Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Lombok Barat yang Bagus

 

Pondok Pesantren di Lombok Barat

Kabupaten Lombok Barat beribukota di Gerung. Kabupaten ini pada dasarnya merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan terdiri dari 8 kecamatan. 

Beberapa nama kecamatan yang ada di kabupaten Lombok Barat antara lain kecamatan Ampenan, kecamatan Kediri, kecamatan Bayan, kecamatan Gangga, kecamatan Tanjung dan lain sebagainya. Beberapa kecamatan ini terdapat bangunan pondok pesantren yang menampung banyak para santri untuk belajar ilmu agama secara lebih mendalam. 

Pesantren di Lombok Barat

Pondok pesantren di Nusa Tenggara Barat, Khususnya Kabupaten Lombok Barat,memiliki kualitas yang selalu ditingkatkan setiap waktunya.

Hal ini karena ponpes berusaha untuk menciptakan dan mewujudkan terbentuknya generasi islam yang berwawasan luas dengan berbagai ilmu pengetahuan namun tetap mengedepankan ilmu agama islam dan akhlak karimah.  

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Lombok Barat

Beberapa nama pondok pesantren yang ada di kabupaten Lombok Barat adalah sebagai berikut ini;

1. PPS Wustha MQWH Al Azizha

Daftar nama pondok pesantren pertama di kabupaten Lombok Barat adalah Pondok Pesantren PPS Wustha MQWH Al Azizha yang beralamat di jln. TGH. Umar Abdul Aziz, Kapek.

2. PP. Nurul Hikmah 

Kedua yaitu ada Pondok Pesantren PP. Nurul Hikmah. Alamat ponpes ini yatu berada di Padak Lembar. 

3. Nurul Mujahidin NW 

Selanjutnya ada Pondok Pesantren Nurul Mujahidin NW yang beralamat di Jl. Raya Penimbung.

4. Al-Ishlahuddiny

Pondok Pesantren Al-Ishlahuddiny didirikan pada tahun 1946 oleh TGH. Mustafa Al-Khalidy dan TGH. Ibrahim Al-Khalidy. Sedangkan alamat pondok pesantren ini yaitu berada di Jalan. Tgh. Ibrahim Al-Khalidy Kediri.

5. Nurul Hakim

Pondok Pesantren Nurul Hakim berdiri pada tahun 1948 dengan pendirinya yang bernama TGH. Abdul Karim dan beralamat di Jln Taruna No. 5. Visi dan Misi pondok pesantren Nurul Hakim antara lain yaitu menciptakan generasi islam yang bertauhid, berakhlak karimah, dan dapat membangun peradaban islam dalam berbagai bidang.

Selain itu jumlah santri yang ada di ponpes ini yaitu sudah mencapai ribuan orang atau sekitar 4.995 santri dengan jumlah guru sebanyak 445 orang. Pesantren Nurul Hakim sendiri memiliki moto dalam pesantren yaitu bersatu pada aqidah dan bertoleransi dalam furu.

6. Raudlatusshibyan Nw

Pondok Pesantren Raudlatusshibyan Nw beralamat di Jl.Raya Tanjung Rt 10 Dusun Belencong Desa Midang.

7. Nurul Haramain Putri Nw

Pondok Pesantren Nurul Haramain Putri Nw beralamat di Jl. Hamzanwadi No. 05 Lembuak Mekar Indah, Lembuak, Narmada.

Tujuan didirikannya ponpes ini yaitu untuk mewujudkan santri dan santriwati yang gemar dan cinta dalam melakukan berbagai kebaikan dan kebenaran serta menyukai segala sesuatu keindahan, hidup makmur memakmurkan dan bermanfaat bagi ummat. 

8. Ponpes Al Authoh

Pesantren berikutnya yang ada di kabupaten Lombok Barat adalah Pondok Pesantren Ponpes Al Authoh. Lokasi ponpes ini berada di Dusun Keru Narmada.

9. Raudlatul Muslimin Nw

Kemudian ada Pondok Pesantren Raudlatul Muslimin Nw yang beralamat di Jl. Putri Tunjung Kayangan.

10. Tarbiyatul Mustafid 

Terakhir adalah Pondok Pesantren Tarbiyatul Mustafid yang beralamat di Jln. Tgh. Muh Adnan Batu Rimpang.

Itulah saja daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Semoga saja memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Lombok Barat yang Bagus"