Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4+ Pondok Pesantren di Kota Palu yang Bagus


Palu merupakan ibukota dari Provinsi Sulawesi Tengah. Maka dari itu, pembangunan infrastruktur di sini berkembang sangat pesat. Termasuk pembangunan pondok pesantren, yang menjadi infrastruktur pendidikan keagamaan di Kota Palu. Semuanya ada di dalam list daftar nama pondok pesantren di Sulawesi, khsusunya wilayah Kota Palu antara lain;

Pesantren di Palu


Pondok pesantren dibangun di kota palu dengan visi meningkatkan kuantitas dan kualitas ulama. Sehingga, pemahaman masyarakat tentang islam lebih baik dan tidak ada kesenjangan spiritual dengan agama lain yang juga dominan di sini. Inilah yang menjadi dasar pembangunan pondok pesantren bermutu di kota ini.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Palu


Ponpes di Palu menyediakan kurikulum ajar pendidikan agama islam bermutu. Ini dikolaborasikan dengan materi ajar akademik non agama sebagai pendukung. Jangan khawatir, sistem belajarnya juga mulai modern. Ini dia daftar nama pondok pesantren di kota Palu yang dimaksud:

Ponpes Al Khairaat

Daftar nama pondok pesantren di Kota Palu yang pertama adalah ponpes Al Khairaat. Ini awalnya pondok tradisional, yang bangunannya pun dibuat sangat sederhana. Namun, saat ini perkembangannya sangat pesat. Bahkan sudah mendirikan universitas yang diberi nama Universitas Al Khairaat (UNISA).

Ponpes ini cocok untuk menggembleng anak usia dini agar cinta islam. Tinggal dimasukkan saja ke jenjang pendidikan yang ada di sana. Seperti Paud, MI, MTS dan MA. Jika ingin melanjutkan ke universitas juga dipersilahkan. Jadi di ponpes ini, jenjang pendidikan keagamaan santri lengkap dan sesuai dengan konteks jamannya.

Pondok pesantren Al Khairaat dibangun megah di Jalan Mangga Kamonji Kecamatan Palu Bar Kota Palu Sulawesi Tengah.

Ponpes Baitul Izzah Palu

Pondok pesantren Baitul Izzah adalah ponpes NU di kota Palu. Bahkan peresmiannya dilakukan oleh KH Said Aqil Siradj. Pondok sendiri dibangun oleh seorang pengusaha bernama Adi Pitoyo. Visinya adalah untuk merekrut insan Nahdiyin yang mumpuni soal keagamaan. Tentunya pula santri yang cinta NKRI.

Baitul Izzah khusus pondok Tahfidzul Quran. Maka dari itu, di sini, materi tentang ilmu Quran lebih banyak dibandingkan kajian keagamaan yang lain. Ini memang selaras dengan visi yaitu meningkatkan sumber daya manusia Palu yang berjiwa Qurani.

Pondoknya sendiri beralamat di Bar Donggala Kodi Kecamatan Palu Bar Kota Palu Sulteng.

Ponpes Darul Iman Palu

Ponpes Darul Iman Palu adalah pondok pesantren Aswaja yang berafiliasi ke organisasi NU. Pondok ini dibangun untuk meningkatkan pendalaman agama islam kalangan Nahdiyin agar lebih moderat serta bisa diwujudkan dalam bentuk perilaku yang baik. Dari sinilah, kelak diharapkan lahir sumber daya manusia yang moderat tetapi tetap tangguh dan berpendirian.

Ini juga pondok modern. Karena yang diajarkan tidak hanya ilmu agama melainkan juga materi umum. Bahkan di pondok ini juga dibangun RA, MI dan jenjang pendidikan seterusnya. Jadi, orang tua di Kota Palu, tidak usah bingung untuk memilih sekolah islam untuk putra-putrinya.

Pondok Darul Iman ada di Jl Asam II Lr IV No. 24 A Kecamatan Palu Barat Kota Palu Propinsi Sulawesi Tengah.

PP Amaliyah Palu

Pondok pesantren Amaliyah Palu adalah pondok pesantren unik. Karena di sini juga ada anak-anak mualaf yang belajar agama. Sekalipun begitu, santri lainnya juga diberi kesempatan untuk menimba ilmu. Sehingga terbangun sinergi dan toleransi yang baik. Mereka juga saling berinteraksi sosial dengan bersama-sama.

Pondok pesantren ini dibangun dengan idealisme tinggi. Semata untuk meningkatkan aura islam di Kota Palu agar tetap menyumbang sebagai agama terbesar di bumi nusantara. Maka dari itu, setiap tahun, santri yang masuk terus bertambah.

Silakan untuk lebih lengkapnya pembaca bisa akses Ponpes yang beralamat di jalan Jati  82 Tavanjuka Kecamatan Palu Selatan Kota Palu.

Pembangunan pondok adalah prioritas di kota Palu. Hal ini terlihat dari banyaknya pondok yang bermunculan. Di antaranya sudah dijelaskan dalam daftar nama pondok pesantren di kota Palu di atas. Semoga bermanfaat,

Posting Komentar untuk "4+ Pondok Pesantren di Kota Palu yang Bagus"