5+ Pondok Pesantren di Jakarta Selatan yang Terkenal

Pesantren di Jakarta Selatan

Pesantren adalah salah satu bentuk lembaga pendidikan tertua yang ada di Indonesia. Selain itu, terdapat sebutan khusus untuk murid yang belajar di pesantren, yaitu santri. Selain dibekali ilmu agama, para santri akan belajar mengenai kebiasaan hidup yang teratur, disiplin, dan penuh tanggung jawab selama di pesantren.

Oleh karena itu, diharapkan kebiasaan positif tersebut dapat terus melekat pada santri meskipun telah lulus dari pesantren. Membicarakan daftar nama pondok pesantren di Jakarta Selatan jumlahnya lumayan banyak, yaitu ada 20 pesantren yang terdaftar di kota administratif ini. Nah, apa saja profil pondok pesantren di Jakarta Selatan, berikut informasi selengkapnya.

Pesantren di Jakarta Selatan


20 pesantren yang resmi terdaftar di Jakarta Selatan ini memiliki ciri khas dan sistem yang berbeda-beda. Ada yang hanya menyelenggarakan pendidikan pesantren, namun ada juga yang mengkombinasikan antara pendidikan pesantren dengan sekolah formal.

Hal tersebut dapat disesuaikan dengan preferensi masing-masing ingin mendaftrakan sang buah hati pada jenis pesantren di Jakarta Selatan yang seperti apa.

Daftar Pondok Pesantren di Jakarta Selatan


Berikut ini profil lengkap beberapa pesantren yang ada di Jakarta Selatan, antara lain:

Pondok Pesantren Al-Musyarrofah

Pendirian Pondok Pesantren Al-Musyarrofah awalnya hanya kegiatan syiar agama kepada para pemuda setempat oleh Kiai Ahmad Nawawi yang saat itu juga masih muda. Masyarakat di daerah beliau tinggal sangat menyambut baik dakwah yang dilakukannya.

Berawal dari sebuah pondok kecil, beliau memberikan ilmu agama sekaligus ilmu memanfaatkan alam dengan baik seperti berkebun, beternak, dan bercocok tanam kepada para santrinya.

Akhirnya, pada tahun 1998 dimana pesantren semakin berkembang dan maju, beliau mendaftarkan pesantren dengan nama Yayasan Al-Musyarrofah. Yayasan ini juga mendirikan lembaga pendidikan formal seperti SMK Plus, MTs, MI, dan RA.

Pondok Pesantren Al-Musyarrofah beralamat di Jl. H. Mukhtar Raya Gang H, Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, nomor telepon (021) 22540083-5856768.

Pondok Pesantren Miftahul Ulum

Daftar nama pondok pesantren di Jakarta Selatan selanjutnya terletak di Jalan Madrasah No.17, Gandaria Selatan, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Pesantren ini didirikan pada tahun 1980 oleh K.H. Ishaq Yahya yang kini terdaftar sebagai sebuah lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Manaratul Islam.

Sistem pembelajaran di Pondok Pesantren Miftahul Ulum awalnya adalah sorogan, namun karena jumlah santri semakin banyak kemudian sistem pembelajaran pun diganti menjadi klasikal.

Yayasan ini semakin besar dan mendirikan berbagai lembaga pendidikan non-formal dan formal dari RA hingga Madrasah Aliyah.

Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah

Berikutnya, ada Pondok Pesantren Al Tsaqafah yang diasuh dan didirikan oleh KH Said Agil Siradj pada tahun 2011. Selain pesantren, beliau juga membangun sekolah peradaban Madarasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah dengan menggunakan sistem pembelajaran terintegrasi.

Pondok Pesantren Al Tsaqafah beralamat di Jl Muhammad Kafi I No. 22, Cipedak, Kecamatan Jagakarsa, 12630 Jakarta Selatan, nomor telepon (021)7888 2846 / 0822 4949 7770.

Pondok Pesantren Islam An-Nuriyah

Pesantren satu ini terletak di Jl. Timbul No.60, RW.3, Cipedak, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630. Mulai dibentuk untuk pertama kali adalah pada tahun 1987 yang pada saat itu merupakan kelompok pengajian dengan kegiatan memberi santunan kepada anak yatim dan lansia.

Kemudian, pada tahun 1994 diresmikan yayasan yang menaungi kegiatan ini bernama Yayasan An – Nuriyah.

Yayasan semakin berkembang pesat dan mendirikan banyak lembaga pendidikan yang berada di bawah naungannya seperti TK, SDI, SMPI, SMK, Panti Asuhan, dan Pesantren. Untuk Pondok Pesantren Islam An-Nuriyah sendiri didirikan pada tahun 1999.

Pondok Pesantren Al Mahbubiyah

Daftar pesantren di Jakarta Selatan yang akan diulas berikutnya adalah Pondok Pesantren Al Mahbubiyah. Pesantren satu ini didirikan oleh KH. Dr. Manarul Hidayat pada tahun 1989 di Cilandak Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Jumlah santri yang mukim di sini adalah 152 orang terdiri dari 96 orang santri putri dan 56 orang santri putra. Pondok Pesantren Al Mahbubiyah juga memiliki lembaga pendidikan formal meliputi TK, SD Azhari Islamic School, MI Nurul Hidayah, MTs Nurul Hidayah, SMK Informatika Yasma, dan STAI Al Hikmah.

Bagaimana, apakah ada salah satu dari daftar nama pondok pesantren di Jakarta Selatan tersebut yang menarik minat Anda.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Jakarta Selatan yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel