Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Pesantren Khusus Putri Terbaik di Makasar

 

Daftar Nama Pondok Pesantren Putri di Makasar

Kota Makasar adalah kota metropolitan terbesar yang ada di bagian Indonesi Timur. Daerah ini terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu kota Makasar juga disebut sebagai kota pertumbuhan utama yang ada di Indonesia selain dari daerah Medan, Jakarta, dan Surabaya.

Disisi lain dalam kehidupan masyarakat yang ada di kota Makasar juga berasal dari beragam suku mulai dari suku Toraja, Bugis, Jawa, Tionghoa, dan lain-lain. Tetapi yang pasti, untuk salah satu sistem lembaga pendidikan di Makasar juga ada pondok pesantren khusus putri yang disedikan. 

Pesantren Putri di Makasar

Kota makasar selain menjadi daerah pertumbuhan yang utama di Indonesia, ternyata juga memiliki lembaga pendidikan yang sangat baik dan berkualitas. Lembaga pendidikan tersebut tidak hanya pendidikan formal melainkan juga non formal, seperti pondok pesantren. 

Pondok pesantren di Sulawesi, khusus putri yang ada di Makasar pada umumnya ada yang dilaksanakan dengan sistem modern maupun tradisional dan ada pula yang menggunakan program tahfidz. 

Daftar Nama Pondok Pesantren Putri di Makasar

Beberapa daftar pondok pesantren di Makasar yang cocok untuk putri antara lain adalah sebagai berikut ini;

1. Pondok Pesantren Ummul Mu’minin

Daftar pondok pesantren putri yang pertama di Makasar adalah pondok pesantren Ummul Mu’minin yang diketahui melakukan afiliasi dengan muhammadiyah. Sehingga keduanya dikenal sebagai penyelenggara pendidikan terbaik untuk masyarakat luas.

Alamat lengkap pondok pesantren ini yaitu berada di Jl. Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Biringkanaya.

Sedangkan jenjang pendidikannya yaitu SMP dan SMA. Sedangkan visi pondok pesantren Ummul Mu’minin yaitu mewujudkan alumni puteri yang unggul, kader ulama, dan pemimpin berdasarkan al-qur’an dan al-sunnah al-maqbulah. 

2. Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Pangkep

Selanjutnya yaitu ada pondok pesantren modern putri IMMIM Pangkep yang lokasinya berada di Jl. H Fadeli Luran, Biraeng, Minasatene. Visi pondok pesantren ini yaitu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, cerdas, terampil, panutan, dan berwawasan luas disertai akhlaqul karimah.

Sedangkan misi yang dilakukan antara lain adalah membentuk putri muslimah melalui penanaman iman dan taqwa kepada Allah, meningkatkan prestasi akademik dan lain sebagainya. Pondok pesantren Modern Putri IMMIM Pangkep juga dilengkapi dengan berbagai sarana prasarana atau fasilitas pondok seperti ruang rapat, ruang guru, laboatorium, ruang kelas, perpustakaan, masjid, kantin, dan lain-lain. 

3. Pondok Pesantren Tahfidzul Quran  Wahdah Islamiyah

Ketiga yaitu ada pondok pesantren Tahfidzul Quran Wahdah Islamiyah yang didirikan sejak tanggal 14 April 1998.

Jenjang pendidikan pada ponpes ini ada dua yaitu SMP dan SMA. Akan tetapi yang dikhususkan hanya untuk santriwati ialah jenjang pendidikan tingkat SMA atau PPS Ulya. Visi pondok pesantren Tahfidzul Quran Wahdah Islamiyah yaitu untuk menciptakan pengkaderan hafidz dan muhaffidz atau pembina penghafal al quran dengan manhaj ahlussunah wal jamaah.

Beberapa keunggulan atau kelebihan yang terdapat pada pondok pesantren ini yaitu asrama dan biaya pendidikan gratis, pembina al quran berasal dari lulusan terbaik yang ada di dalam maupun luar negeri, mampu menghafal 30 juz maksimal 3 tahun, dan lain-lain.   

4. Pondok Pesantren Multidimensi Alfakhriyah Putri 

Keempat ada pondok pesantren Multidimensi Alfakhriyah Putri. Pondok pesantren yang satu ini lokasinya berada di Jl. Sunu III No.16, Suangga , Kec. Tallo, Kota Makassar. Visi pondok pesantren ini yaitu terciptanya insan yang mampu mengintegrasikan kekuatan qalbu, akal, dan fisik dengan nilai-nilai islam.

Sedangkan sarana dan prasarana yang ada di pesantren antara lain ialah gedung, asrama, mushola, lapangan olahraga, lab komputer dan lain sebagainya. Pesantren Multidimensi Alfakhriyah Putri juga menerapkan sistem pendidikan perpaduan antara modern dan klasik serta sistem klasikal dan halaqah. 

5. Pondok Pesantren Tahfizul Quran Putri Al-Umm

Kelima yaitu ada pondok pesantren Tahfizul Quran Putri Al-Umm yang beralamat di Jl. Kapten Pierre Tendean No.5, Ujung Pandang Baru, Kec. Tallo, Kota Makassar. 

6. Pondok Pesantren Putri Darut Taubah

Terakhir daftar pondok pesantren putri yang ada di Makasar adalah pondok pesantren putri darut taubah. Lokasi pondok pesantren yang satu ini berada di Jl. Pejuang Raya No.6, Paropo, Kec. Panakkukang, Kota Makassar.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren putri yang berada di wilayah Kota Makasar, ProvinsiSulawesi Selatan. Semoga bisa berguna. 

Posting Komentar untuk "6+ Pesantren Khusus Putri Terbaik di Makasar"