15+ Pondok Pesantren di Nusa Tenggara Terbaik dan Terlengkap

Pondok pesantren adalah salah satu tempat yang memiliki peran penting untuk beberapa orang yang memang memilih untuk melanjutkan pendidikannya di bidang agama.  Pondok pesantren ini memiliki tujuan yaitu untuk membentuk generasi-generasi yang cerdas, mandiri, dan juga mampu menjadi calon-calon pemimpin yang bertanggung jawab.

Pesantren di Nusa Tenggara


Maka dari untuk saat ini banyak sekali pondok pesantren yang memiliki keunggulan sehingga menjadi pesantren yang terbaik di daerahnya. Dalam hal ini ada 15 Pondok Pesantren terbaik yang ada di Nusa Tenggara, diantaranya adalah sebagai berikut:

Yayasan Pondok Pesantren Munirul Arifin Nahdlatul Wathan Praya

Yayasan Pondok Pesantren Munirul Arifin Nahdlatul Wathan Praya ini didirikan oleh Zainal Arifin Munir pada tahun 2000. Di dalam Yayasan Pondok Pesantren Munirul Arifin Nahdlatul Wathan Praya ini juga tersedia jenjang pendidikan mulai dari pendidikan SMP sampai dengan SMA. Santri yang ada di Yayasan Pondok Pesantren Munirul Arifin Nahdlatul Wathan Praya sampai saat ini telah mencapai 940 orang.

Didalam yayasan ini masih sangat mengedepankan agama di bandingkan dengan pendidikan umum, namun untuk pendidikan umum sendiri masih tetap ada. Tenaga pengajar yang ada di Yayasan Pondok Pesantren Munirul Arifin Nahdlatul Wathan Praya ini berjumlah 60 orang. 

Pondok Pesantren Al- Ikhlas Taliwang

Pondok Pesantren Al- Ikhlas Taliwang ini didirikan pada tanggal 1 Februari 1984 oleh Dr. KH Zulkifli Muhadli SH., MM., Sejak saat itu Pondok Pesantren Al- Ikhlas Taliwang ini memang telah di wakafkan jadi segala macam urusan ataupun kegiatan yang di lakukan di pondok ini untuk kemajuan masyarakat iu sendiri.

Maka dari itu tujuan dari di bentuknya Pondok Pesantren Al- Ikhlas Taliwang ini adalah untuk membentuk generasi baru yang ber akhlak mulia dan menjadi seorang pemimpin yang adil. Di dalam Pondok Pesantren Al- Ikhlas Taliwang ini juga ada jenjang pendidikan mulai dari agama sampai umum. Kurikulum yag di gunakan di Pondok Pesantren Al- Ikhlas Taliwang juga sangat khas yaitu kurikulum TMI. 

Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat

Pondok Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat adalah salah satu pondok tertua yang ada di Nusa Tenggara. Pondok Pesantren ini adalah salah satu yang paling bersejarah untuk Indonesia, karena pada saat itu pondok pesantren ini pernah di jadikan asrama untuk orang-orang pada masa penjajahan dahulu.

Pondok Pesantren Qomarul Huda Lombok

Pondok Pesantren Qomarul Huda adalah saah satu pondok yang menyediakan jenjang pendidikan mulai dari pendidikan agama sampai dengan pendidikan umum. Didalam pondok ini juga menyediakan berbagai jenis fasilitas yang dibutuhkan oleh santri dengan lengkap.

Ekstrakulikuler yang ada di pondok Pondok Pesantren Qomarul Huda ini cukup lengkap dan dapat menambah wawasan para santri yang ada di pondok Pondok Pesantren Qomarul Huda ini. Pondok Pondok Pesantren Qomarul Huda ini terletak di Desa Bagu, Kecamatan Pringgarata, KAB. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 

Pondok Pesantren Modern Al Kasyif

Pondok Pesantren Modern Al Kasyif terletak di Dasan Baru, Kediri, Kabupaten Lombok Barat Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Pondok Pesantren Modern Al Kasyif adalah salah satu pondok yang memiliki peran penting di dalam masyarakat sekitar, hal ini di karenakan di Pondok Pesantren Modern Al Kasyif ini dapat mewujudkan generasi yang baru, yang memiliki jiwa kepemimpinan yang adil dan bertanggung jawab. Maka dari itu tidak heran ekali jika banyak santri yang tinggal menetap di pondok ini. 

Pondok Pesantren Nurul Hakim

Pondok Pesantren Nurul Hakim merupakan sebuah pesantren yang ada di lombok yang terletak di jl. Taruna No. 5 Sedayu Kediri Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Pondok Pesantren Nurul Hakim ini berdiri pada tahun 1387 H atau 1948 M.

Pondok Pesantren Nurul Hakim ini didirikan oleh Abdul Karim yang kemudian di lanjutkan oleh Shafwan Hakim yang telah memimpin pondok pesantren sampai saat ini. Didalam Pondok Pesantren Nurul Hakim ini terdapat beberapa jenjang pendidikan dari mulai TK sampai dengan SMA. 

