7+ Pondok Pesantren di Kabupaten Mojokerto yang Terkenal

Pondok pesantren mempunyai andil yang sangat besar dalam mencetak dan mendidik generasi penerus bangsa yang berwawasan global dengan dilandasi iman dan taqwa. Sama dengan kabupaten lainnya, Kabupaten Mojokerto juga memiliki banyak pesantren baik salafiyah, khalafiyah, ataupun kombinasi.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini beberapa daftar nama pondok pesantren di Jawa Timur, khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Mojokerto yang bisa Anda jadikan referensi.

Pesantren di Mojokerto


Kabupaten Mojokerto memiliki 18 kecamatan yang terdiri dari beberapa kelurahan dan desa dimana persebaran lokasi pesantren cukup merata di beberapa kelurahan. Pesantren di Kabupaten Mojokerto jumlahnya 100 lebih dan menjadi pusat dakwah untuk warga sekitar.

Pondok pesantren di kabupaten ini juga menyelenggarakan berbagai lembaga pendidikan formal dan non-formal.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Mojokerto


Berikut ini deretan daftar pesantren yang ada di Kab. Mojokerto, baik salafiyah, khalafiyah, maupun kombinasi, antara lain:

Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah

Pondok pesantren ini didirikan oleh KH Yahdi Mathlab di Desa Mojogeneng, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.

Pondok pesantren Bidayatul Hidayah merupakan pesantren salafiyah yang juga menggunakan metode modern sehingga para santri diharapkan saat terjun di masyarakat dapat menghadapi berbagai tantangan zaman.

Pendidikan formal yang diselenggarakan pesantren ini meliputi RA, MI, MTs, MA, serta pendidikan non-formal seperti Madrasah Diniyah dan Tahfidz Qur'an.

Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an “AN-NAWAWIY"

Berikutnya ada PP Tahfidzul Qur’an yang didirikan oleh Kyai H M. Masrur Yusuf pada tahun 1992. Pesantren yang berada di Dusun Mengelo Utara, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto ini merupakan pesantren khusus hafalan alqur’an.

Pada tanggal 14 Desember 2002, KH M. Masrur Yusuf wafat dan kepemimpinan pesantren dilanjutkan oleh istrinya, ibu Nyai Mustaghfiroh beserta putra-putrinya yang semuanya penghafal alqur’an.

Semua kegiatan pesantren tetap berjalan lancar dari TPQ, madrasah diniyah dan lainya hingga pada tahun 2011 pesantren ini terdaftar secara hukum menjadi YPSPPTQ An-Nawawiy.

Pondok Pesantren Al Khotimah

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Mojokerto selanjutnya adalah Pondok Pesantren Al Khotimah yang terletak di Gayaman, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur, nomor telepon 0321-397366.

Jumlah santri di ponpes Al Khotimah, yaitu santri laki-laki 52, dan santri perempuan 35 orang.  Ponpes Al Khotimah didirikan oleh KH Ridwan Abadi, dan saat ini dipimpin oleh Khusnul Khotimah, S.Ag.

Pondok Pesantren Al Multazam

Pondok pesantren di Kabupaten Mojokerto berikutnya terletak di Jalan Raya Kepuhanyar No.24 Mojoanyar, Mojokerto 61364, nomor telepon 0321-327316 bernama PP Al Multazam. Pondok Pesanten Al-Multazam didirikan oleh KH Makkinuddin Qomary pada tanggal 25 September 1994.
Ponpes Al Multazam merupakan pondok pesantren yang menggunakan metode kombinasi.

Pendidikan formal yang diselenggarakan pesantren ini adalah KB-TK, MTs, SMP, serta SMA Al-Multazam yang terakreditasi A. Pondok Pesanten Al-Multazam juga menyelenggarakan pendidikan informal berupa Madrasah Diniyah.

Selain itu, ponpes ini juga memiliki lembaga pendidikan nonformal berupa Lembaga Murrotil Qur'an, Lembaga Pengembangan Bahasa Asing, dan Lembaga Pengembangan Bakat dan Minat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran dan sebagainya, Anda dapat kunjungi http://www.almultazam.org, atau hubungi info@almultazam.org.

Pondok Pesantren Nurul Musthofa

Pondok pesantren berikutnya yang ada di Mojokerto adalah PP Nurul Musthofa yang didirikan oleh K Syaifuddin di Sumbersari, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jatim, dan nomor telepon 0321591637. Pondok salafiyah ini memiliki jumlah santri putra dan putri sekitar 50an orang.

Pondok Pesantren Al Hasyimi

Nama pesantren berikutnya adalah PP Al Hasyimi yang terletak di Sidomulyo, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto, nomor telepon 0321-396034. Ini adalah pesantren yang menggunakan metode kombinasi yang dipimpin oleh KH Drs A Chumaidi Cholil. Jumlah santri di pondok pesantren Al Hasyimi sekitar 150 lebih baik santri putra maupun putri.

Pondok Pesantren Darul Ma'arif

Pondok pesantren di Kabupaten Mojokerto yang terakhir adalah Pondok Pesantren Darul Ma'arif yang diasuh oleh K Drs. H. Islahudin, MHI. Ponpes yang beralamat di Ds.Tinggar, Dsn.Tinggar Buntut, Kecamatan Bangsal ini juga memiliki Madrasah Tsanawiyah dan Lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an yang masih berada dalam area pesantren.

Demikian daftar lengkap nama pondok pesantren di Kabupaten Mojokerto Provinsi Jawa Timur. Jika Anda ingin putra atau putri memperoleh pendidikan agama yang lebih baik, pesantren merupakan salah satu cara terbaik untuk mewujudkan keinginan Anda.

Belum ada Komentar untuk "7+ Pondok Pesantren di Kabupaten Mojokerto yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel