Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Pondok Pesantren Terbaik di Nusa Tenggara Barat (NTB) Menjadi Pilihan

Daftar Pondok Pesantren di Nusa Tenggara Barat

Provinsi Nusa Tenggara Barat terkenal dengan wisata alam gunung rinjani ini memiliki tingkat pendidikan yang sudah berkembang. Dari segi pendidikan agama sendiri, Provinsi ini memiliki banyak sekali pondok-pondok pesantren yang trsebar di berbagai wilayah.

Disisi lainnya yang perlu diketahui bahwa setidaknya NTB (Nusa Tenggara Barat) menduduki peringkat ke 6 sebagai provinsi dengan jumlah pondok pesantren di Indonesia. jumlah tersebut beda tipis dengan wilayah Lampung yang memiliki sekitar 676 pondok pesantren.

Pondok Pesantren di Nusa Tenggara Barat

Berdasarkan data dari kemenag, wilayah NTB memiliki jumlah pesantren sekitar 684 pesantren yang tersebar di 12 kabupaten/kota. Jumlah ini cukup besar dibandingkan dengan wilayah Nusa Tenggara Timur yang hanya terdapat 27 pesantren. 

Daftar Pondok Pesantren di Nusa Tenggara Barat

Daftar pondok pesantren yang ada di Nusa Tenggara Barat antara lain: 

1. Pondok Pesantren Nurul Hakim 

Pertama, ada pondok pesantren Nurul Hakim yang beralamat di Jalan Taruna No. 5 Kediri, Lombok Barat, NTB. Jumalh santri di pondok pesantren I terbilang cukup banyak yaitu sekitar 4995 santri mulai dari jenjang Taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. 

Tidak hanya menyediakan jenjang pendidikan berbasis agama seperti MTs, MA, KMMI dan PPS.MQNH, pondok pesantren di Kabupaten Lombok Barat ini juga menyediakan pendidikan umum berupa SMK Plus. Untuk pergruuan tingga, pondok pesantren ini menyediakan 3 program studi berupa Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan agama Islam, dan D IV PGMI. 

2. Pondok Pesantren Suaimaniyah Lombok 

Pondok pesantren ini beridiri pada tahun 2005 yang beralamat di Jl. Merdeka Raya gang Darussalam No.7, Karang Pule, Sekarbela, Mataram, NTB.

Pondok pesantren di Kota Mataram ini merupakan salah satu cabang dari yayasan Sulaimaniyah, Jakarta Timur. Namun  sayangnya pondok pesantren Suaimaniyah cabang Mataram ini hanya diperuntukan bagi santri laki-laki. 

3. Pondok Pesantren Nurul Islam

Pondok pesanten ini masih berdekatan dengan pondok pesantren Suaimniyah yang berada di Mataram. Pondok pesantren Nurul Islam berada di Jl. Swasembada  No.120, Desa Kelkalik, Kec. Sekarbale, Mataram, NTB. Pesantren ini termasuk salah satu pesantren termuda di Mataram karena baru berdiri pada tahun 2014. 

Pesantren ini menganut paham Aswaja annahdliyah. Sistem pembelajaran disesuaikan dengan kurikulum pesantren dan modern. Pendidikan formal yang disediakan berupa MI, MTs, dan MA. Kajian kitab kuning menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler unggulan di pondok pesantren ini. 

4. Pondok Pesantren Al Mahmud 

Pondok pesantren Al Mahmud beralamat di Kelurahan Dasan, Geres, Kec. Gerung, Kab. Lombok Barat, NTB. Pondok ini sudah berdiri sejak tahun 2001. Program menarik pondok pesantren ini adalah standar kelulusan yangmana santri harus hafal 10-30 juz, memahami ilmu syar’I, menguasai dasar bahasa arab, serta mampu memahami, membaca dan menulis Arab. 

Kurikulum yang diajarkan berupa tauhid, aqidah, adab, fikih, siroh, bahasa Arab, Nahwu & Shorof, serta Tafsir. Untuk biaya pendidikan per bulan hanya dikenakan Rp. 100.000. jenjang pendidikan yang disediakan berupa Kelompok belajar, RA, MTs, MA, serta Tahfidz dan Diniyah Islam. 

5. Pondok Pesantren Darul Abidin

Pondok pesantren ini berlokasi di Desa Gerisak Semanggeleng, Kec. Sakra Barat, Kab. Lombok Timur, NTB. Pondok yang berdiri pada tahun 1999 ini menyediakan 4 jenjang pendidikan yaitu RA Darul Abidin, SD Islam Darul Abidin, MI Darul Abidin, MTs Darul Abidin, dan MA Darul Abidin. 

Bahasa yang diajarkan berupa bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Disediakan juga ekstrakurikuler pidato 3 bahasa. salah satu keunggulannya, semua jenjang pendidikan sudah terakreditasi B. dalam bidang seni, pondok pesantren di Lombok Timur ini juga menyediakan ekstrakurikuler musik/band untuk mengembangkan bakat para santri. 

6. Pondok Pesantren Nurul Yaqin 

Pondok pesantren Nurul Yaqin terletak di Gerantung, Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Biaya pendaftaran bagi para calon santri tidak dipungut biaya alias gratis. Tidak ada tes masuk yang disediakan. 

Meskipun begitu, banyak prestasi yang didapat pondok pesantren di Kabupaten Lombok Tengah ini banyak. Misalnya saja seperti juara olahraga kempo tingkat nasional, olimpiade MIPA tingkat provinsi dan masih banyak lagi. Pondok ini juga dilengkapi dengan fasilitas memadai berupa laboratorium, ruang multimedia, wifi, sarana olahraga dan lain sebagainya. 

