9+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Batu yang Bagus


Kota Batu merupakan salah satu kota yang menjadi destinasi wisata di Provinsi Jawa Timur. Meski begitu, ternyata di kota ini banyak terdapat pondok pesantren yang tersebar di seluruh wilayah Kota Batu. Untuk informasi lebih lanjut, berikut daftar nama pondok pesantren di Jawa Timur, khsusunya di wilayah Kota Batu.

Pesantren di Batu


Meski lebih dikenal sebagai kota wisata, Kota Batu juga memiliki pondok pesantren dengan nuansa sejuk khas pegunungan. Selain untuk memperdalam ilmu agama islam, santri juga dibekali dengan pendidikan formal yang dapat berguna jika santri ingin melanjutkan pendidikannya.

Daftar Pondok Pesantren di Kota Batu


Dengan mengetahui daftar nama pondok pesantren di Kota Batu dapat menjadi bahan rujukan Anda untuk memilih pesantren dengan suasana yang sejuk. Selain fasilitas yang mendukung untuk kegiatan belajar, terdapat beragam kegiatan lain yang dapat mendukung ketrampilan para santri.

Pondok Pesantren Miftahul Jannah

Pondok Pesantren Miftahul Jannah merupakan pondok pesantren tertua di Kota Batu yang telah berdiri sejak tahun 1781. Terletak di Jalan Wukir Gang 2, Sisir, Batu, pesantren ini tidak hanya untuk memperdalam agama islam saja.

Pondok Pesantren Manba’ul Ulum

Menjadi salah satu pesantren tertua di Kota Batu, Pondok Pesantren Manba’ul Ulum terletak di Jalan Mawar Merah no.124, Songgokerto, Batu. Pesantren ini tidak hanya untuk memperdalam agama islam saja, tetapi juga dilengkapi fasilitas pendidikan formal, mulai dari MI, MTs, MA, dan SMK.

Santri juga diberikan beberapa pilihan kegiatan ekstrakurikuler, seperti tahfidz Quran, tilawatil quran, jurnalistik, hadroh, dan seni bela diri. Pesantren ini juga membiasakan santrinya untuk berbahasa Arab dan Inggris untuk percakapannya sehari-hari.

Pondok Pesantren Darul Falah

Pondok Pesantren Darul Falah terletak di Jalan Pronoyudo, Areng-Areng, Batu. Pesantren ini berdiri pada tahun 2005 yang mengembangkan sistem salafiyah dan modern. Hingga kini santri yang menuntut ilmu di pesantren ini berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, bahkan ada yang berasal dari Malaysia.

Usia santri yang mukim di pesantren ini cukup beragam. Mulai dari usia SMP, SMA, S1 perguruan tinggi, hingga S2 perguruan tinggi. Meskipun tidak memiliki pendidikan formal yang berada di lingkungan pesantren, santri tetap bisa bersekolah formal di beberapa lembaga formal yang ada di sekitar pesantren.

Karena pesantren ini murni hanya untuk memperdalam ilmu agama, terdapat jenjang pendidikan dalam pesantren, yaitu tingkat RTQ, diniyah, wustha, takhassus, dan tahfiz.

Pondok Pesantren Nurul Huda

Berlokasi di Jalan Masjid,Moorejo, Junreo, Kota Batu, Pondok Pesantren Nurul Huda merupakan pondok pesantren di wilayah Batu yang berlandaskan ahlussunnah wal jamaah. Selain menggunakan pembelajaran yang efektif, pesantren ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung santri mukim di Pesantren Nurul Huda.

Pondok Pesantren Al Hidayah

Pondok Pesantren Al Hidayah merupakan salah satu pondok pesantren di Kota Batu, tepatnya berlokasi di Jalan Arjuno No. 48D. Didirikan oleh KH Muhammad Martain Karim, pesantren ini kini memiliki jumlah santri sebanyak lebih dari 150 santri.

Pondok Pesantren Darus Salam

Terletak di Kedung Giripuro, Bumiaji, Kota batu, Pondok Pesantren Darus Salam didirikan oleh Kyai Abdul Karim Hasan. Menggunakan sistem metode salafiyah, jumlah santri yang ada di pesantren ini lebih dari 100 santri putra dan putri.

Pondok Pesantren Manbaul Hikmah

Pondok Pesantren manbaul Hikmah terletak di Jalan Anjasmoro Gerdu, Bumiaji, Kota Batu. Pesantren ini didirikan oleh KH Syamsudin dan kini memiliki jumlah santri hampir 100 santri putra dan putri.

Pondok Pesantren Mafatihul Muhtadin

Pondok Pesantren mafatihul Muhtadin merupakan salah satu pondok pesantren salafiyah yang terletak di Mojorejo, Pendem, Junrejo, Kota Batu. Didirikan oleh KH Sulaiman Thoyib, pesantren ini memiliki jumlah santri sebanyak 200 santri.

Pondok Pesantren Roudlotul Ulum

Pondok Pesantren Roudlotul Ulum terletak di Rejoso, Junrejo, Kota Batu. Pesantren ini didirikan oleh Kyai Asyari dengan jumlah santri lebih dari 150 santri putra dan santri putri.

Dengan mengetahui daftar nama pondok pesantren di Kota Batu dapat membantu Anda dalam mencari pesantren terbaik menurut Anda di Kota Batu. Dengan mengetahui fasilitas dan jumlah santri yang ada di pesantren dapat menjadi bahan pertimbangan Anda untuk memilih pesantren di Kota Batu.

Belum ada Komentar untuk "9+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Batu yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel