Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16+ Pesantren Terbaik di Bandung Modern dan Salafiyah yang Menjadi Pilihan

Pesantren Terbaik di Bandung
Daerah Bandung yang berada di Provinsi Jawa Barat bukan hanya di kenal sebagai daerah pariwisata yang bagus, akan tetapi ada juga daftar nama-nama pondok pesantren yang dikenal memiliki sejumlah kwalitas pendidikan terbaik.

Atas alasan itulah, maka tak khayal banyak sekali orangtua di Indonesia yang menitipkan anaknya untuk tinggal di pesantren berada di Provinsi Jawa Barat ini.

Pesantren di Bandung


Adapun daftar dari nama-nama Ponpes di Bandung yang juga memiliki pesantren yang sangat baik untuk kemajuan masyarakat yang ada di sekitar bandung. Karena pada dasarnya pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bukan hanya alam pendidikan yang umum saja namun juga untuk pendidikan yang berkaitan tentang agam juga ada di dalam pesantren.

Nama Pesantren di Bandung, Jawa Barat

Maka dari itu banyak masyarakat yang memilih pondok pesantren untuk pendidikannya tersebut. Adapun 15 pesantren yang ada di Bandung adalah sebagai berikut;

1. Pondok Pesantren Darurat Tauhid Bandung

Pesantren Darurat Tauhid Bandung adalah salah satu pesantren yang mengedepankan tentang dakwah,tauhid dan yang berhubungan tentang keagamaan. Bahkan di dalam pesantren ini juga mempelajari tentang ilmu sosial.

Maka dari itu tidak heran jika pesantren ini termasuk kedalam pesantren yang memiliki keunikan dan juga ciri khas tersendiri. Apalagi untuk perekonomian yang ada di pesantren ini cukup bagus dari tahun ke tahunya.

Pesantren Darurat Tauhid Bandung adalah salah satu pesantren yang santri nya memiliki sifat mandiri dan juga semangat dalam berwirausaha. Hal ini lah yang membuat perekonomian di pesantren Darurat Tauhid Bandung ini stabil.

2. Pondok Pesantren Al-Ihsan Islamic Boarding School

Pesantren Al Ihsan Islamic Boardinh School adalah salah satu pesantren yang memiliki keunggulan tersendiri. pesantren ini dibuka pada saat ada tiga orang yang berasal dari pondok pesantren yang ad di gontor datang ke pesantren Al Ihsan Islamic Boardinh School ini, dan mengembangkan pesantren Al Ihsan Islamic Boardinh School men jadi pesantren yang memiliki kualitas pendidikan yang baik. 

Pendidikan agama yang bagus dan cara mempelajari pendidikan umum juga sesuai dengan kurikulum yang ada di pemerintahan. Maka dari itu tidak heran jika pondok ini adalah pondok favorite yang ada di Bandung.

3. Pesantren Al Ma’soem Bandung

Di dalam pesantren Al Ma’soem Bandung ini terdapat beberapa jenjang pendidikan di antaranya adalah TK, SD, SMP, SMA yang di langsakan setiap hari. Fasilitas yang tersedia di dalam pesantren Al Ma’soem Bandung ini sangat lengkap sehingga tidak heran jika memang banyak dari daerah bandung yang ingin menambah ilmu pendidikannya di pesantren Al Ma’soem Bandung ini.

Bukan hanya itu saja di pesantren Al Ma’soem Bandung ini bukan hanya tentang pendidikan umumnya saja namun untuk agama ada di pondok pesantren Al Ma’soem Bandung ini. Sehingga para santri akan di latih untuk selalu bersikap baik, memiliki akhlaq yang baik dan juga cerdas.

4. Pondok Pesantren Nasihatun Nadiyah

Letak dari pesantren pesantren Nasihatun Nadiyah adalah di daerah Jalan Astana Anyar 156 Bandung, Provinsi Jawa Barat. Untuk biaya pendaftaran sekaligus tinggal di pesantren ini cukup terjangkau bagi sebagai masyarakat.

5. Pondok Pesantren Baitul Hidayah

Pesantren merupakan salah satu pendidikan yang sampai saat ini masih di akui baik untuk perkembangan anak. Apalagi digunakan untuk melatih mereka untuk berfikir mandiri dan juga bertanggung jawab.

Pesantren memang ada dalam berbagai bentuk namun di samping itu tujuan dari di bentuknya pesantren ini hanya untuk kebaikan masyarakat yang ada.

Tidak heran jika banyak saat ini yang orang tuanya menitipkan anakanya di pondok pesantren dengan alasan hanya ingin melihat anaknya tubuh baik dan berakhlaq yang baik. Maka dari itu di bentuk pesantren Baitul Hidayah ini di bandung untuk kemajuan masyarakat yang ada di sekitar.

6. Pondok Pesantren Nasrulloh

Pondok pesantren Narulloh terletak di Jalan Babakan Radio 37 RT 006/07, Pasir Kaliki, Cicendo Bandung, Provinsi Jawa Barat.

7. Pondok Pesantren Al-Islam Bandung

Pesantren Al Islam Bandung adalah salah satu pendidikan yang yang mengembangkan pendidikannya dalam bidang al- quran dan juga hadist. Bukan hanya itu saja namun juga pendidikan tentang umum untuk penunjang dalm kehidupan sehari-hari.

Dalam pesantren Al Islam Bandung ini memiliki visi dan misi. Visi dari pesantren Al Islam Bandung ini adalah untuk mewujudkan generasi muslim yang sholih dan juga sholehah serta berilmu dan berakhlaq mulia.

