5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Lebak yang Bagus


Lebak merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat dengan ibukota Rangkasbitung. Selain terkenal dengan obyek wisatanya, Kabupaten Lebak juga memiliki beragam pondok pesantren yang terdiri dari pondok pesantren salafiyah dan pondok pesantren modern. Berikut daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Lebak.

Pesantren di Lebak


Tersebar di seluruh wilayah Lebak, pesantren di Lebak sudah banyak yang berdiri untuk mensyiarkan ajaran agama islam ke masyarakat sekitar. Tak hanya menyediakan lembaga non formal saja, beberapa pesantren juga mendirikan lembaga pendidikan formal yang bisa diakses oleh para santri dan masyarakat sekitar.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Lebak


Beragam pondok pesantren telah berdiri di Kabupaten Lebak dan tersebar di seluruh wilayah. Fasilitas yang ada di pondok pesantren juga cukup beragam dengan aneka kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan santri.

Dengan adanya daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Lebak akan membantu Anda dalam mempertimbangkan pondok pesantren di Lebak.

Pondok Pesantren La Tansa

Pondok Pesantren La Tansa terletak di Parakansantri, Lebakgedong, Lebak. Pesantren ini berada di lembah dengan tanah seluas 13 hektar. Selain untuk memperdalam ilmu agama islam, santri di pesantren ini juga dapat melanjutkan pendidikan formal, mulai dari SMP hingga SMA.

Tak hanya santri dari wilayah Lebak saja yang mukim di pesantren ini, tetapi juga ada santri yang berasal dari wilayah lain di Indonesia.

Pesantren ini diperuntukkan bagi santri yang sudah lulus SD dengan menempuh pendidikan di pesantren selama 6 tahun.

Sedangkan santri yang telah lulus SMP dapat menempuh pendidikan selama 3 tahun. Selain fasilitas yang lengkap, pesantren juga menyediakan beragam kegiatan ekstrakurikuler untuk santrinya, seperti teater, pramuka, beladiri, drumband, qasidah, dan penelitian ilmiah.

Pondok Pesantren Tahfidz Manahijussadat 2

Pondok Pesantren Tahfidz Manahijussadat 2 merupakan pondok pesantren tahfidz di Lebak yang terletak di Jalan Ponpes Manahijussadat, Pasarkeong, Cibadak. Pesantren ini telah berdiri sejak tahun 1997 dengan program tahfidz dan penggunaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai percakapan sehari-hari.

Program yang ditawarkan dimulai dari lulusan SD dengan program pendidikan 6 tahun dan lulusan SMP dengan program pendidikan 4 tahun.

Tak hanya untuk menghafal Quran saja, santri di pesantren ini juga bisa melanjutkan pendidikannya di jenjang pendidikan MTs dan MA yang ada di lingkungan pesantren.

Selain itu, adanya kegiatan ekstrakurikuler juga bisa dipilih santri, seperti komputer, bela diri, pramuka, kesenian, latihan kepemimpinan, dan marching band.

Pondok Pesantren Daar el Rofa’

Pondok Pesantren Daar el Rofa’ terletak di alun-alun Cempalng, Cempaka, Warunggunung, Lebak. Pesantren ini merupakan pesantren modern yang menerima santri lulusan SD/MI.

Pesantren ini menerapkan pola pendidikan selama 24 jam yang memadukan kurikulum pesantren modern dan kurikulum pendidikan nasional. Dengan program pendidikan selama 6 tahun, santri diharapkan mampu memiliki akhlakul karimah yang berguna bagi Bangsa Indonesia.

Pondok Pesantren Modern Al Mizan Putra

Selain terletak di Kabupaten Pandeglang, Pondok Pesantren Al Mizan juga memiliki lokasi yang ada di Kabupaten Lebak. Terletak di Jalan Jenderal Sudirman KM 3, Narimbang, Rangkasbitung, Lebak, Pondok Pesantren Al Mizan ini dikhususkan untuk santri putra saja.

Berdiri sejak tahun 1993, Pondok Pesantren Al Mizan menerapkan program tahfidz Quran dan pendalaman kitab kuning. Selain itu, disediakan pendidikan formal, mulai dari SMP hingga SMA yang terletak di lingkungan pesantren.

Untuk mengembangkan ketrampilan santri, pesantren juga menyediakan beragam kegiatan ekstrakurikuler, seperti khitobah, beladiri, pramuka, english club, olahraga, PMR, dan paskibra.

Pondok Pesantren Modern Darel Azhar

Pondok Pesantren Darel Azhar terletak di Jalan Komp. Pendidikan, Muara Ciujung Tim, Rangkasbitung, Lebak. Pondok Pesantren Modern Darel Azhar tidak hanya mendidik santri untuk menguasai ilmu agama saja, tetapi juga untuk mencetak santri yang berwawasan luas dan berbudi pekerti luhur.

Selain untuk memperdalam ilmu agama islam, santri juga bisa bersekolah di jenjang pendidikan formal.

Pendidikan formal yang disediakan pesantren tidak hanya untuk para santri, tetapi juga masyarakat sekitar, yang dimulai dari RA, MI, MTs, dan MA.

Dengan mengetahui fasilitas yang ada di pesantren bisa menjadi bahan rujukan pesantren di Lebak. Dari daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Lebak di atas dapat menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih pesantren.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Lebak yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel