10 Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Pesantren di Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Kabupaten Tanjung Jabung Barat merupakan kabupaten yang memiliki 13 kecamatan dengan 20 kelurahan dan 138 desa. Masing-masing kecamatan tersebut ada diantaranya yang terdapat pendidikan lembaga islam yaitu pondok pesantren.

Beberapa contoh kecamatan yang berdiri ponpes ialah Tungkal Ulu, Pengabuan, Senyerang, Betara, Seberang Kota, dan lain-lain. 

Pesantren di Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Pondok pesantren di kabupaten Tanjung Jabung Barat berjumlah sekitar 13 pesantren. Sedangkan jumlah santrinya secara keseluruhan ada 5.350 santri yang terdiri dari 4.160 santri berasal dari pemukiman asli, sedangkan sebanyak 1.190 santri berasal dari luar pemukiman. 

Daftar Pondok Pesantren Di Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Berikut ini merupakan daftar nama pondok pesantren di kabupaten Tanjung Jabung Barat ialah : 

1. Al-Baqiyatush Shalihat

Pondok Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat berdiri pada tahun 1993. Pondok Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat beralamat di Jl.Prof.Dr.Sri Soedewi Ms. Santri yang belajar di pesantren ini jumlahnya mencapai 1.427 orang dengan 62 pengajar atau ustadz.

Dalam sejarahnya, pesantren ini diawali dari pengajian majelis ta’lim dan semakin lama semakin diminati banyak orang. Sehingga dengan hal itulah maka didirikan pondok pesantren Al-Baqiyatush Shalihat untuk menanggapi segala aspirasi dari masyarakat setempat.

Ponpes ini juga semakin berkembang dan menerapkan kurikulum dari ponpes itu sendiri maupun kurikulum satuan pendidikan pada umumnya. Walaupun ponpes sudah berbentuk modern, namun penanamakn akhlak karimah menjadi prioritas yang utama.

2. Sa`adatul Abadiyah

Pondok Pesantren Sa`adatul Abadiyah berdiri pada tahun 1990. Pondok Pesantren Sa`adatul Abadiyah beralamat di Jl. Kihajar Dewantara Rt 03 Parit 2. Pesantren ini memiliki santri yang berjumlah hingga 376 santri dan 21 ustadz yang mengajar. 

3. Riyadhul Jannah

Pondok Pesantren Riyadhul Jannah beralamat di Jl. H. Syamsuddin Rt.09 Tanjung Harapan. Santri di pesantren Riyadhul Jannah jumlahnya yaitu ada 201 santri dengan 14 ustadz yang membimbing. 

4. Mafatihul Huda

Pondok Pesantren Mafatihul Huda berdiri pada tahun 1978. Pondok Pesantren Mafatihul Huda beralamat di Dusun Karya Jaya Rt 03. Pesantren Mafatihul Huda memiliki santri yang berjumlah 396 santri dan 21 guru yang mengajar.  

5. Darul Ulum

Pondok Pesantren Darul Ulum beralamat di Jl. Sei Dungun Rt.15 Dusun Cemara. Jumlah santri yang ada di pesantren Darul Ulum yaitu ada sebanyak 57 santri dengan 6 ustadz yang mengajar. 

6. Al-Musthafa Tsani

Pondok Pesantren Al-Musthafa Tsani berdiri pada tahun 1998. Pondok Pesantren Al-Musthafa Tsani beralamat di Jl.Lintas Timur Km.112 Rantau Badak. Sedangkan jumlah santri yang belajar di pesantren ini yaitu ada sekitar 104 santri dan 8 orang pengajar. 

7. Ihyaus Sunnah

Pondok Pesantren Ihyaus Sunnah beralamat di Jl.Mubarok Rt.05 Desa Mandala Jaya. Pesantren Ihyaus Sunnah memiliki santri yang jumlahnya mencapai 54 santri dengan 6 ustadz pembimbing. 

8. Isti`dadul Mu`allimien

Pondok Pesantren Isti`dadul Mu`allimien berdiri pada tahun 1996. Pondok Pesantren Isti`dadul Mu`allimien beralamat di Jalan Lintas Pasar Pudin. Ponpes ini mempunyai santri dengan jumlah 163 santri dengan 12 ustadz yang mengajar. 

9. Al-Anwar 

Pondok Pesantren Al-Anwar berdiri pada tahun 2005. Pondok Pesantren Al-Anwar beralamat di Parit Panji Rt 07 Desa Teluk Kulbi. Santri di ponpes Al Anwar berjumlah 165 santri. Sedangkan jumlah pengajarnya yaitu ada sekitar 12 orang. 

10. Fathul Ulum

Pondok Pesantren Fathul Ulum berdiri pada tahun 2007. Pondok Pesantren Fathul Ulum beralamat di Jl.H.Syamsi Pasar Pijoan Baru Km 2,5. Sedangkan santri yang belajar di pesantren ini yaitu berjumlah 374 santri dengan 19 ustadz yang membimbing.

Kegiatan santri di ponpes ini yaitu melakukan pendidikan formal sebagaimana pada umumnya, seperti Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) yang dimulai jam 07:30 hingga 13:30 WIB. Setelah pulang sekolah, para santri akan belajar kajian kitab kuning dan hafalan quran.

Santri di pondok pesantren Fathul Ulum juga diberi kenyaman karena adanya beberapa fasilitas seperti masjid, koperasi santri, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Kegiatan ekstrakurikuler antara lain seperti musyawarah ma’hadiyah, bahtsul ma’sail, diskusi ilmiah, hadrah/rebana, pengembangan berbagai olahraga, dan lain-lain.

Itulah tadi informasi daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Tanjung Jabung Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel