Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Pulau Madura yang Menjadi Pilihan

Nama Pondok Pesantren di Madura

Madura adalah salah satu daerah di Indonesia yang cukup luas dan memiliki beberapa pulau di wilayah tersebut. Beberapa kota yang ada di Madura antara lain adalah Bangkalan, Sampang, Pemekasan, Sumenep, dan Kalianget.

Selain itu, dari segi ekonomi, masyarakat mengutamakan sektor pertanian dalam skala kecil untuk mempertahankan hidup. Madura juga termasuk salah satu daerah yang memiliki beberapa lembaga pendidikan, diantaranya yaitu pendidikan non formal seperti pondok pesantren.

Pesantren di Madura

Pondok pesantren yang ada di Madura umumnya menjadi salah satu lembaga pendidikan agama islam yang diincar untuk menuntut ilmu pada wilayah Jawa Timur. Selain itu madura juga disebut sebagai daerah gudangnya para ulama.

Oleh karena itu ponpes yang ada di madura sudah pasti memiliki kualitas yang baik dan mampu meluluskan santri-santri yang kompoten. Selanjutnya dibawah ini akan dijelaskan lebih lengkap mengenai pondok pesantren yang ada di Jawa Timur, khususnya Pulau Madura.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Madura

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pondok pesantren di Madura adalah : 

1. Pondok Pesantren Darul Ulum

Pertama yaitu ada pondok pesantren Darul Ulum yang sistem pendidikan dan modelnya hampir sama dengan pondok pesantren Sidogiri. Pesantren yang satu ini termasuk pondok pesantren salaf, tradisional, klasik yang ditandai dengan adanya metode belajar penguasaan nahwu dan pengkajian kitab kuning. 

Pondok pesantren Darul Ulum juga termasuk pesantren yang usianya sudah sangat tua karena didirikan sejak tahun 1718. 

2. Pondok Pesantren Al Amien

Kedua yaitu ada pondok pesantren Al Amien yang memiliki model pendidikan modern yang hampir mirip dengan model pendidikan di ponpes Modern Gontor. Bahkan dalam hal seragam sehari haripun menggunakan jas dan dasi.

Pesantren Al Amien juga disebut sebagai pondok pesantren terbaik yang ada di Madura karena memiliki jenjang pendidikan yang lengkap hingga perguruan tinggi.

3. Pondok Pesantren Mambaul Ulum

Ketiga yaitu pondok pesantren Mambaul Ulum yang berada di kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Pesantren ini disebut sebagai ponpes rujukan penentuan tokoh-tokoh politik besar yang ada di Indonesia salah satunya ialah Sandiaga Uno.

Pola pendidikan yang dilaksanakan dalam pesantren di Pamekasan, khususnya Mambaul Ulum yaitu model sistem formal. Selain itu di pesantren ini juga memiliki program tahsin hingga tahfidz al quran. 

4. Pondok Pesantren As Shomadiyah

Keempat yaitu pondok pesantren As Shomadiyah, yang lebih dikenal sebagai pesantren tahfidz quran. Jenjang pendidikan di pondok pesantren As Shomadiyah yaitu mulai dari TK, Pesantren SD, Pesantren SMP, hingga Pesantren SMA atau setara dengan Madrasah Aliyah. 

5. Pondok Pesantren An Nuqayyah 

Kelima yaitu pondok pesantren An Nuqayyah yang didirikan oleh KH. Moh. Syarqowi. Pondok pesantren An Nuqayyah disebut pula sebagai pesantren terbesar yang ada di Madura karena selain memiliki jenjang pendidikan yang banyak, ternyata juga mempunyai ribuan santri dan unsur gaya pendidikan klasik maupun modern. 

6. Pondok Pesantren Miftahul Ulum

Keenam yaitu pondok pesantren Miftahul Ulum Bettet yang didirikan pada tahun 1912 oleh Almarhum RKH. Sirojuddin. Santri yang belajar di pondok pesantren ini mendapatkan bekal pendidikan seperti Nahwu, Fiqih, Sorrof, Salaf, dan lain -ain.

7. Pondok Pesantren Bustanul Huffadz As-Sa’idiyah 

Ketujug yaitu pondok pesantren Bustanul Huffadz As-Sa’idiyah yang beralamat di Jl. KH. Hasyim Asy’ari No. 42 Sampang.

Pondok pesantren di Sampang yang satu ini ternyata memiliki program yang begitu unik karena memberikan fasilitas bagi masyarakat yang ingin menghafal al quran. Sehingga para santrinya semuanya adalah seorang hafidz. 

8. Pondok Pesantren Tahfidzil Quran Al-Ashor

Kedelapan yang menjadi pondok pesantren terbaik di Pulau Madura adalah pondok pesantren Tahfidzil Quran Al-Ashor yang letaknya berada di Kampung Keramat, Desa Ujung Piring, Kec. Kota Bangkalan. Oleh karena itulah bagi masyarakat yang beragama Islam bisa menjadikan pondok pesantren di Bangkalan ini menjadi pilihan.

9. Pondok Pesantren Nurul Cholil

Kesembilan yaitu pondok pesantren Nurul Cholil yang lokasinya berada di Jln. KH. Moh. Kholil 3/10 Bangkalan. Pondok pesantren ini memiliki program tahfidz yang membantu para santri untuk menghafal/tahfidz Al-Quran.

10. Pondok Pesantren Roudlatul Muta’allimin Al-Aziziyah

Terakhir ada pondok pesantren Roudlatul Muta’allimin Al-Aziziyah yang lokasinya berada di Sebaneh Bancaran Kota Bangkalan.

Itulah saja daftar informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Pulau Madura dan daerahnya. Semoga saja menjadi kabar yang berguna.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Pulau Madura yang Menjadi Pilihan"