7. Pondok Pesantren Al Muthmainnah

Pondok Pesantren ini berada di Jl. Lintas Sumbawa-Luyuk km 12 Desa Leseng, Kec. Moyo Hulu, Sumbawa, NTB. Pondok yang didirikan pada tahun 1993 memiliki 3 jenjang pendidikan yaitu MI, MTs, dan MA. Untuk MTs saat ini sudah terakredtasi B sedangkan MA sudah terakreditasi C. 

Kurikulum yang digunakan pada pendidikan formal berupa kurikulum pondok yang dilakukan dari pukul 07.15 sampai 13.00. Bagi santri yang berprestasi dan santri kurang mampu, pondok pesantren di Kabupaten Sumbawa ini memberikan kesempatan beasiswa baik dari swasta maupun pemerintah. 

8. Pondok Pesantren Darul Muhajirin 

Pondok pesantren ini beralamat di Jl. Diponegoro, Kec. Praya, Lombok Tengah, NTB. Berdiri pada tahun 1991, pondok ini memiliki santri sebanyak lebih dari 2 ribu setiap tahunnya. pondok ini berada di pusat kota Lombok tengah sehingga mudah untuk dijangkau. 

Pendidikan yang diselenggarakan berupa Pendidikan agama, MTs, MA, Qismut Takhassush lima tahun, Pendidikan umum, SLTP, dan SMU. Kurikulum yang diajarkan berupa kurilulum pesantren dengan metode tradisional. 

9. Pondok Pesantren Darunnahdlatain

Pondok pesantren ini terletak di Desa Pancor, Selong, Majidi, Selong, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. termasuk salah stau pondok besar di wilayah lombok, pondok ini memiliki jumlah santri lebih dari 10.000.

Berbagai prestasi ditorehkan, salah satunya ialah pemenang olimpiade fisika tingkat provinsi. Pada tahun 2019, pondok pesantren di Kabupaten Lombok Timur ini juga mendapatkan penghargaan sebagai pesantren unggulan dari BI. 

10. Pondok Pesantren Baitul Qurro Wal Huffazh

Pondok pesantren ini beralamat di Jl. Raya Kerongkong Suralaga, Kec. Suralaga, Lombok Timur, NTB. Sama seperti pondok pesantren nurul islam yang berada di mataram, pondok ini juga termasuk pondok termuda yang berdiri pada tahun 2013. Meskipun belum lama, pondok ini tentunya sudah memiliki prestasi hingga tingkat Asia Tenggara. 

Salah satu yang menarik adalah biaya pendidikan yang digratiskan bagi santri tingkat MTs apabila menguasai minimal 12 juz dan 15 juz bagi santri tingkat MA. Hingga saat ini, beberapa santri bahkan mampu menghafal hampir 30 juz di pondok pesantren ini. 

11. Pondok Pesantren Nurul Haramain

Pondok pesantren ini terletak di Jl. Tegal Banyu Kebon, Lembuak, Narmada, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Sistem pendidikan dilakukan secara modern dengan penguasaan IPTEK sesuai dengan perkembangan zaman. 

Sedikit berbeda dari pondok pesantren lainnya, pondok pesantren ini meneydiakan ekstrakurikuler broadcasting, berkuda, memanah, elektronik, farming, hingga komputer. Meskipun begitu, ekstakurikuler berbasis agama tetap ada. 

12. Pondok Pesantren Al Aziziyah

Masih dari wilayah Lombok, selanjutnya ada pondok pesantren Al Aziziyah yang berada di Desa Kapek, Gunungsari, Lombok Barat, NTB. Setiap tahun pondok ini melahirkan santri santri dengan gelar Hafidz Quran. Pondok pesantren ini menyediakan jenjang pendidikan dari TK & RA hingga perguruan tinggi. 

13. Pondok Pesantren Darussholihin NW Darmaji 

Pondok pesantren yang bearada di Kec. Kopeng, Lombok Tengah ini termasuk pondok pesantren yang terbilang cukup tua. Berdiri pada tahun 1984, pondok ini memiliki 3 jenjang pendidikan formal yatu Diniyah Islamiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Tsanawiyah. Kegiatan pengembangan diri yang disediakan pun beragam seperti olahraga, majalah dinding, komputer, hingga study outdoor. 

14. Pondok Pesantren Al Madani

Pondok pesantren ini berada di Jl. Cendekia No. 1 Lengkok, Kec. Wanasab, Kab. Lombok Timur, NTB. Pondok pesantren ini menekankan program tahfidzul Quran 30 juz. Untuk biaya, ponpes ini menerapkan biaya bulanan/SPP sebesar 600 ribu dan biaya pendaftaran sekitar 3.5 juta. Hal tersebut tentunya dibarengi dengan program dan sarana pendidikan yang memadai. 

15. Pondok Pesantren Dea Malela

Pondok terakhir yang akan kita bahas adalah Pesantren Dea Malela yang berada di Lenangguar, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Pondok pesantren ini terkenal dengan pondok pesantren elit dengan biaya bulanan sekitar 1.5 juta dan biaya pesantren sekitar 14 juta. Selain dari Indonesia, para santri banyak yang berasal dari luar negeri seperti Thailand, malaysia, bahkan Rusia. Hal tersebut membuat sistem pembelajaran di pondok ini bersifat global.

Nah, demikinalah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Semoga saja bisa berguna.

Posting Komentar untuk "15+ Pondok Pesantren Terbaik di Nusa Tenggara Barat (NTB) Menjadi Pilihan"