5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Sidoarjo yang Bagus


Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu daftar nama kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang berbatasan dengan Kota Surabaya di bagian utara. Di Kabupaten Sidoarjo masih berdiri kokoh bangunan pesantren paling tua di Jawa Timur dan masih digunakan hingga saat ini.

Dari pesantren inilah lahir tokoh-tokoh islam hebat yang berdakwah tidak hanya di tanah janah jawa melainkan seluruh Indonesia. Selain keberadaan pesantren tertua di Jawa Timur, di kabupaten ini juga banyak pondok pesantren lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, nah Anda harus simak beberapa daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Sidoarjo di bawah ini.

Pesantren di Kabupaten Sidoarjo


Terdiri dari 18 kecamatan, pesantren di Kabupaten Sidoarjo terletak di sejumlah kelurahan serta desa di Kecamatan Krian, Candi, Porong, Sidoarjo, dan lainnya. Pendidikan pesantren memang terkenal disiplin dan ketat dalam mendidik santriwan dan santriwati.

Namun, itu semua demi kebaikan santri agar kelak saat terjun di masyarakat dapat menjadi pribadi yang berilmu, berakhlak mulia, dan bermanfaat untuk sesama.

Anda dapat menentukan untuk mendaftar di pesantren yang dekat dengan tempat tinggal atau yang memiliki sistem pendidikan agama yang sesuai dengan keinginan Anda.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Sidoarjo


Lantas, apa saja pondok pesantren yang ada di Jawa Timur, khususnya Kabupaten Sidoarjo? Inilah beberapa daftarnya.

Pondok Pesantren Al-Hidayah

Pondok pesantren di Kabupaten Sidoarjo yang pertama adalah Al Hidayah terletak di Jalan Raya KH. Ma’shum Ahmad, Kecamatan Tanggulangin. Ponpes ini didirikan oleh KH. Ma’shum Ahmad pada tanggal 28 Januari 1975, pesantren ini dilanjutkan oleh keponakannya KH. M. Syafi’ Misbah  sepeninggal beliau pada tahun 1996.

Pondok pesantren Al-Hidayah memiliki lembaga pendidikan Madrasah Diniyah, TPQ, Madrasah Tsanawiyah Salafiyah, serta Madrasah Aliyah Salafiyah.

Pondok Pesantren Al-Fattah

Salah satu pondok pesantren populer di Kabupaten Sidoarjo berikutnya bernama Al Fattah yang lokasinya pun lumayan strategis, yaitu di Dusun Gesing, Desa Banjarsari, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo.

KH Muhtarom dan Ust. Drs. H. Ainun Rofik merupakan pengasuh dari pesantren yang juga menyelenggarakan pendidikan formal SMP dan SMA Pesantren Al Fattah.

Pondok Pesantren Jabal Noer

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Sidoarjo selanjutnya adalah ponpes Jabal Noer yang didirikan pada tahun 1992. Dari awal berdiri hingga sekarang, jumlah santri yang mondok semakin banyak dengan perkembangan yang cukup pesat.

Lembaga pendidikan yang diselenggarakan pesantren Jabal Noer seperti TPQ, diniyah, Play Group, TK Islam, MTs, dan MA. Pesantren yang beralamat di Jl. Mangga 16/02 Geluran Taman Sidoarjo ini juga memiliki program Tahfidh Al Quran, Majelis Ta'lim, serta Majelis Dzikir.

Pondok Pesantren Al-Khoziny

Selanjutnya ada Pondok pesantren Al Khoziny yang didirikan pada tahun 1927 oleh KH R. Mohammad Abbas Khozin. Pesantren ini berada di Desa Buduran, Kecamatan Sidoarjo yang letaknya lumayan strategis hanya 50 meter dari jalan raya utama jalur Sidoarjo-Surabaya.

Saat ini, Pondok Pesantren Al-Khoziny diasuh oleh KH. R. Khozin  Khoiruddin, K.H. Moch Abbas, K.H Abdul Mujib Abbas, serta KH. R. Abd. Salam Mujib. Pesantren ini tepatnya berada Jl. KHR. Moh Abbas I/18, Buduran, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, nomor telepon  (031)-8921560.

Pondok Pesantren Al Hamdaniyah

Pondok pesantren yang akan diulas terakhir merupakan pesantren paling tua di Provinsi Jatim, yaitu Pondok Pesantren Al-Hamdaniyah. Jika Anda melihat banguanan tua pesantren, rasanya tidak ada hal istimewa dari tempat ini. Namun, sejarah dibalik pesantren inilah yang menjadikannya sangat istimewa.

Pondok Pesantren Al-Hamdaniyah adalah salah satu pesantren yang menghasilkan ulama-ulama besar yang berpengaruh pada sejarah perkembangan agama islam di tanah air. Salah satu ulama tersebut adalah KH. Hasyim Asyari yang merupakan pendiri ormas islam terbesar di tanah air, Nahdatul Ulama.

Kini, jumlah santri putra dan putri yang mukim di pesantren sekitar 200an orang dari berbagai daerah.

Pengasuh dari Pondok Pesantren Al-Hamdaniyah saat ini adalah KH. Hasyim Fakhrurrozi. Ponpes Al-Hamdaniyah berada di Jl. KH Hamdani No.9, Siwalanpanji, Kecamatan Buduran, Sidoarjo yang lokasinya bersebelahan dengan PP Al-Khoziny.

Bagaimana, minat mendaftar di pondok pesantren? Semoga informasi beberapa daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Sidoarjo di atas dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin memberikan pendidikan terbaik untuk putra/i nya. Trimakasih,

3 Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Sidoarjo yang Bagus"

  1. Mohon dikoreksi untuk Ponpes Al Fattah Sdoarjo, pengasuhnya ialah KH Muhtarom dan Ust. Drs. H. Ainun Rofik. Syukron

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih atas masukannya. Sudah kami perbaiki kak :)

      Hapus
  2. ada lagi lo yang terlewat kan.tolong koreksi lagi

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel