Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Sumbawa

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Sumbawa

Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah provinsi yang memiliki banyak sekali kabupaten dan salah satunya yaitu kabupaten Sumbawa.

Ibu kota kabupaten Sumbawa adalah Sumbawa Besar. Selain itu daerah di Sumbawa ini ternyata juga terkenal dengan makanan khasnya yang snagat enak dan menggugah selera. Beberapa makanan khas tersebut yaitu seperti gecok, singan, sepat, rambarang, dan beberapa jenis kue yang lainnya. 

Pesantren di Sumbawa

Pondok pesantren di kabupaten Sumbawa secara keseluruhan jumlahnya yaitu ada 15 pesantren. Sedangkan jumlah santrinya sendiri yaitu mencapai 3.744 santri dengan pembagian 2.805 santri berasal dari dalam daerah sedangkan sebanyak 939 santri dari luar daerah. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Sumbawa

Beberapa daftar nama pondok pesantren di kabupaten Sumbawa adalah sebagai berikut ini;

1. Darul Ikhlas Al-Islamy

Pondok Pesantren Darul Ikhlas Al-Islamy beralamat di Jln. Baypass Sumbawa Bima Desa Kerato. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes Darul Ikhlas Al – Islamy yaitu ada sekitar 86 santri dengan 7 ustadz yang membimbing. 

2. Gunung Galesa 

Pondok Pesantren Gunung Galesa beralamat di Jln. Pendidikan No. 1/5 Desa Moyo mekar. Pesantren Gunung Galesa juga diketahui sudah memiliki 783 santri dan 36 tenaga pendidik yang mengajar di ponpes tersebut. 

3. Darul Muttaqin

Pondok Pesantren Darul Muttaqin beralamat di Lintas Jotangtero Desa Jotangberu. Jumlah santri yang menimba ilmu di ponpes Darul Muttaqin berjumlah 261 orang dengan 7 ustadz yang mengajar. 

4. Al-Mutmainnah 

Pondok Pesantren Al - Mutmainnah beralamat di Jln. Lintas Sumbawa Lunyuk Km 12. Selain itu ponpes ini juga diketahui sudah mempunyai 127 santri dan 9 tenaga pendidik yang mengajar di ponpes tersebut. 

5. Nw Padasuka 

Pondok Pesantren Nw Padasuka beralamat di Jln. Pendidikan No. 1 Dusun Karyamakmur Desa Padasuka. Santri di ponpes Nw Padasuka jumlahnya yaitu ada sekitar 290 santri dengan 7 guru yang mengajar disana. 

6. Nw Samawa 

Pondok Pesantren Nw Samawa beralamat di Jln. Cenderawasih No. 50 A Sumbawa. Visi dan misi pesantren ini yaitu menciptakan insan yang bertaqwa, berakhlaq mulia, kuat dan mandiri. Sedangkan program unggulan yang ditawarkan dari ponpes Nw Samawa antara lain seperti habitat character building, Islamic boarding area, one day one thousand, Islamic leadership school dan lain-lain.

Pesantren ini juga diketahui sudah memiliki jumlah santri sebanyak 100 orang dengan 4 ustadz yang mengajar. 

7. As Sunny As Salafy Imam Syafi'i

Pondok Pesantren As Sunny As Salafy Imam Syafi'i beralamat di Jln. Raya Sumbawa Bima Desa Pungka. Santri yang belajar di ponpes ini jumlahnya yaitu ada sekitar 85 orang denga 16 tenaga pendidik. 

8. Al-Hikmah

Pondok Pesantren Al - Hikmah beralamat di Jln. Lintas Sumbawa-Tano KM 45 Dusun Bina Marga Desa Stowe Brang Kec. Utan Kab. Sumbawa NTB Kode Pos 84352. Jumlah santri yang ada di ponpes Al-Hikmah ini yaitu ada sekitar 229 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada sebanyak 14 orang. 

9. Nurul Yasin

Pondok Pesantren Nurul Yasin beralamat di Jalan Lintas Tano Sumbawa Km 59 Desa Buin Baru Kecamatan Buer. Pesantren Nurul Yasin diketahui sudah mempunyai 488 santri dengan 25 ustadz yang membimbing. 

10. Abu Bakar Al-Islamy

Pondok Pesantren Abu Bakar Al - Islamy beralamat di Jalan Lintas Sumbawa Bima Km 03 Sumbawa. Jumlah santri yang menimba ilmu di ponpes ini jumlahnya ada sekitar 491 orang dengan 25 guru yang mengajar. 

Nah, hanya itusaja informasi yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Sumbawa"