Kurikulum yang digunakan di pesantren Al Islam Bandung ini adalah menggunakan kurikulum umum yang digunakan oleh kerajaan saudi arabia. pesantren Al Islam Bandung Ini Terletak Di Kampung Pesantren Desa Cimeker Rt O5 Rw 10 Kecamatan Cileunnyi Kabupaten Bandung Jawa Barat.

8. Pesantren Al Bad Ul Ulum

Pesantren Al Bad Ul Ulum ini adalah salah satu pondok yang terletak di Jl. Ciranteun 16 Rtoo3/007 Bandung. Pondok Pesantren Al Bad Ul Ulum ini memiliki santri yang cukup banyak.

Bukan hanya itu saja visi misi yang dimiliki oleh Pesantren Al Bad Ul Ulum ini cukup baik yaitu untuk mencerdaskan, melatih rasa tanggung jawab dan juga agar bersikap madiri dan memiliki sikap disiplin dan sifat kepemimpinan yang ada dimiliki akan terlihat dan tercapai.

9. Pesantren An-Nur

Pesantren An Nur adalah salah satu pesantren yang terdapat jenjang pendidikan mulai dari pendidikan agama sama dengan pendidikan umum. Untuk pendidikan umum telah ada beberapa jenjang pendidikan mulai dari pendidikan TK sampai dengan SMA.

Beberapa tahun yang lalu belum ada pendidikan untuk jenjang SMA, Namun seiring dengan perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kualitas pesantren maka dibentuklah jenjang yang lebih tinggi lagi. Pesantren An Nur ini terletak di Jalan Adikacih 18 Rt 004/01 Bandung.

10. Pondok Pesantren Diniyah Al-Ikhlas

Pesantren Diniyah Al-Ikhlas adalah salah satu pesantren yang terletak di Jalan Ancol Utara 1 B1 36-D/41 Bandung. Pesantren ini adalah salah satu pesantren yang memiliki banyak sekali santri. Didalam pendidikan yang di lakukan oleh pesantren ini juga masih menggunkan kurikulum yang sesuai dengan kebijakan dari pemerintahan.

Bukan hanya itu saja pondok pesanteren ini memiliki beberapa pengurus yang lengkap sehingga pondok ini tidak kekurangan pengurus.

11. Pondok Pesantren Pesantren Baiturrohman

Pesantren Baiturrohman adalah salah satu pesantren yang memiliki visi misi yang sangat bagus. Pondok pesantren Baiturrohman ini terletak di Jalan Paledang 8 Bandung. Pondok ini memiliki jenjang pendidikan mulai dari SMP dan juga SMA. Sehingga pondok pesantren ini adalah salah satu pondok dengan kualitas terbaik di daerahnya tersebut.

12. Pondok Pesantren Cikapayang

Pesantren Cikapayang terletak di Jalan Gagak 126 Bandung. Awal terbentuknya pondok Pesantren Cikapayang ini adalah rumah yang sederhana yang kemudian di gunakan untuk tempat mengaji yang kemudian seiring berjalannya waktu dan dukungan dari masyarakat sekitar baru lah dibentuk sebuah pesantren agar santri yang ada dapat terkondisikan.

13. Pondok Pesantren Lanatul Thalibin

Pesantren Lanatul Thalibin adalah salah satu pondok pesantren yang terletak di Jalan Terusan kopo km 8,3 rt 001/06 Margahayu selatan Kota Bandung.

14. Pondok Pesantren Nurul Huda

Pondok pesantren Nurul Huda adalah salah satu pondok pesantren yang terletak di Jl Kalipah Apo Gg Pamarset 16 Bandung. Pesantren Nurul Huda adalah pesantren yang dari tahun ketahun memiliki banyak sekali kemajuan.

Dalam pendidikannya saja sudah ada jenjang pendidikan mulai dari TK sampai dengan SMA. Santri yang ada di pondok ini juga cukup banyak sehingga tidak heran jika pesantren Nurul Huda ini semakin berkembang.

15. Pondok Pesantren Tarbiyatul

Pesantren Tarbiyatul adalah salah satu pondok pesantren yang terdapat di bandung dan juga salah satu pondok pesantren yang paling terkenal disana. Pesantren Tarbiyatul ini terletak di JL. Dr Setiabudi XIV km 10,2/17 Bandung.

Pesantren Tarbiyatul ini adalah salah satu pesantren yang selalu mengedepankan tentang pendidikan agama, namun juga terdapat pendidikan umumnya. Kurikulum yang ada di dalam pondok ini sama dengan yang telah di tentukan oleh pemerintahan.

16. Pondok Pesantren Tahfidz Al-Quran Assalaam

Informasi tentang adanya pondok pesantren bebasis sekolah yang ada di Kota Bandung lainnya ialah Pondok Pesantren Tahfidz Al Quran Assalaam. Dimana pendidikan formal untuk sekolahnya ada tingkatan MTs (Madrasah Tsanawiyah) yang beralamatkan di Jalan Mandala VI No.132, Jatihandap, Kec. Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat.

Untuk informasi penerimaan santri baru di pesantren ini tentusaja bisa dilakukan dengan menghubungi nomor CS berikut +6285798183999

Demikianlah daftar tentang nama-nama pondok pesantren yang ada di Bandung, Provinsi Jawa Barat. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan infomasi sekaligus rekomendasi dari nama ponpes di Pulau Jawa.

Posting Komentar untuk "16+ Pesantren Terbaik di Bandung Modern dan Salafiyah yang Menjadi Pilihan"