Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pondok Pesantren Gus Baha: Lokasi dan Fasilitasnya

Pondok Pesantren Gus Baha

KH. Bahauddin Nursalim atau yang akrab dikenal dengan nama Gus baha’ merupakan tokoh cendekiawan Nahdlatul Ulama (NU) yang tumbuh dan berkembang di lingkungan pondok pesantren NU terbaik di Indonesia. Gus Baha sendiri lahir pada 15 Maret 1970 di Sarang, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah. 

Ayah Gus Baha yang bernama lengkap KH. Nursalim yang merupakan pakar ilmu Al-qur’an dengan sanad yang tersambung dengan ulama -ulama besar Ahli Qur’an. Saat ini Gus Baha meneruskan perjuangan KH. Nursalim ayahandanya untuk mengasuh Pondok Pesantren LP3IA Narukan.

Pondok Pesantren Gus Baha

Mengenal lebih dalam tentang Pondok Pesantren Gus Baha tentu saja bisa melihat beberapa ceramah yang disampaikan Gus Baha sehingga banyak disukai oleh para pendengar karena santun dan menyejukkan.  Pembawaan ceramah dengan guyonan menjadi salah satu ciri Gus Baha’. 

Namun demikian, Gus Baha dikenal sebagai ulama yang menguasai berbagai disiplin ilmu seperti fikih, hadist dan tafsir.  Ilmu agama yang dimiliki Gus Baha tidak dapat dilepaskan dari Kedua gurunya yaitu KH. Nursalim yang merupakan ayah beliau dan KH. Maimoen Zubair selaku pemilik salah satu pondok pesantren terbaik di Rembang.  Sehingga pada hampir setiap kesempatan dalam, ceramah Gus Baha selalu menyampaikan nasihat dan ilmu dari kedua gurunya tersebut.

Gus Baha sebagai seorang alim memiliki gaya hidup yang sederhana.  Kesederhanaan Gus Baha dapat dilihat dari berbagai kesempatan ceramah maupun pada acara-acara  besar yang dihadiri.  Gus Baha juga menerapkan kesederhanaan tersebut pada pesantrennya.

Sejak 2005 sepeninggalan KH. Nursalim, Gus Baha melanjutkan perjuangan sang ayah dalam mengasuh pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Lembaga Pendidikan dan Pengembang Alqur’an (LP3IA) Narukan.

Atas dasar itulah maka pondok pesantren yang diasuh oleh Gus Baha pada saat ini ialah PonPes LP3IA yang beberapa komentar sekaligus testimoni yang diberikan salah satunya Hilyatul Maknunah mengatakan bahwa ia berkesempatan untuk ikut mengaji rutinan karena suasana di pesantren ini asri menyatu dengan rumah warga sekitar.

Lokasi dan Alamat Pondok Pesantren LP3IA Milik Gus Baha

Lokasi Pondok Pesantren Gus Baha

Alamat lengkap pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Lembaga Pendidikan dan Pengembang Alqur’an berada di Dusun Sawah, Desa Narukan RT 04 RW 03 Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah dengan Kode Pos 59273.

Fasilitas Pondok Pesantren LP3IA Milik Gus Baha

Fasilitas Pondok Pesantren Gus Baha

Fasilitas yang ada di pondok pesantren ini selain ada pendidikan nonformal yakni mendalami kajian Agama Islam juga ada pendidikan formal dari tinggkat SMP dan SMA nama sekolah tersebut ialah MTs Nurussalam Mubarok dan MA Nururssalam Mubarok.

Selain ada pendidikan formal dan nonformalnya di pesantren ini juga memiliki gedung berukuran atau yang disebut dengan AULA bernama Aula Mbah Nur sekaligus bangunan sekolah, parkir, asrama laki-laki dan perempuan. Sehingga biaya pendaftaran untuk bisa menjadi santri di pondok pesantren ini secara lengkap bisa kalian kunjungi instagram resmi dengan akun @pp.tahfidzulquran.lp3ia

Ulasan Lengkap Tentang Pondok Pesantren LP3IA Milik Gus Baha

Beberapa ulasan lengkap dari pondok pesantren ini;

Bapak Sulton Azis

Maret 2023 Alhamdulillah bisa berkunjung ke tempat penuh barokah ini sekaligus bisa mendaftarkan anak mondok. Bangunan dan fasilitas pondok semakin baik. Bangunan baru 3 lantai utk MTS juga insya Allah siap digunakan.