Pondok Pesantren Islam Ibnu Mas’ud

Pondok Pesantren Islam Ibnu Mas’ud ini di bentuk pada tanggal 27 Rojab 1410 H atau 2 Februari 1990. Sistem pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Islam Ibnu Mas’ud ini adalah selama 24 jam penuh santri berada di bawah bimbingan para pengurus yang ada di pondok tersebut.

Tujuan dari dibentuknya Pondok Pesantren Islam Ibnu Mas’ud ini adalah dapat menyiapkan kader ulama Warotsatul Anbiya’ siap mengamalkan ilmu yang dimilikinya dengan fie sabilillah. 

Pondok Pesantren Darul Muhajirin Praya

Pondok Pesantren Darul Muhajirin Praya ini terletak di Kota Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Ibukota Nusa Tenggara Barat. Pondok Pesantren Darul Muhajirin Praya berdiri pada tanggal 14 Juli 1971 atau 22 Rabi’ul Awwal 1318 H.

Pada saat itu Pondok Pesantren Darul Muhajirin Praya ini di rintis oleh Tuan Guru Haji Muhammad Najmuddin Makmun yang pada saat itu masih di beri nama dengan peguruan Nurul Yakin. 

Pondok Pesantren Asy Syafi’iah Nahdatul Wathan

Pondok Pesantren Asy Syafi’iah Nahdatul Wathan didirikan pada tahun 1934 dan pada tahun 1937 baru mendirikan sebuah Madrasah mulai dari madrasah Ibtidaiyah sampai dengan madrasah aliyah. Pendiri dari Pondok Pesantren Asy Syafi’iah Nahdatul Wathan ini adalah Muhammad Zainuddin Abdul Madjid yang telah mendapatkan perintah dari gurunya yaitu Hasan Muhammad AL- Masysyath di Mekkah.

Pondok Pesantren Asy Syafi’iah Nahdatul Wathan ini terletak di Anjani Suralaya, Anjani, Selong, Kabupaten Lombok Timur Nusa tenggara Barat. 

Pondok Pesantren Al- Muwahhidin

Pondok Pesantren Al- Muwahhidin ini terletak di Jl. Wisata Banyumulek, Rumak, Kediri, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pondok Pesantren Al- Muwahhidin ini di jadikan sebagai salah satu sumber untuk menambah pengetahuan islam, bahasa tentan al- quran dan ilmu pengetahuan umum bisa di dapatkan di Pondok Pesantren Al- Muwahhidin ini.

Maka dari itu Pondok Pesantren Al- Muwahhidin memiliki peran penting banyak.  di dalam masyarakat yang ada di sekitar pondok ini. 

Pondok Pesantren Al Aziziyah

Pondok Pesantren Al Aziziyah adalah pondok pesantren yang didirikan pada tahun 1986. Didalam pondok pesantren ini sering sekali di gunakan untuk tempat pengajian. Didalam Pondok Pesantren Al Aziziyah ini terdapat beberapa jenjang pendidikan mulai dari TK sampai dengan SMA ada di pondok ini. Fasilitas yang di sedikan di Pondok Pesantren Al Aziziyah ini cukup lengkap dan ekstrakuler yang ada juga cukup 

Pondok Pesantren Abu Hurairrah Mataram

Pondok Pesantren Abu Hurairrah Mataram adalah salah satu pondok pesantren yang memadukan antara kurikulum pengajaran ilmu syar’i dengan ilmu umum. Pondok Pesantren Abu Hurairrah Mataram ini berdiri di tengah jantung kota mataram, Nusa tenggara barat.

Santri yang ada di pondok ini telah banyak dan di percaya dapat membuat santri-santri menjadi seorang yang memiliki akhlak yang baik. 

Pondok Pesantren As- Sunnah

Pondok Pesantren As- Sunnah adalah pondok pesantren yang terletak di Jl. Raya Labuhan lombok No.14, Kembang Kerang, Aikmel Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. 

Pondok Pesantren Darul Muhibbin Nw Mispalah

Pondok Pesantren Darul Muhibbin Nw Mispalah adalah pondok pesantren yang didirikan pada tanggal 7 April 2007 dan terletak di Kampung Mispalah. 

Pondok Pesantren Asy Syafi’iah

Pondok Pesantren Asy Syafi’iah didirikan pada tahun 1934 oleh Muhammad Zainuddin Abdul Madjid yang telah mendapatkan perintah dari gurunya yaitu Hasan Muhammad AL- Masysyath di Mekkah.

Nah, itulah tadi pembahasan secara lengkapnya mengenai daftar nama-nama pondok pesantren di daerah Nusa Tenggara. Semoga melalui artikel ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi pembaca. Trimakasih, 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "15+ Pondok Pesantren di Nusa Tenggara Terbaik dan Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel