Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Tips Memperkenalkan Aneka Profesi Kepada Anak

Ketika waktu kecil orangtua sangat mengharapkan anak ingin menjadi polisi, Guru, Tentara, Dosen, Kyai, Ust, Pendakwah, dan lain-lain. Namun harapan orang tua belum tercapai untuk anak, apakah ada cara yang lain untuk menegalkan agar ketika anak disaat menuju masa remaja, anak sudah ada gambaran.

Kali ini ada pernyataan dan pertanyaan bahwa Apa yang dilakukan sekarang suatu saat akan ada imbasnya dari pengalaman anak. Nah, ada cara lain untuk mengubah dengan cara kreatif yaitu Pengenalan profesi yang merupakan salah satu materi pembelajaran di PAUD.

Tips Memperkenalkan Aneka Profesi Kepada Anak


Pengenalan profesi juga sangat penting bagi anak-anak usia dini, karena dengan semakin banyak mengenal aneka profesi, maka anak-anak akan semakin memiliki banyak gambaran tentang mau jadi apa mereka kelak. Keinginan “mau jadi apa kelak” ini lebih dikenal dengan sebutan cita-cita. Ada aneka cara unik dan kreatif yang bisa dilakukan orang tua untuk mengenalkan cita-cita kepada anak.

Memperkenalkan dengan Aplikasi


Memperkenalkan profesi dengan sebuah aplikasi. Sebuah perusahaan pengembang aplikasi pendidikan terbesar di Indonesia, Educa Studio, baru-baru ini merilis sebuah aplikasi yang memungkinkan anak untuk mengenal aneka profesi. Salah satu aplikasi yang terbaru adalah “Marbel Polisi”.

Kak Andi Taru, CEO dari Educa Studio berpendapat, “Melalui aneka macam permainan, anak-anak akan semakin mampu mengembangkan imajinasi mereka. Anak-anak tidak hanya akan mengenal siapa itu “polisi”.

Namun anak-anak juga akan diajak untuk mengenal apa tugas mereka, alat-alat yang digunakan, tempat mereka bekerja, dan aneka pengetahuan lainnya tentang suatu profesi yang banyak digemari oleh anak-anak.”

Aplikasi ini bisa di-download GRATIS. Dengan tampilan grafis dan iringan musik yang keren, aplikasi ini pasti akan menjadi favorit sang buah hati. Selain Marbel Polisi, masih banyak aneka profesi yang bisa Anda perkenalkan kepada sang buah hati yang telah dirilis pada bulan-bulan sebelumnya, yaitu: Marbel Pemadam Kebakaran, Marbel Belajar Profesi, Marbel Dokter Telinga, Marbel Dokter Mata dan Marbel Kereta Api.

Mengajak Anak Ke Tempat Kerja


Tips kedua ialah mengajak anak ke tempat kerja orang tua. Sesekali, orangtua bisa mengajak anak ke tempat kerja. Hal ini bisa membuat anak memahami betapa keras perjuangan orang tua untuk mendapatkan uang atau untuk bisa membiayai kehidupan sehari-hari di dalam sebuah keluarga. 

Anak-anak juga akan memahami apa yang Orangtua lakukan di tempat bekerja, cara orangtua bersosialisasi dengan rekan kerja, aneka peralatan bekerja, macam-macam ruangan di suatu kantor, dan lainnya.

Melatih Mempraktekan Pekerjaan


Melatih anak mempraktekkan suatu pekerjaan. Sesekali kita bisa mengajak anak pergi ke salon. Biarkan sang buah hati memperhatikan apa yang dilakukan oleh seorang hairstayller atau barbershop pada rambut.

Misalnya saat mereka mengeramasi rambut Anda dan memijat kepala Orangtua. Sesampai di rumah, ajak anak untuk menerapkan apa yang mereka lihat di salon. Ada suatu kata mutiara yang mengatakan bahwa, “Dengan menerapkan, anak akan semakin mudah mengingat.”.

Itu hanyalah salah satu contoh pembelajaran bagi anak dengan cara menerapkan. Anda bisa mengajak anak mempraktekkan banyak hal dan dengan berbagai media. Saat ini ada banyak mainan yang memungkinkan anak untuk menerapkan  suatu profesi, misalnya mainan dokter-dokteran, mainan masak-masakan, dan lainnya. Oleh karena iulah ajaklah sang buah hati bermain bersama Anda dengan mainan tersebut, maka semakin banyak pengetahuan yang akan mereka dapatkan.

Menggunakan Media Dongeng

Menggunakan media dongeng atau film. Ada banyak dongeng yang bertemakan profesi. Begitu juga dengan film bertemakan profesi. Dengan mengajarkan anak melalui media dongeng maupun film yang bertema profesi, anak-anak akan semakin memahami berbagai macam profesi. Media dongeng dan film sangat perlu, karena media ini sangat menarik bagi anak-anak di zaman digital ini, apalagi media dongeng yang disajikan dalam bentuk film.

Mengajak Berbelanja


Mengajak Anak Berbelanja. Ajaklah anak berbelanja, baik di supermarket maupun di pasar tradisional. Selain agar anak-anak memahami perbedaan pasar modern dan pasar tradisional, anak-anak juga akan semakin banyak mengenal aneka pekerjaan yang unik dan berbeda.

Di supermarket, anak-anak hanya akan menemukan pekerjaan, seperti pramuniaga, kasir, satpam, atau tukang parkir. Namun di pasar tradisional, anak-anak bisa menemukan penjual ayam, penjual sayur, penjual barang kelontong, penjual baju, dan aneka “penjual” atau “tukang” lainnya. Jangan lupa, mintalah anak membawa buku catatan (bila bisa menulis) untuk mencatat aneka profesi yang mereka temukan.

Anda juga bisa memanfaatkan teknologi canggih, yaitu mobile phone, untuk mengambil gambar aneka profesi yang ada di pasar modern atau berbagai kegiatan yang ada di dalam bentuk pasar tradisional.

Demikianlah tulisan mengenai Tips Memperkenalkan Aneka Profesi Kepada Anak. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan manfaat kepada setiap membaca yang sedang mencari refrensi mengenai "Tips Mendidik Anak". Adapun penulis dalam artikel ini adalah Nur Hafidz Mahaswa yang saat ini belajar di IAIN Purwokerto dan ia aktif di Relawan Pustaka Wadas Kelir. Trimakasih, 

Posting Komentar untuk "5+ Tips Memperkenalkan Aneka Profesi Kepada Anak"