Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pondok Pesantren di Lombok Tengah Yang Terbaik

 

Pesantren di Lombok Tengah

Salah satu kabupaten yang ada di Nusa Tenggara Barat adalah kabupaten Lombok Tengah yang beribukota di Praya. Kabupaten ini diketahui mempunyai luas wilayah sebesar 1.208,39 km². 

Jumlah kecamatan yang ada dikabupaten Lombok Tengah yaitu mencapai 12 kecamatan, 12 kelurahan, dan 127 desa. Sedangkan untuk jumlah mata pencahariannya sendiri, penduduk di kabupaten ini cenderung lebih banyak bekerja dibidang pertanian dengan presentase 72%, sedangkan sisanya bekerja di bidang jasa, industri, perdagangan, konstruksi, angkutan dan lain sebagainya. 

Pesantren di Lombok Tengah

Jumlah pondok pesantren yang ada di kabupaten Lombok Tengah yaitu sangat banyak mencapai 232 pesantren. Berdasarkan jumlah tersebut diketahui bahwa santri secara keseluruhan yang menimba ilmu di ponpes kabupaten Lombok Tengah mencapai ribuan orang yang terbagi atas santri mukim dan santri tidak mukim.

Jumlah santri mukim yaitu ada sebanyak 56.566 orang, sedangkan santri tidak mukim berjumlah 24.894 orang. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Lombok Tengah

Daftar nama pondok pesantren di kabupaten Lombok Tengah antara lain adalah sebagai berikut ini :

1. Darul Qur'an

Pondok Pesantren Darul Qur'an beralamat di Desa Nyerot Kec.Jonggat. jumlah santri yang menimba ilmu di pondok pesantren ini yaitu ada sekitar 30 0rang dengan 6 guru yang mengajar. 

2. Miftahussa`adah 

Pondok Pesantren Miftahussa`adah beralamat di Lingkok Godak. Pesantren ini mempunyai santri yang jumlahnya ada 220 santri. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada sebanyak 14 orang. 

3. Darussalam 

Pondok Pesantren Darussalam beralamat di Salam Sukur. Pondok pesantren Darussalam diketahui memiliki santri sebanyak 430 orang dan untuk ustadz yang mengajarnya ada sekitar 22 orang. 

4. Darul Muhajirin

Pondok Pesantren Darul Muhajirin berdiri pada tanggal 14 Juli 1971 dan beralamat di Praya. Selain itu jumlah santri yang belajar di ponpes ini yaitu mencapai 2.500 orang dengan 105 tenaga pendidik yang membimbing.

Pesantren ini juga memiliki beberapa kegiatan ekstrakurikuler seperti kajian kitab kuning, pramuka, pengembangan olahraga, seni bela diri dan lain sebagainya. 

5. Arrahmah NU 

Pondok Pesantren Arrahmah NU beralamat di Perempung. Santri yang belajar di ponpes ini jumlahnya ada 49 orang dengan 6 ustadz yang mengajar. 

6. Arrahmah 

Pondok Pesantren Arrahmah beralamat di Perempung Desa Bonder. Sedangkan jumlah santrinya yaitu ada sekitar 409 orang dan tenaga pendidiknya berjumlah 21 orang. 

7. Asy-Syafiiyah Nw

Pondok Pesantren Asy-Syafiiyah Nw beralamat di Jln. Al-Barokah No 01 Penangsak. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren Asy-Syafiiyah Nw yaitu ada 41 orang dengan 6 guru yang mengajar.

8. Nurul Yaqin

Pondok Pesantren Nurul Yaqin beralamat di Karang Lebah. Ponpes Nurul Yaqin memiliki sekitar 475 santri. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya yaitu ada 25 orang. 

9. Sa`adatul Banat (Sbdi)

Pondok Pesantren Sa`adatul Banat (Sbdi) beralamat di Perbawa. Ponpes ini diketahui telah memiliki santri sebanyak 83 orang dengan 7 guru yang mengajar. 

10. Nurul Hidayah

Pondok Pesantren Nurul Hidayah beralamat di Dasan Tuan. Jumlah santri yang ada di pesantren ini yaitu 439 orang dengan 24 ustadz yang membimbing.

Itulah saja informasi yang bisa kami bagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Posting Komentar untuk "10+ Pondok Pesantren di Lombok Tengah Yang Terbaik"