholib No.258 Sinar Banten Kecamatan Talang Padang. Pesantren Kh M. Djasuta memiliki jumlah santri sebanyak 50 orang dengan 6 tenaga pendidik. 

4. Al-Falah

Pondok Pesantren Al-Falah beralamat di Jl. Raya Sumber Mulya, Kec Pulau Panggung, Tanggamus. Santri di pesantren ini jumlahnya yaitu mencapai 61 orang dengan 6 ustadz yang membimbing. 

5. Al-Qodir

Pondok Pesantren Al-Qodir beralamat di Batu Tegi, Desatoto Margo, Kec.Air Naningan, Kab. Tanggamus. Diketahui bahwa pesantren Al-Qodir memiliki santri yang jumlahnya mencapai 72 santri dan 7 orang guru yang mengajar. 

6. A.P.I Darul Ulum

Pondok Pesantren A.P.I Darul Ulum beralamat di Margoyoso Jl Kh Abdul Ghofur, Desa Margoyoso, Kec. Sumberejo Kab. Tanggamus. Pesantren ini memiliki santri yang jumlahnya ada 83 santri. Sedangkan jumlah ustadz yang mengajar ada 7 orang. 

7. Riyadhush Sholihin

Pondok Pesantren Riyadhush Sholihin beralamat di Jln. H. Kimong, Desa Way Halom, Kec. Gunung Alip, Kab. Tanggamus. Santri di ponpes ini jumlahnya ada sekitar 65 orang dan 6 ustadz yang membimbing. 

8. Tahfidul Qur'an Madarijul Ulum

Pondok Pesantren Tahfidul Qur'an Madarijul Ulum beralamat di Jln. Suka Mernah, Desa Suka Mernah, Kec. Gunung Alip, Kab. Tanggamus. Pesantren Tahfidul Qur;an Madarijul Ulum memiliki santri yang jumlahnya ada sebanyak 63 orang dengan 6 guru yang mengajar. 

9. Al-Hikmah

Pondok Pesantren Al-Hikmah beralamat di Jln. Senimbang, Desa Suka Agung, Kec. Bulok, Kab. Tanggamus. Jumlah santri yang ada di pesantren ini yaitu ada sekitar 39 santri dan 6 ustadz yang membimbing, 

10. Darussa'adah

Pondok Pesantren Darussa'adah beralamat di Jalan Sma1 Talang Padang, Desa Banjarsari, Kec. Talang Padang, Kab. Tanggamus. Santri yang belajar di pesantre Darussa’adah jumlahnya ada sekitar 101 orang. Sedangkan tenaga pendidiknya berjumlah 8 orang.

Itulah tadi informasi yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren terbaik yang ada di wilayah Kabupaten Tanggamus.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Tanggamus yang Bagus"