7 Pondok Pesantren di Kabupaten Kuantan Singingi yang Bagus

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Kuantan Singingi

Kabupaten Kuantan Singingi atau dikenal pula dengan Kuansing merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Riau. Daerah ini disebut pula sebagai daerah rantau, karena banyak orang-orang Minangkabau yang merantau di wilayah ini. Selain itu kondisi geografis dari kabupaten Kuantan Singingi yaitu terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi. 

Secara umum jenis mata pencaharian yang dilakukan oleh masyarakat Kuantan Singingi ialah bertani. Sedangkan yang lainnya ada yang bekerja dengan cara berdagang, pegawai negeri, dan bekerja di bidang jasa. 

Pesantren di Kabupaten Kuantan Singingi

Kabupaten Singingi ternyata juga memperhatikan kualitas pendidikannya. Bahkan jenis pendidikannya pun ada yang khusus untuk memperdalam ilmu agama, yaitu pondok pesantren. Ponpes di kabupaten Singingi jumlahnya ada 7 pesantren.

Sedangkan jumlah santri secara keseluruhan yaitu ada sebanyak 2.712 santri dengan pembagian 1.809 santri berasal dari pemukim asli dan 908 santri asalnya diluar dari pemukim. 

Daftar Pondok Pesantren Di Kabupaten Kuantan Singingi

Berikut dibawah ini yang merupakan beberapa daftar pesantren di kabupaten Kuantan Singingi adalah :

1. Bahrul Ulum

Pondok Pesantren Bahrul Ulum beralamat di Jl. Ra. Kartini Jalur V -Air Emas. Santri di ponpes ini jumlahnya yaitu 54 santri dengan 6 ustadz yang mengajar. 

2. Syafaaturrasul

Pondok Pesantren Syafaaturrasul berdiri pada tahun 1988. Pondok Pesantren Syafaaturrasul beralamat di Batu Ampar Beringin dan mempunyai santri yang jumlahnya sekitar 1.055 santri dengan 24 ustadz yang mengajar.

Visi dari pondok pesantren ini ialah menjadi lembaga islam yang kokoh dan mampu mewujudkan generasi penghafal quran yang berwawasan dunia dan berakhlak mulia. Selain itu program unggulan dari pesantren Syafaaturrasul antara lain seperti tahfidzul quran, tahsinul tilawatil quran, study club fathul kutub, bahasa arab, dan seni bela diri. 

3. Pdta Raudhatul Ulum

Pondok Pesantren Pdta Raudhatul Ulum beralamat di Desa Giri Sako. Sedangkan jumlah santrinya mencapai 23 santri dengan 6 pengajar. 

4. Nurul Islam 

Pondok Pesantren Nurul Islam beralamat di Jl.Jend.Sudirman No.17 Kampung Baru 29566. Santri di pesantren Nurul Islam jumlahnya yaitu 411 santri dengan 21 pengajar yang ada di sana. 

5. KH. Ahmad Dahlan

Pondok Pesantren KH. Ahmad Dahlan berdiri pada tahun 1992. Pondok Pesantren KH. Ahmad Dahlan beralamat di Jl. Belibis No. 11 Simpang Tiga Teluk Kuantan. Pesantren ini memiliki santri yang jumlahnya mencapai 557 santri dengan 27 ustadz yang membimbing.

Selain itu pesantren ini dianggap sebagai salah satu ponpes tertua yang ada di kabupaten Kuantan Singingi dan nama sebelumnya ialah Madrasah Mu’allimin Muhammadyah. 

6. Modern Al Hidayah

Pondok Pesantren Modern Al Hidayah berdiri pada tahun 2005. Pondok Pesantren Modern Al Hidayah beralamat di Jl.Merdeka 282 Sukamaju. Jumlah snatri yang ada di pesantren ini yaitu sekitar 60 santri. Sedangkan pengajarnya ada sekitar 6 orang. 

7. Darunnajah

Pondok Pesantren Darunnajah berdiri pada tahun 2001. Pondok Pesantren Darunnajah beralamat di Jalan Pendidikan Sungai Alah. Santri yang ada di ponpes ini jumlahnya ada 46 santri dengan 6 ustadz yang mengajar.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Semoga memberikan wawasan bagi kalian.

Belum ada Komentar untuk "7 Pondok Pesantren di Kabupaten Kuantan Singingi yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel