10 Pondok Pesantren di Kabupaten Pasaman Barat yang Bagus

 

Pesantren di Kabupaten Pasaman Barat

Kabupaten Pasaman Barat merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang terkenal dengan potensi perkebunannya. Ada banyak jenis perkebunan yang terus dikembangkan di kabupaten ini. Beberapa diantaranya yaitu seperti perkebunan kelapa sawit, pekebunan jagung, dan perkebunan jeruk. 

Selain baik dalam hal perkebunan atau bidang ekonominya. Ternyata daerah kabupaten Pasaman Barat juga memperhatikan bidang pendidikan bagi generasi penerusnya. Bahkan karena sangat peduli dengan moral dan karakter para generasi mudanya, sistem pendidikan yang ada di daerah ini tidak hanya ada sebatas pendidikan negeri pada umumnya. Melainkan ada pula pondok pesantren untuk memberikan bimbingan dan pendidikan agama islam secara lebih mendalam. 

Pesantren di Kabupaten Pasaman Barat

Harapan dari adanya pondok pesantren di kabupaten Pasaman Barat ini, maka para orangtua tidak perlu khawatir akan pendidikan agama maupun akhlak dari anak-anaknya.

Karena pesantren disini akan berusaha untuk memberikan pendidikan dengan sebaik mungkin yaitu mengajarkan nilai-nilai agama islam dengan tidak melupakan pengetahuan umum yang juga diperlukan oleh generasi muda untuk menghadapi kehidupan di masa mendatang. 

Daftar Pesantren di Kabupaten Pasaman Barat

Beberapa nama daftar pesantren yang ada di kabupaten Pasaman Barat yaitu diuraikan sebagai berikut ini : 

1. PP. Darul Ulum Tahfidzul Qur`an

Pondok Pesantren PP. Darul Ulum Tahfidzul Qur`an beralamat di Kampung Baru Bululaga Jorong Lubuk Alai. Pesantren ini mempunyai santri yang jumlahnya mencapai hingga 145 orang. Sedangkan jumlah guru atau pengajarnya ada 5 ustadz. 

2. Ruqyah Syar`iyyah Buya Ronah

Pondok Pesantren Ruqyah Syar`iyyah Buya Ronah berdiri pada tahun 2015. Pondok Pesantren Ruqyah Syar`iyyah Buya Ronah beralamat di Jorong Air Haji, Kecamatan Sungai Aur. Sedangkan santri di ponpes ini berjumlah 99 orang dengan 7 ustadz yang membimbing. 

3. Darul Fikri

Pondok Pesantren Darul Fikri beralamat di Siduampan. Pesantren Darul Fikri ini mempunyai jumlah santri sebanyak 134 santi dan 8 ustadz yang membimbing. 

4. Ittihadul Muballighin

Pondok Pesantren Ittihadul Muballighin berdiri pada tahun 1990. Pondok Pesantren Ittihadul Muballighin beralamat di Jl Bangka Jorong Brastagi Ujung Gading. Sedangkan untuk santrinya sendiri yaitu ada sebanyak 317 santri dengan 18 orang ustadz yang mengajar. 

5. Al-Muttaqin 

Pondok Pesantren Al-Muttaqin berdiri pada tahun 2006. Pondok Pesantren Al-Muttaqin beralamat di Jl. Situmang. Santri di pesantren Al Muttaqin jumlahnya yaitu 59 santri dengan 6 orang guru yang mengajar. 

6. H. Abd. Alin Tagak

Pondok Pesantren H. Abd. Alin Tagak berdiri pada tahun 1990. Pondok Pesantren H. Abd. Alin Tagak beralamat di Alin Tagak dengan jumlah santri sebanyak 287 santri. Sedangkan untuk jumlah ustadznya sendiri ada sekitar 16 ustadz. 

7. Adlaniyah

Pondok Pesantren Adlaniyah berdiri pada tahun 1926. Pondok Pesantren Adlaniyah beralamat di Jln Gotong Royong Tampus Ujung Gading. Santri di ponpes ini jumlahnya mencapai 330 orang. Ustadz yang mengajar juga cukup banyak yaitu sekitar 19 orang.

Selain itu dalam pesantren ini juga tidak hanya diajarkan pengetahuan agama islam saja, melainkan ada pengembangan bakat lainnya yang bisa diikuti siswa salah satunya yaitu bidang olahraga. Psantren Adlaniyah dikenal memiliki pembinaan keolaharagaan dengan baik, sehingga dari situlah para santri dapat meraih prestasi.  

8. Nurul Huda

Pondok Pesantren Nurul Huda beralamat di Jorong Kartini, Nagari Muara Kiawai. Sedangkan untuk santrinya sendiri, pesantren Nurul Huda memiliki santri sebanyak 248 santri dengan 16 ustadz yang membimbing. 

9. Mu`Allimin Muhammadiyah Tamiang

Pondok Pesantren Mu`Allimin Muhammadiyah Tamiang beralamat di Jl. Madura Tamiang, Jor. Saroha Ujung Gading. Santri yang ada di ponpes ini mencapai angka ratusan yaitu sekitar 294 santri. Untuk jumlah pengajarnya sendiri ada sebanyak 16 ustadz. 

10. Nailul Husniyah

Pondok Pesantren Nailul Husniyah berdiri pada tahun 2011. Pondok Pesantren Nailul Husniyah beralamat di Jl. Bulu Laga Jorong Lubuk Alai Ujung Gading. Jumlah santri di pondok pesantren Nailul Husniah yaitu ada 111 santri. Sedangkan jumlah pengajarnya ada 7 ustadz. 

Nah, itulah saja informasi yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Pasaman Barat.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Pasaman Barat yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel