Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pondok Pesantren di Kabupaten Lahat Yang Bagus

Pondok Pesantren di Kabupaten Lahat

Provinsi Sumatera Selatan memiliki beberapa kabupaten dan salah satunya ialah kabupaten Lahat. Kabupaten ini terdiri dari 22 kecamatan, 14 kelurahan, dan 509 desa. Beberapa nama kecamatan tersebut yaitu seperti pagar gunung, muara payang, lahat, tanjung tebat, dan lain sebagainya. 

Kemudian dari beberapa kecamatan yang ada di kabupaten Lahat ini ternyata berdiri sebuah pondok pesantren. Berdirinya pesantren tersebut bertujuan sebagai lembaga pendidikan agama islam yang dapat mencetak generasi muda berakhlak, beriman, dan bertaqwa. 

Pondok Pesantren di Kabupaten Lahat

Pesantren di kabupaten Lahat jumlahnya yaitu ada 16 pesantren. Sedangkan jumlah santrinya mencapai 5.287 santri. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Lahat

Beberapa contoh daftar nama pondok pesantren yang ada di kabupaten Lahat ialah sebagai berikut :

1. Al Khairiyah

Pondok Pesantren Al Khairiyah berdiri pada tahun 2005. Pondok Pesantren Al Khairiyah beralamat di Jalan Pesirah Amal Dusun 03 Talang Leban Desa Pagar Jati. Selain itu, pesantren ini juga telah memiliki santri yang jumlahnya ada sekitar 80 santri dan 5 ustadz yang mengajar. 

2. Abdur Rohman

Pondok Pesantren Abdur Rohman berdiri pada tahun 1991. Pondok Pesantren Abdur Rohman beralamat di Jl. H. Br. Motik Bungamas. Santri yang ada di ponpes Abdur Rohman jumlahnya yaitu 553 santri, sedangkan jumlah gurunya ada 14 orang. 

3. Sabilul Muttaqin 

Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin berdiri pada tahun 1999. Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin beralamat di Jalan Poros Trans Km 04 Kel. Sari Bungamas. Pesantren ini memiliki santri yang menempuh pendidikan di pesantren sejumlah 170 orang dan 13 ustadz yang membimbing. 

4. An-Nur

Pondok Pesantren An-Nur berdiri pada tahun 1992. Pondok Pesantren An-Nur beralamat di Desa Margamulya. Ponpes An-Nur merupakan lembaga pendidikan agama islam di kabupaten Lahat yang jumlah santrinya ada 398 santri dengan 16 pengajar yang ada disana. 

5. Ash-Shomadiyah 

Pondok Pesantren Ash-Shomadiyah berdiri pada tahun 2010. Pondok Pesantren Ash-Shomadiyah beralamat di Jl. Lintas Sumatera Desa Arahan Km 31 Merapi Timur. Santri di ponpes ini jumlahnya ada sekitar 103 orang dengan 7 ustadz pembimbing. 

6. Islamic Center Lahat

Pondok Pesantren Islamic Center Lahat berdiri pada tahun 2000. Pondok Pesantren Islamic Center Lahat beralamat di Jl. A. Yani No. 01 Pagar Agung. Pesantren ini sudah memiliki jumlah santri yang belajar di pondok sebanyak 201 orang. Sedangkan jumlah pengajarnya ada sekitar 9 orang. 

7. Al-Hikmah

Pondok Pesantren Al-Hikmah berdiri pada tahun 2002. Pondok Pesantren Al - Hikmah beralamat di Jl. Lintas Trans Palembaja Km. 14.

Selain itu ponpes Al-Hikmah juga telah mempunyai santri yang berjumlah 438 santri dengan 24 ustadz pembimbing. Ponpes ini juga memiliki kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka yang setiap tahunnya akan mengadakan kemah guna melatih kemandirian para santri. 

8. Fathul 'Ulum

Pondok Pesantren Fathul 'Ulum berdiri pada tahun 2003. Pondok Pesantren Fathul 'Ulum beralamat di Jl. Trans bumi lampung. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes ini yaitu ada sekitar 217 santri. Sedangkan jumlah ustadznya ada sebanyak 14 ustadz. 

9. Al-Ashriyah Nurul Iman

Pondok Pesantren Al-Ashriyah Nurul Ima berdiri pada tahun 2007. Pondok Pesantren Al-Ashriyah Nurul Iman beralamat di Ds. Pagar Ruyung. Selain itu pesantren ini juga telah memiliki santri yang jumlahnya mencapai 252 orang dengan 16 guru yang mengajar. 

10. Al-Ikhlas 

Pondok Pesantren Al-Ikhlas berdiri pada tahun 2007. Pondok Pesantren Al-Ikhlas beralamat di Jl. Letnan Abdul Karim No. 06 Desa Masam Bulau. Sedangkan jumlah santrinya yaitu mencapai ribuan atau kurang lebih 1.841 santri dan 79 ustadz yang mengajar.

Nah, itulah saja informasi yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren terbaik di wilayah Kabupaten Lahat.

Posting Komentar untuk "10+ Pondok Pesantren di Kabupaten Lahat Yang Bagus"