15+ Pesantren Terbesar di Indonesia Terbaru dan Terlengkap

Pondok pesantren salafiah sejatinya ada sudah sejak lama, sejak pondok modern belum ada pondok pesantren model salaf ini sudah ada. Pondok pesantren ini muncul setelah para dai, mubaliqh dan juga wali yang datang dari luar negeri Ke Indonesia. Baru mulai ada Pondok pesantren ini. Pondok pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan yang sistem kurikulum yang telah disususn dengan baik.

Pondok pesantren ini tidak hanya mempelajari tentang ilmu akhirat namun juga tentang ilmu dunia juga. Sampai saat ini di Indonesia telah banyak di temukan pondok-pondok pesantren terbaik dan terbesar di Indonesia.

Pesantren Terbesar di Indonesia


Berikut ini adalah daftar nama-nama pondok pesantren terbesar dan terbaik yang di Indonesia adalah sebagai berikut;

Pondok Pesantren Modern Gontor

Pondok Pesantren Modern Gontor adalah salah satu pondok pesantren tertua di Indonesia yang berdiri pada tanggal 10 april 1926 di daerah Ponorogo Jawa Timur. Pondok Pesantren Modern Gontor ini didirikan oleh tiga bersaudara keturunan dari Kiyai Santoso Anom yang sering disebut juga sebagai Trimurti.

Pondok Pesantren Modern Gontor adalah salah satu pondok pesantren yang telah menjadi pelopor dari pondok pesantren modern yang ada saat ini. Pondok Pesantren Modern Gontor ini pada zaman dahulu di sebut dengan nama pondok Darussalam Gontor.

Sistem yang di gunakan di dalam Pondok Pesantren Modern Gontor ini berjalan dengan baik, hal inilah yang membuat pondok pesantren ini memiliki cukup banyak santri yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Pondok Pesantren Modern Gontor adalah salah satu pondok yang memiliki berbagai macam jenis peraturan, diantaranya adalah dalam kehidupan sehari – hari dianjurkan untuk menggunakan dua bahasa yaitu bahasa arab dan juga bahasa inggris dan disiplin dengan stiap kegiatan yang akan dilakukan. 
   
Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan

Pondok Pesantren Sidogiri adalah salah satu pondok pesantren yang didirikan oleh Sayyid Suliman yang berasal dari Cirebon. Pondok Pesantren Sidogiri didirikan oleh seorang kiyai yang bernama Kiyai Aminullah. Pondok Pesantren Sidogiri ini didirikan pada tahun 1745.

Pondok Pesantren Sidogiri juga merupakan salah satu pondok pesantren tertua yang ada di Pasuruan dan sampai saat ini Pondok Pesantren Sidogiri ini masih terus berkembang. Pondok Pesantren Sidogiri adalah salah satu pondok pesantren yang mempertahankan sistem pendidikan salaf murni, yang telah mengkaji berbagai jenis pendidikan agama islam.

Pondok Pesantren Sidogiri adalah salah satu pondok pesantren yang telah berhasil membentuk santri untuk selalu mandiri secara finansial berkat bisnis yang di bangun oleh sebuah yayasan. 

Pondok Pesantren Langitan, Tuban

Pondok Pesantren Langitan adalah salah satu pondok pesantren lembaga islam tertua di Indonesia. Pondok Pesantren Langitan ini berdiri pada tahun 1852. Pondok Pesantren Langitan ini terletak  di Dusun Mandungan , Desa Widang, Kecamatan Widang, Tuban, Jawa Timur. Pondok Pesantren Langitan ini memiliki luas wilayah sampai 7 hektar.

Pemimpin dari Pondok Pesantren Langitan ini adalah Abdullah Faqih, yang memiliki kharismatik yang sangat baik dan sangat disegani oleh banyak orang bahkan pejabat- pejabat juga sangat segan dengan pemimpin Pondok Pesantren Langitan ini.

Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri

Pondok Pesantren Lirboyo adalah salah satu pondok pesantren yang telah berdiri pada tahun 1910. Pondok Pesantren Lirboyo ini terletak di Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur. Pondok Pesantren Lirboyo ini mulai dibentuk di desa lirboyo ini makanya di berinama Pondok Pesantren Lirboyo.

Pondok ini sudah ada sejak sebelum kemerdekaan Indonesia. Bahkan Pondok Pesantren Lirboyo ini ikut berperan dalam peristiwa- peristiwa kemerdekaan tersebut. Pada saat terjadi perang tanggal 10 November 1945 Pondok Pesantren Lirboyo mengerahkan seluruh santri –santrinya untuk turut bergerak melawan para penjajah.

Pondok Pesantren Lirboyo adalah salah satu pondok pesantren yang menggabungkan antara tradisi dan juga pada zaman yang telah modern saat ini. Sehingga Pondok Pesantren Lirboyo ini telah menghasilkan lulusan yang berkualitas baik itu dalam bidang agama ataupun bidang sosial.  

Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang

Pondok Pesantren Tebuireng adalah salah satu pondok pesantren yang paling besar di Kabupaten Jombang. Pondok Pesantren Tebuireng ini didirikan pada tahun 1899 yang didikiran oleh salah satu ulma besar yang memiliki kharismatik yang sangat bagus yaitu Hasyim Asy’ari yang merupakan pendiri dari organisasi NU atau Nahdlatul Ulama.

Selain mempelajari pendidikan agama islam dan juga syariat islam Pondok Pesantren Tebuireng ini juga mempelajari tentang pendidikan umum. Bahkan perlu diketahui jika Pondok Pesantren Tebuireng telah memberikan kontribusi untuk Indonesia dengan santri didiknya tersebut. 

Pondok Pesantren Al- Anwar, Serang

Pondok Pesantren Al- Anwar adalah pondok pesantren yang didirikan pada tahun 1967 oleh KH. Maimun Zubair. Pondok Pesantren Al- Anwar ini terletak di Desa Karangmangu Serang Rembang Jawa Tengah. Awal mulanya pondok ini adalah sebuah kelompok pengajian yang mulai dirintis oleh Ahmad Syuaib dan KH. Zubair Dahlan.

Berkat dukungan dari masyarakat itulah di bangun sebuah pondok pesantren yang berkembang sangat pesat sampai saat ini. Bahkan Pondok Pesantren Al- Anwar adalah salah satu pondok terbesar yang ada di Indonesia dengan prestasi yang di miliki juga cukup bagus. 

Pondok Pesantren Nur El Falah Banten

Pondok Pesantren Nur El Falah Banten salah satu pondok yang berdiri pada tahun 1943 yang didirikan oleh Alm. KH. Abdul Kabier yitu tokoh yang telah mendirikan banten dan juga murid dari Pendiri Nadhatul Ulama yaitu KH. Hasyim ASHARI. Pondok Pesantren Nur El Falah Banten ini terletak di Kp. Kubang Ds. Kubang Jaya Kecamatan Petir Kabupaten Serang Banten.

Tujuan dari dibangunnya Pondok Pesantren Nur El Falah Banten adalah untuk membentuk santri agar menjadi kader ulama yang intelektual sesuai dengan visi misi dari Pondok Pesantren Nur El Falah Banten ini.

Apalagi Pondok Pesantren Nur El Falah Banten akan membentuk pesantren dengan berbasis teknologi jadi seluruh kegiatan yang di lakukan oleh santri akan dapat dilihat oleh hadphon bahkan handpone dorang tua juga. Sehingga segala sesuatu yang di lakukan akan dapat di tangani dengan baik. 
Pondok Pesantren La Tansa, Banten

Pondok Pesantren La Tansa adalah pondok pesantren yang terletak di daerah Parakansantri Cipanas, Lebak, Banten. Pondok Pesantren La Tansa ini didirikan oleh Drs. K. H Ahmad Rifai Arief kemudian setelah wafat baru pondok pesantren ini diambil alih oleh K.H. Sholeh , S. Ag. Pondok Pesantren La Tansa adalah pondok pesantren yang telah berdiri di bawah naungan dari Yayasan La Tansa Mahiro. 

Pondok Pesantren Dear El Qolam, Banten

Pondok Pesantren Dear El Qolam adalah salah satu pondok pesantren yang terlatak di banten lebih tepatnya di desa Pasir Gintung, Kecamatan Jayati Kabupaten Tanggerang Banten. Pondok Pesantren Dear El Qolam adalah salah satu pondok pesantren yang didirikan pada tanggal 20 Januari tahun 1968.

Kemudin pada tanggal 15 Juni 1997 pendiri sekaligus perintis Pondok Pesantren Dear El Qolam ini meninggal dunia. Dan baru kemudian Pondok Pesantren Dear El Qolam ini pindah alih kepada pemimpin yang selanjutnya. 
Pondok Pesantren Al Ihya Ulumuddin, Cilacap

Pondok Pesantren Al Ihya Ulumuddin adalah pondok pesantren yang didirkan pada tanggal 24 November 1925 dan didirikan oleh K. H Badawi Hanafi. Pondok Pesantren Al Ihya Ulumuddin ini terletak di desa kesugihan kecamatan kesugihan kabupaten cilacap.

Pondok Pesantren Al Ihya Ulumuddin adalah salah satu pondok pesantren yang sering disebut juga dengan pondok pesantren kesugihan. Kemudian setelah K. H Badawi Hanafi ini meninggal barulah Pondok Pesantren Al Ihya Ulumuddin pindah alih kepada anaknya yaitu K.H. Chasbulloh Badawi dan juga K.H Ahmad Mustholih. Dan masih tetap berkembang dari tahun ketahun.

Nah, itulah tadi informasi mengenai nama-nama pondok pesantren terbesar di Indonesia, semoga melalui artikel ini memberikan referensi kepada segenap pembaca yang sedang mencari tentang info ponpes. Trimakasih, 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "15+ Pesantren Terbesar di Indonesia Terbaru dan Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel