7+ Pondok Pesantren di Kabupaten Bondowoso yang Bagus


Kabupaten Bondowoso berada di Provinsi Jawa Timur dan satu-satunya kabupaten yang terkurung daratan atau tidak mempunyai garis pantai di wilayah Tapal Kuda. Sama seperti daerah lainnya, kabupaten ini juga mempunyai banyak sekali pondok pesantren untuk memperdalam ilmu agama.

Terdapat sekitar 160an daftar pondok pesantren di kabupaten yang sebagian besar wilayahnya merupakan pegunungan dan dataran tinggi ini.

Pesantren di Bondowoso


Membicarakan tentang pondok pesantren di Kabupaten Bondowoso tidak jauh berbeda dengan daerah lainnya. Setiap pesantren tentu memiliki peraturan dan metode pembelajaran yang tidak sama, namun memiliki tujuan yang sama yaitu mencetak generasi yang beriman, bertaqwa, berilmu, dan bermanfaat.

Terdapat 23 kecamatan yang meliputi 10 kelurahan, dan 209 desa di Kabupaten Bondowoso. Persebaran pondok pesantren hampir merata di setiap kecamatan di kabupaten ini.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Bondowoso


Berikut ini daftar sejumlah pondok pesantren di Jawa Timur, khususnya yang ada di seputaran wilayah Kabupaten Bondowoso:

Pondok Pesantren Al-Ishlah

Pondok pesantren yang pertama bernama Pondok Pesantren Al-Ishlah yang dipimpin oleh KH. Muhammad Ma’shum dan KH. Muhammad Thaha Zakaria. Pondok pesantren yang juga memiliki lembaga sekolah formal ini beralamat di Jl. Raya No. 17-19, Dadapan, Grujugan, Bondowoso 68261 dengan nomor telepon 0332 424027.

Ponpes Al-Ishlah juga memiliki lembaga perguruan tinggi bernama STIT Al-Ishlah. Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kontak di atas atau akses situs popes Al-Ishlah http://alishlah.ponpes.id/.

Pondok Pesantren Nurut Taqwa

Selanjutnya, ada pesantren Nurut Taqwa yang telah ada sejak tahun 1976. PP Nurut Taqwa didirikan oleh Al Maghfirullah KH. Ma’shum Zainullah yang awalnya merupakan sebuah masjid kurang terawat. Ponpes yang berada di Krajan II, Grujugan, Cermee, Kabupaten Bondowoso ini juga memiliki lembaga sekolah umum.

Pendidikan di pondok pesantren ini meliputi Madin, Tahfidzul Qur'an, Raudlatul Athfal Bina Nurut Taqwa, MI, Mts, Madrasah Aliyah, serta SMK Nurut Taqwa.

Pondok Pesantren Darul Istiqomah

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Bondowoso selanjutnya adalah Ponpes Darul Istiqomah yang merupakan pesantren modern dengan lingkungan yang sejuk, asri, dan lumayan megah bangunannya.

Kawasan pondok yang lumayan jauh dari jalan raya, membuat suasana belajar semakin nyaman terutama didukung dengan lingkungan yang sangat menyenangkan.

Pondok Pesantren Darul Istiqomah dibangun di atas tanah sekitar 2,5 dan terletak di Desa Pakuniran, Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Ponpes ini didirikan pada tahun 1994 oleh KH Masruri Abd Muhit.

Pondok Pesantren Al-Ghafur

Pondok pesantren selanjutnya cukup unik dan jarang sekali ditemukan, yaitu pondok pesantren yang dihuni khusus santri Orang Gangguan Jiwa (ODGJ). Pengasuh dari pesantren ini adalah H Nawawi yang tempat tinggalnya masih dalam area ponpes.

Beliau memberikan metode penyembuhan dengan pendekatan agama seperti pada anak kecil untuk memperbaiki secara psikis.

Setiap pukul 3 pagi, para santri disuruh bangun, mandi, dan sholat. Untuk santri yang telah mengalami kesembuhan 90%, diminta untuk membantu membersihkan area pesantren, bertani, dan memasak.

Pondok Pesantren Bustanul Ulum

Pondok pesantren di Kabupaten Bondowoso selanjutnya adalah Pondok Pesantren Bustanul Ulum yang terletak di Jalan Purbakala, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur. Ini adalah pondok pesantren yang terdiri dari santri putra dan santri putri dengan jumlah ratusan santri. PP Bustanul Ulum didirikan oleh KH. Abdus Syukur, dan saat ini dipimpin oleh KH. Baidlawi.

Pondok Pesantren Darul Ulum

PP Darul Ulum dalam sejarahnya didirikan oleh KH. Mahfud yang beralamat di Maskuning Kulon Rt 14, Pujer, Kab. Bondowoso. Pada tahun 2013, santri laki-laki berjumlah 143 dan santri perempuan 133.

Pondok Pesantren Al Barokah

Terakhir ada pondok pesantren Al Barokah yang didirikan oleh KH. Subhan Saifur Ruslan pada tahun 1973. Ponpes ini terletak di Jl. Pesantren Blok-A, Desa Padasan, Pujer, Kab. Bondowoso, Prov. Jawa Timur. Ponpes yang memiliki lembaga sekolah formal ini juga telah membuka program Universitas Terbuka dengan prodi, yaitu MIPA, FKIP, FISIP dan Ekonomi.

Bagaimana, Anda tertarik mondok atau mendaftarakan putra dan putri di salah satu daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Bondowoso ini?. Semoga saja ya, sebab belajar Agama Islam itu ialah seuatu kewajiban. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "7+ Pondok Pesantren di Kabupaten Bondowoso yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel