Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Pesantren Terbaik di Kota Kupang

 

Pesantren di Kota Kupang

Kota Kupang merupakan Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang disebut juga sebagai kota terbesar di Pulau Timor. Selain itu di daerah ini, masyarakatnya terdiri dari berbagai macam suku, dan yang lebih dominan biasanya adalah suku Rote, Timor, Tionghoa, Sabu, dan Flores. 

Kota Kupang terdiri dari 6 kecamatan dan 51 kelurahan. Nama-nama kecamatan di kota Kupang ini antara lain seperti kecamatan Kota Raja, kecamatan Alak, kecamatan Kota Lama dan sebagainya. 

Pesantren di Kota Kupang

Kota Kupang memiliki bangunan lembaga pendidikan agama islam atau disebut pondok pesantren. Jumlah ponpes di kota Kupang ini memang tidak begitu banyak, yaitu hanya ada sekitar 7 pesantren. Akan tetapi masing-masing pesantren memiliki keteguhan untuk selalu memperbaiki kualitasnya agar dapat melahirkan generasi yang beriman, berwawasan luas, dan berakhlak mulia. 

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Kupang

Daftar nama pondok pesantren di kota Kupang antara lain adalah sebagai berikut ini :

1. Ummul Qurro

Pondok Pesantren Ummul Qurro beralamat di Jl. Nebe Blok I No. 12 Kec. Alak. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pesantren Ummul Qurro yaitu ada sekitar 104 santri. Sedangkan jumlah tenaga pengajarnya yaitu ada 7 orang.

2. Al-Hikmah

Pondok Pesantren Al-Hikmah berdiri pada tahun 1996 dan beralamat di Jl. Lapangan Tembak (Sangkar Mas) No. 15. Santri yang menempuh pendidikan di ponpes ini jumlahnya ada sekitar 79 orang. Selain itu jumlah pengajar yang ada di pesantren Al Hikmah diketahui berjumlah 6 orang.

Visi pondok pesantren ini yaitu mengamalkan risallah atau misi Islam dengan berpedoman kepada Al -Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW.

3. Aisyiyah

Pondok Pesantren Aisyiyah beralamat di Jln. K. H. Ahmad Dahlan No. 17. Pesantren Aisyiyah mempunyai jumlah santri sebanyak 78 orang dengan adanya 5 ustadz yang membimbing. 

4. Attin 

Pondok Pesantren Attin beralamat di Jln. Kamp. Maleset Rt 19 Rw 06 Kel. Namosain. Jumlah santri yang belajar di pesantren Attin yaitu ada sekitar 98 orang dengan 7 ustadz yang mengajar. 

5. Hubul Wathan

Pondok Pesantren Hubul Wathan beralamat di Rt 026 Rw 07 Kel. Kayu Putih. Diketahui ponpes Hubul Wathan ini telah memiliki santri sebanyak 98 orang. Sedangkan jumlah tenaga pengajarnya ada sekitar 5 orang. 

6. El-Fata Kupang

Pondok Pesantren El-Fata Kupang beralamat di Jl. Kuangan Negara No 32. Pesantren El – Fata Kupang memiliki santri yang jumlahnya yaitu ada sekitar 100 orang dengan 7 ustadz yang membimbing. 

7. Al Quran 

Pondok Pesantren Al Quran beralamat di Jl. K.H.Ahmad Dahlan Iv Rt 013 Rw 004 No. 32. Ponpes yang satu ini memiliki jumlah santri yang belajar di ponpes sebanyak 104 orang. Sedangkan tenaga pendidiknya ada sekitar 7 orang.

Nah, itulah saja daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timut (NTT). Semoga bermanfaat untuk semua pembaca.

Posting Komentar untuk "7+ Pesantren Terbaik di Kota Kupang"