5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Pamekasan yang Terkenal


Selain Kabupaten Sampang, salah satu kabupaten di Pulau Madura yang masih berada di Provinsi Jawa Timur adalah Kabupaten Pamekasan. Di wilayah Pamekasan terkenal dengan beragam kegiatan sosial budaya, termasuk karapan sapi.

Meski begitu, ternyata kehidupan religi masyarakat Pamekasan sangat baik dengan banyaknya pondok pesantren yang sudah berdiri. Berikut daftar nama pondok pesantren di Jawa Timur, yang khususnya berada di wilayah Kabupaten Pamekasan.

Pesantren di Pamekasan


Beberapa pesantren di Pamekasan merupakan pesantren yang berusia tua dengan jumlah santri yang tidak hanya berasal dari Pulau Madura. Selain untuk memperdalam ilmu agama, santri juga difasilitasi dengan pendidikan formal sesuai dengan jenjang pendidikannya.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Pamekasan


Meskipun beberapa merupakan pondok pesantren yang sudah lama berdiri, fasilitas yang ada di pesantren bisa membuat santri merasa nyaman. Dengan mengetahui daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Pamekasan akan memberikan Anda informasi mengenai alamat, fasilitas, dan program yang ditawarkan oleh pesantren.

Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen

Berlokasi di Potoan Laok, Pamekasan, Pondok Pesantren Miftahul Ulum telah berdiri sejak tahun 1827 oleh Nashruddin ibn Itsbat. Jumlah santri yang mukim di pesantren ini pun lebih dari 2000 santri dan belum termasuk jumlah santri laju.

Selain fasilitas yang cukup lengkap, Pondok Pesantren Miftahul Ulum juga memiliki berbagai pendidikan formal yang dimulai dari PAUD, MI, SD, SMP, MTs, SMA, SMK, dan MA.

Pesantren juga mendirikan perguruan tinggi yang diberikan nama Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAIMU). Para santri juga bisa mendapatkan pendidikan nonformal yang berupa kursus pelatihan dari pihak pesantren.

Pondok Pesantren Miftahul Qulub

Pondok Pesantren Miftahul Qulub merupakan pesantren di Pamekasan yang terletak di Polagan, Galis. Berdiri sejak tahun 1960, pesantren ini didirikan oleh Kyai fadloli Siraj.

Selain untuk memperdalam ilmu agama dan belajar membaca Al Quran, santri di pesantren ini juga disediakan pendidikan formal yang dimulai dari MTs, MA, dan SMK.

Tak hanya itu, santri juga bisa mengembangkan ketrampilannya melalui beragam kegiatan ekstrakurikuler, seperti aneka jenis olahraga, jurnalistik, marching band, pidato, dan pramuka.

Pondok Pesantren Mambaul Ulum

Terletak di Panaan, Palengaan, Pondok Pesantren Mambaul Ulum didirikan oleh RKH. Abdul Majib ibn Abdul Hamid ibn RKH Itsbat di tahun 1943.

Perkembangan pesantren di sini cukup pesat dengan santri yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.Pesantren juga mendirikan lembaga pendidikan, mulai dari MI, MTs, dan MA yang tidak hanya diperuntukkan bagi para santri, tetapi juga masyarakat sekitar.

Pondok Pesantren Darul Ulum

Pondok Pesantren Darul Ulum merupakan salah satu pondok pesantren tertua di Madura yang telah berdiri sejak tahun 1787 oleh KH Itsbat bin Ishaq.

Pesantren ini terletak di Banyuanyar, Palengaan, Pamekasan. Tidak hanya untuk mengajarkan pendidikan agama islam saja, pesantren juga mengembangkan akhlakul karimah untuk santrinya.

Dengan fasilitas pesantren yang memisahkan santri putra dan putri, pesantren ini juga menyediakan lembaga pendidikan formal, mulai dari TK, MI, MTs, MA, SMP Tahfidz, dan SMA Tahfidz.

Pesantren juga memfasilitasi santri dengan aneka kegiatan ekstrakurikuler yang dapat mengembangkan ketrampilan para santri, seperti kaligrafi, pelatihan wirausaha, seni baca Al Quran, teater, komputer, dan pramuka.

Pondok Pesantren Miftahul Ulum

Pondok Pesantren Miftahul Ulum telah berdiri sejak tahun 1912 oleh RKH Sirojuddin. Terletak di Jalan Bettet Pamekasan, pesantren ini tidak hanya untuk belajar memperdalam ilmu agama islam saja.

Pesantren juga mengajarkan kepada santrinya untuk menguasai Bahasa Madura, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab.

Santri juga bisa menuntut ilmu umum melalui pendidikan formal yang tersedia, dimulai dari MI, SD, MTs,, MA, dan Universitas Islam Madura. Selain dilengkapi fasilitas yang lengkap, tersedia juga WIFI gratis selama 24 jam.

Santri juga dibekali dengan ilmu terapan, seperti ilmu beternak dan berkebun yang akan berguna setelah santri lulus. Hingga saat ini, Pondok Pesantren Miftahul Ulum telah memiliki cabang di Banjarmasin yang sudah berdiri sejak tahun 1982 dengan fasilitas yang sama dengan yang ada di Pamekasan.

Dengan mengetahui informasi mengenai daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Pamekasan dapat membantu Anda memilih pesantren yang ada di Pulau Madura. Perbedaan biaya pendidikan di masing-masing pesantren juga bisa menjadi pertimbangan Anda, selain fasilitas yang akan diperoleh.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Pamekasan yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel