Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pondok Pesantren Terbaik di Lombok Timur

 

Ponpes di Lombok Timur

Ibu kota kabupaten Lombok Timur adalah kota Selong dan kabupaten ini diketahui memiliki luas daerah sebesar 1.605,55km2. Selain itu kabupaten Lombok Timur juga mempunyai daerah lainnya yang berbabatasan secara langsung dengan wilayah Lombok Timur itu sendiri.

Misalkan saja dibagian utara, Lombok Timur berbatasan dengan Laut Jawa, di sebelah Timur dengan Selat Alas, di bagian selatan dengan Samudra Hinda dan terakhir dibagian barat berbatasan dengan Lombok Barat serta Lombok Tengah. 

Pesantren di Lombok Timur

Kabupaten Lombok Timur memiliki pesantren yang jumlahnya mencapai 188 bangunan pondok pesantren. Dari banyaknya jumlah pesantren tersebut diketahui bahwa banyaknya santri yaitu ada sekitar 98.807 santri dengan pembagian 39.730 snatri berasal dari santri mukim dan sebanyak 59.077 santri berasal dari luar pemukiman. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Lombok Timur

Berikut dibawah ini yang termasuk contoh pondok pesantren di kabupaten Lombok Timur adalah;

1. Misbahul Ummah NW

Pondok Pesantren Misbahul Ummah NW beralamat di Jln. Jurusan dasan baru-sakra selatan. Sedangkan jumlah santri yang menimba ilmu di ponpes ini jumlahnya yaitu ada sekitar 192 orang dengan 14 guru yang mengajar. 

2. Majanu Bil Ilmi Suka Maju Rempung

Pondok Pesantren Majanu Bil Ilmi Suka Maju Rempung beralamat di Suka Maju Desa Rempung Kec. Pringgasela. Pesantren ini mempunyai 54 santri dan 6 ustadz yang mengajar di ponpes Majanu Bil Ilmi Suka Maju Rempung. 

3. Pondok Pesantren Darul Furqon NW Mengkuru

Pondok Pesantren Darul Furqon NW Mengkuru Furqon NW Mengkuru beralamat di Jl Sangupati No 17 Mengkuru. Santri yang menimba ilmu di ponpes ini jumlahnya mencapai 78 orang dan tenaga pendidiknya ada sebanyak 7 orang. 

4. Al-Baqiyatussholihat Nw Sikur 

Pondok Pesantren Al-Baqiyatussholihat Nw Sikur beralamat di Jl.Raya Sikur-Mataram 42 Km. Sedangkan untuk jumlah santrinya sendiri, pesantren ini diketahui telah mempunyai 414 santri dengan 22 ustadz yang mengajar. 

5. Darul Muhsinin

Pondok Pesantren Darul Muhsinin beralamat di Jl. Sukasari 01 Wakan Kec. Jerowaru. Jumlah santri diponpes ini yaitu mencapai 155 orang dengan 12 tenaga pendidik yang ada disana. 

6. Raudlatul Hasanah Nw

Pondok Pesantren Raudlatul Hasanah Nw beralamat di Penedegandor Desa Peneda Gandor Kec. Labuan Haji. Pesantren ini diketahui telah memiliki jumlah santri sebanyak 224 orang dengan 14 ustadz yang membimbing. 

7. Nurul Islam Nw

Pondok Pesantren Nurul Islam Nw beralamat di Desa Sakra Kec. Sakra. Jumlah santri yang belajar di ponpes ini yaitu ada sebanyak 210 santri dan tenaga pendidiknya ada 14 orang. 

8. Sa`adatul Islamiyah Nw Tembeng Putik

Pondok Pesantren Sa`adatul Islamiyah Nw Tembeng Putik beralamat di Jl. Pendidikan No. 01 Tembeng Putik 83658. Santri yang menempuh pendidikan di ponpes Sa’adatul Islamiyah Nw Tembeng Putik jumlahnya ada sekitar 538 santri dengan 27 orang guru yang mengajar. 

9. Tarbiyatul Islam Nw

Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Nw beralamat di Jl. Labuhan Lombok Km 59. Ponpes di pesantren ini mempunyai santri yang jumlahnya mencapai 1.678 santri. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada sebanyak 72 guru. 

10. Darul Abidin

Pondok Pesantren Darul Abidin berdiri pada tahun 1999 dan beralamat di Desa Sakra Kec. Sakra. Jumlah santri yang menimba ilmu di ponpes ini jumlahnya ada sekitar 161 santri dan 12 ustadz yang mengajar. 

Itulah saja informasi yang bisa kami uraikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Timur, Provinsi NTB (Nusa Tenggara Barat).

Posting Komentar untuk "10+ Pondok Pesantren Terbaik di Lombok Timur"