Medi Suroso

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. Walaupun saya jauh di Magelang tapi Gus baha guru idola saya, saya belum pernah bertemu Gus baha tapi setiap saat saya memde garkan kajian ilmu Gus baha besar harapan saya semoga kajian-kajian ilmu yang disampaikan oleh Gus baha banyak yang di bagikan lewat media sosial karna bagi orang-orang seperti saya yg jauh sangat membutuhkamya.

 Amar Al-Idrus

Pondok pesantren milk gus baha ini tempat menimba ilmu. Khususnya ilmu agama. Tempat disini sangat asri, sejuk dan adem suasananya. karena memang berada di tengah-tengah desa/kampung jadi bagi orang tua bisa sangat mengedukasi untuk mondok disini.

Demikianlah penjelasan dan ulasan lengkap tentang lokasi, sejarah, dan fasilitas pondok pesantren Gus Baha di Rembang semoga saja pondok pesantren ini semakin berkembang dikemudian hari serta mampu untuk menjadi pondok pesantren terbaik di Jawa Tengah.

8 komentar untuk "Pondok Pesantren Gus Baha: Lokasi dan Fasilitasnya"

Anonim 29 Agustus 2023 pukul 22.07 Hapus Komentar
Assalamualaikum warahmatullahi wa kt,saya Slamet Sriyono, alamat perumahan Medang lestari Blok D 5 F/18, Medang, Pagedangan, Tangerang, setiap mau tidur ngikuti atau mendengarkan ngaji Gusbaha sampai saya terbawah mimpi ketemu nabi Muhammad Saw dan Nabi Isa Al-Masih duduk sejajar wajahnya Beliau mirip,tapi nabi Isa Al-Masih bikin tembok bait Allah beliau bersabda.moga Saya bisa ketemu kiyai Gusbaha mimpi beneran apa mimpi mimpian,
Anonim 11 Oktober 2023 pukul 02.46 Hapus Komentar
assalamualaikum wr,wb,saya juga tertarik ponpes gus baha'
Anonim 11 November 2023 pukul 20.42 Hapus Komentar
Batas umur untuk mondok di Pondok Pesantren LP3IA gus baha' kira" brapa ya kang?🙏
Arshalan 22 November 2023 pukul 10.07 Hapus Komentar
Asalamuallaikum warrahmatullah hiwabarakatu.
Saya sangat mengagumi gus baha
Ijinkan saya menggunaken nama gus Baha untuk Anak kedua saya yang niatnya akan sy beri nama Khalid Bahaudin Nur Sandi. Harapan saya sebagai orang tua terhadap anaknya kelak menjadi Anak yg pemberani dalam kebenaran, Ngalim Sholeh hafal Al Quran dan Hadist namun tetap santun dan sederhana seperti Gus Baha.
Semoga Allah Memudahken harapan kami sebagai orang tua agar anak anak kami kelak bisa mnuntut ilmu agama di pondok pesantren ini. Aamiin

Nurul 2 Desember 2023 pukul 03.05 Hapus Komentar
Bismillah,semoga kelak anak perempuan sy bisa mondok teng pondokipun gus baha
Anonim 25 Januari 2024 pukul 23.37 Hapus Komentar
Alhamdulillah jumat berkah alloh menuntun saya bisa melihat ponpesnya gus baha walau lewat Google dengan harapan anak saya perempuan dan laki2 ada yg bisa mondok di ponpes gus baha aamiinn
Anonim 30 Januari 2024 pukul 20.33 Hapus Komentar
Insya'allo mau berkunjung ke pon pes gus baha'
Anonim 31 Januari 2024 pukul 14.41 Hapus Komentar
Biaya pendaftaran ke ponpesnya brp ya?