7+ Pondok Pesantren di Kabupaten Bantul yang Terbaik


Bantul merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Terletak di sebelah selatan Kota Yogyakarta, di Kabupaten Bantul juga terdapat banyak pondok pesantren yang banyak tersebar di seluruh wilayah Bantul.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar nama pondok pesantren di Yogjakarta, khususnya yang ada di Kabupaten Bantul.

Pesantren di Bantul


Sama seperti di Kota Yogyakarta, di Kabupaten Bantul juga terdapat beragam pondok pesantren yang menggabungkan pendidikan agama dengan pendidikan formal. Selain diperuntukkan bagi pelajar, beberapa pesantren juga dihuni oleh mahasiswa.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Bantul


Bagi Anda yang sedang mencari pondok pesantren untuk anak, adik, atau saudara, berikut daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Bantul. Dengan adanya informasi mengenai pesantren di Bantul diharapkan bisa menjadi referensi Anda dalam memilih pesantren yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan.

Pondok Pesantren Al Furqon

Berlokasi di Bongoskenti, Murtigading, Bantul, Pondok Pesantren Al Furqon merupakan pondok pesantren yang telah berdiri sejak tahun 1980. Selain menyediakan pendidikan agama untuk para santrinya, di Pondok Pesantren Al Furqon juga memiliki pendidikan formal, seperti Madrasah Tsanawiyah dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Untuk mengembangkan skill para santri, pesantren ini menyediakan beragam kegiatan ekstrakurikuler dengan fasilitas yang mendukung.

Pondok Pesantren Al Imdad

Pesantren Al Imdad beralamat di Kauman, Wijirejo, Pandak, Bantul. Berdiri sejak tahun 1980, Pesantren Al Imdad kini memiliki santri lebih dari 500 santri putra dan santri putri.

Selain fokus pada program tahfidz Quran dan mengkaji kitab kuning, Pesantren Al Imdad juga memfasiliasi santrinya untuk mengeyam pendidikan formal di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.

Beragam prestasi sudah diraih oleh para santri di berbagai bidang perlombaan. Selain fokus pada pendidikan agama dan umum, pesantren juga menyediakan kegiatan ekstrakurikuler untuk mengasah bakat santrinya.

Pondok Pesantren Hamalatul Quran

Berlokasi di Jalan Kembaran, Kasihan, Bantul, Pondok Pesantren Hamalatul Quran merupakan salah satu pondok tahfidz di Kabupaten Bantul. Santri di pondok pesantren ini harus ditempuh selama 7 tahun sejak santri lulus SD.

Selain fokus pada hafalan 30 juz, santri diharapkan juga menguasai beberapa kitab kuning, mampu mengoperasikan komputer, serta menguasai bahasa Inggris dan Arab.

Pondok Pesantren Al Mahabbah

Terletak di Srimartani, Piyungan, Bantul, Pondok Pesantren Al Mahabbah merupakan salah satu pondok pesantren di Bantul yang memiliki santri dari berbagai daerah. Kini jumlah santri yang ada di pesantren ini sudah mencapai 50 santri.

Bagi santri yang masih berusia sekolah MTs dan MA, pembimbing pesantren menyerahkan pendidikan formal ke berbagai sekolah NU di daerah Srimartani. Sehingga saat di pesantren, santri hanya fokus untuk memperdalam ilmu agama saja.

Pondok Pesantren Binaul Ummah

Pondok Pesantren Binaul Ummah merupakan pesantren yang terletak di Wonolelo, Pleret, Bantul. Pesantren ini didirikan oleh Kyai Ihsan yang awalnya bermula dari pengajian untuk masyarakat.

Seiring bertambahnya tahun, jumlah santri yang mondok di pesantren ini mencapai ratusan. Tak hanya santri yang menginap saja yang boleh belajar agama di pesantren ini, beberapa santri juga ada yang tidak menetap di pesantren.

Selain fokus pada pendidikan agama, Pesantren Binaul Ummah juga mendirikan Mts Al Quran Binaul Ummah yang fokus pada program tahfidz Al Quran dan kajian kitab kuning.

Pondok Pesantren Riyadhul Quran

Berlokasi di Triwidadi, Pajangan, Bantul, Pondok Pesantren Riyadhul Quran didirikan pada tanggal 9 April 2014. Selain memiliki program tahfidz Al Quran, pesantren ini juga fokus pada pendidikan agama islam, baik di dalam pesantren maupun di madrasah diniyah.

Selain itu, ada beberapa program khusus masyarakat, seperti bantuan kesehatan dan bantuan sosial pada masyarakat yang membutuhkan.

Pondok Pesantren Sunan Kalijaga

Pondok Pesantren Sunan Kalijaga terletak di Panggungharjo, Sewon, Bantul. Selain fokus pada pendidikan agama untuk para santrinya, Pesantren Sunan Kalijaga juga fokus pada program pemberdayaan masyarakat.

Melalui Koperasi Griya Jati Rasa, pesantren ini juga berfokus pada program pendidikan dan pembinaan untuk masyarakat di bidang bisnis.

Dengan adanya berbagai pondok pesantren di Bantul bisa menjadi pilihan Anda untuk menuntut ilmu agama di selatan wilayah Yogyakarta. Melihat daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Bantul bisa menjadi referensi Anda untuk memilih pondok pesantren yang sesuai dengan kebutuhan.

Belum ada Komentar untuk "7+ Pondok Pesantren di Kabupaten Bantul yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel