Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Pondok Pesantren Terbaik di Nusa Tenggara Timur (NTT)

Pondok Pesantren di Nusa Tenggara Timur

Pendidikan agama sebagai kebutuhan rohani manusia sangat penting untuk dikembangkan dan diperdalami. Salah satunya adalah pendirian pesantren untuk menimba ilmu Agama Islam. Oleh karena itulah, maka berikut ini akan dibahas tentang daftar pondok pesantren yang ada di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang sebagian berbatasan langsung dengan pondok pesantren di Nusa Tenggara Barat.

Pesantren di Nusa Tenggara Timur

Provinsi dengan jumlah kabupaten sebanya 22 ini memiliki jumlah pondok pesantren kurang dari 30. Jumlah ini mungkin cukup sedikit dibandingkan dengan wilayah Nusa Tenggara Barat yang memiliki lebih dari 600 pesantren. 

Jumlah yang sedikit ini tidak mengurangi minat belajar para calon santri di wilayah Nusa Tenggara Timur dan sekitarnya. Adapun yang pastinya, pesantren-pesantren tersebut dibina oleh para pendidik yang mumpuni. Beberapa pesantren bahkan membebaskan biaya pendidikan bagi para santri alias gratis.

Buat kalian yang penasaran dengan pondok pesantren yang ada di wilayah Nusa Tenggara Timur, simak artikel berikut ini yang tentunya akan mengulas tentang berbagai pondok pesantren yang ada di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Daftar Pondok Pesantren di Nusa Tenggara Timur  

Daftar pondok pesantren yang ada di wilayah Nusa Tenggar Timur antara lain: 

1. Pondok Pesantren Rabitha M. Al Islamiyah 

Pondok pesantren pertama yang akan dibahas adalah pondok pesantren Rabitha M. Al Islamiyah yang terletak di Kec. Atambua, Kabupaten Belu, NTT. Ponpes ini dipimpin oleh Syharil Pua Lapu dengan jumlah santri sekitar 100 santri. Pondok pesantren ini menyediakan jenjang pendidikan MI. 

2. Pondok Pesantren Ikhwatul Mukminin

Pondok pesantren ini terletak di Dusun Kota Kaya, Desa Adonara, Kec. Adonara, Flores Timur, NTT. Ponpes ini dipimpin oleh Ustadz Arifudin. Fasilitas pendidikan telah tersedia dengan baik. salah stau fasilitas yang menjadi perhatian adalah masjid tempat para santri melakukan kegiatan keagamaan sehari-hari. 

Masjid pada pondok pesantren Ikhwatul Mukminin saat ini sudah berdiri dengan kokoh dan sangat nyaman bagi para santri dibandingkan keadaan sebelumnya. Penenrangan yang baik memudahkan santri untuk belajar dengan nyaman dan tenang. Bahkan masjid ini akan dihubungkan dengan asrama putri sehingga para santri putri tidak harus berpapasan dengan para santri laki-laki ketika akan pergi ke masjid

3. Pondok Pesantren Walisanga 

Pondok pesantren ini berdiri pada tahun 1939 dan menjadi salah satu pondok tertua di provinsi NTT. Terletak di Kab. Flores Timur, pondok ini memiliki suasana alam yang sjuk karena terletak di bawah kaki gunung Meja, Kec. Ende. 

Pondok pesantren Walisanga memiliki program untuk mendidik anak-anak yatim piatu dan anak-anak yang lahir dari keluarga kurang mampu untuk menimba ilmu secara gratis. Hampir sama dengan kegiatan keagaam pada  pondok pesantren lainnya, pondok pesantren ini juga menjunjung tinggi program baca tulis  Quran bagi para santrinya. 

4. Pondok Pesantren Nuurussa’adah 

Pondok pesantren ini berlokasi di Kelurahan Marapokot, Aesesa, Nagakeo, NTT. Pada awalnya pondok pesantren ini menaungi jenjang pendidikan MI dan MTs. Namun karena beberapa pertimbangan, MI Nuurussa’adah saat ini telah diberikan kepada negara, sehingga berstatus negeri. 

Pekembangan pondok pesantren dan MTs yang didirikan semakin hari semakin mengalami kemajuan, baik dari segi sarana prasarana hingga presrtasi. Saat ini MTs Nuurussa’adah bahkan sudah terakreditasi B. 

5. Pondok Pesantren Tarbiyatul Aulad

Pondok pesantren ini berlokasi di kec. Reok, Manggarai, Nusa Tenggara Timur dengan tie pesantren salafiah. Saat ini pondok pesantren ini memiliki jumlah santri sekitar 60 santri dengan rasio 2:1 santri laki-laki:santri perempuan.

Dengan jumlah santri yang tidak terlalu banyak, pengawasan kepada santri lebih mudah dilakukan sehingga kegiatan santri akan selalu terpantau dengan baik. 

6. Pondok Pesantren Al-Qalam Tompong

Pondok pesantren ini berlokasi di DesaTenda, Kec. Langke Rembong, Manggarai, NTT. Pesantren ini menjadi salh satu pondok pesantren yang berfokus pada bidang dakwah di wilayah tersebut.pesantren ini juga telah menciptakan dai-dai yang membantu menyebarkan agama islam di Indonesia khususnya di wilayah NTT.

Pondok pesantren ini menggunakan metode ta’lim dan tilawah untuk mengajarkan metode dakwah dakwah kepada para santri. 

7. Pondok Pesantren Al Hikmah

Pondok pesantren yang didirikan pada tahun 1996 ini berada di Jl. Lapangan Tembak No.15, Desa Nunbaun Sabu, Kec. Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Selain mempelajari AL Quran dan hadist, pondok ini juga memfokuskan pada bimbingan dakwah kepada para santrinya.

Untuk sarana dan prasarana, pondok ini sudah lebih baik dibandung bebarapa tahun sebelumnya, hal tersebut karena podnok pesantren ini belum lama ini mengalami renovasi sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi lebih nyaman. 

8. Pondok Pesantren Attin

Pondok ini berlokasi di Jl. Kamoung Maleset, Kel. Namosain, Kec. Alak, Kupang, NTT. Saat ini jumlah santri yang dimiliki sekitar 70 santri. Tipe pesantren disini menganut sistem kombinasi. Para santri akan diberikan pendidikan agama yang berpedoman pada Al Quran dan Kitab Allah. 

Hampir sama dengan pesantre-pesantren pada umumnya, pondok pesantren di Kupang ini menyediakan fasilitas utama berupa gedung asrama putra, gedung asrama putri, masjid, dan ruang belajar yang memadai. Biaya pembangunan sarpras banyak didapatkan dari para donatur. 

9. Pondok Pesantren Mahasiswa El Fata

Masih dari wilayah Kupang, pondok pesantren berikutnya adalah pesantren El Fata yang berlokasi di Jl. Keuangan Negara 1, Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pondok pesantren ini termasuk salah satu pondok pesantren di NTT dengan tipe pesantren salafiyah. 

Jumlah santri di pondok pesantren el Fata yang tidak sebanyak dengan pondok-pondok pesantren lainnya di Indonesia, dipengaruhi karena wilayah ini bukan wilayah padat penduduk. Dengan jumlah santri sekitar 100 orang, pondok ini tetap memberikan layanan yang terbaik bagi para santri. 

10. Pondok Pesantren Al Muhajirin 

Pondok pesantren AL Muhajirin ini terletak di Jl Dewi Sartika, Atambua Selatan, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Pondok pesantren ini menggratiskan biaya asrama, biaya konsumsi, dan biaya SPP per bulan.

Para wali santri hanya akan dibebankan biaya pendidikan di luar pondok pesantre (SMA dan MI) karena pondok ini hanya menyelenggaran pendidikan formal setara SMP.

Pondok pesantren ini memiliki program unggulan berupa Tahfidz Al Quran minimal 5 juz setiap tahunnya. Selain pendidikan formal, pendidikan nonformal juga tersedia seperti taman pendidikan Al Quran, Madrasah Diniyah Takmiliyah, serta program khusus baca kitab. 

11. Pondok Pesantren Aisyiyah 

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. K.H. Ahmad Dahlan, kelurahan kayu putih, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Berbeda dengan pondok pesantren Al Muhajirin yang memiliki jumlah santri yang banyak, pondok pesantren ini memiliki santri kurang dari 80 santri. Hal tersebut juga karena pondok pesantren ini merupakan panti asuhan yang mendidik anak asuh dengan ajaran dan nuansa islami. 

12. Pondok Pesantren Hidayatullah 

Masih dari wilayah Kupang, pondok pesantren Hidayatullah berlokasi di JL. Raya Tablolong Km. 14, Kupang Barat, Bakunase, Kec. Kota Raja, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Selain kegiatan agama, pondok pesantren ini juga mengajarkan antiradikalisme kepada para santri. Kepedulian tersebut menunjukan adanya kepedulian pondok pesantren terhadap NKRI. 

Salah satu kegiatan keagamaan yang rutin dilakukan adalah kegiatan ujian tahfidzul Quran bagi para santrinya. Selain program tersebut, pondok pesantren ini juga mengajarakan pembelajran bahasa arab dan bahasa inggris kepada para santri. 

13. Pondok Pesantren miftahuddin 

Pondok pesantren Miftahuddin terletak di Jl. Raya Oe-Ekam, kec. Amanuban Timur, Kab. Timor Tengah selatan, Nusa Tenggara Timur. Pondok ini didirikan pada tahun 1993 dengan kajian utama berupa Nahwu, Sharaf, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Al Quran. 

Selain mempelajari kitab kuningm para santri diajarkan pula untuk mengkaji kitab salaf dengan melakukan pengajaran harian khusus kitab salaf. Selain kelembagaan dalam pembelajaran Al Quran, dan kitab lainnya, pondo ini juga memiliki lembaga pengembangan bahasa yang didalamnya mengedepankan bahasa Arab dan bahasa Inggris. 

14. Pondok Pesantren Al Bara’ah

Pondok pesantren ini terletak di daerah Adonara, Nusa Tenggara Timur. Berbagai prestasi ditorehkan oleh santri dari pondok pesantren Al Bara’ah. Salah satu yang paling menonjol adalah juaara 1 lomba pidato Bahasa Arab pospeda di provinsi NTT. Prestasi tersebut menunjukan adanya kemajuan pendidikan di wilayah tersebut khususnya santri pondok pesantren Al Bara’ah. 

15. Pondok Pesantren Annur 

Pondok pesantren yang berdiri pada tahun 2017 ini terletak di Jl. Imam Bonjol Ndao, Kel. Kota Ratu, Kec. Ende Utara, Flores, NTT. Visi yang ditanamkan di pondok pesantren ini adalah mengedepankan sunnah rasulullah dan mencetak generasi islam yang selalu cinta Al Quran dan sunnah Rasul. Berbagai kegiatan rutin harian selalu dijunjung tinggi seperti hafalan Al Quran.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar adanya nama-nama pondok pesantren terbaik yang ada di Provinsi NTT (Nusa Tenggara Timur). Semoga saja bisa berguna bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "15+ Pondok Pesantren Terbaik di Nusa Tenggara Timur (NTT)"