6+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Pandeglang yang Terkenal


Pandeglang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Banten yang terletak di ujung barat Pulau Jawa. Sebagian besar penduduknya yang beragama islam membuat kondisi sosial masyarakat yang religius.

Sarana pendidikan yang ada di Kabupaten Pandeglang pun cukup beragam, termasuk pondok pesantren. Berikut ini daftar nama pondok pesantren di Banten, khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Pandeglang.

Pesantren di Pandeglang


Pesantren di Pandeglang tersebar di seluruh wilayah kabupaten yang terdiri dari pondok pesantren salafiyah dan pondok pesantren modern. Fasilitas yang tersedia pada pesantren pun cukup beragam sesuai dengan biaya pendidikan yang telah dibayarkan.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Pandeglang


Bagi Anda yang ingin nyantri di Kabupaten Pandeglang, berikut daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Pandeglang yang bisa Anda pilih. Perbedaan biaya pendidikan dan fasilitas bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk memilih pesantren di Pandeglang.

Pondok Pesantren Tahfidz Irhamna Bil Qur’an

Pondok Pesantren Tahfidz Irhamna Bil Qur’an merupakan pondok pesantren tahfidz di Kabupaten Pandeglang yang terletak di Desa Pari, Mandalawangi, Pandeglang. Pesantren ini tidakhanya fokus pada hafalan quran saja, tetapi juga mengamalkan isi Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu program unggulan dari pesantren ini adalah adanya program percepatan atau kelas intesnif dimana selama 6 bulan santri bisa memilih program tahfidz, hadist, dan lancar baca kitab kuning.

Selain program 6 bulan, santri juga bisa memilih program hafal 1002 bait nadzom alfiyah hanya dalam 3 bulan. Pesantren ini dibuka mulai dari santri usia SD, SMP, dan SMA untuk program reguler.

Pondok Pesantren Modern Darussalam

Pondok Pesantren Darussalam terletak di Jalan Cilaja No.7, Majasari, Pandeglang. Biaya bulanan yang ada di pesantren ini mencakup biaya makan dan biaya operasional dengan total 400 ribu rupiah.

Mengadopsi dari Pondok Pesantren Gontor, Pesantren Darussalam memfokuskan pendidikan asrama 24 jam. Kegiatan yang ada di pesantren ini pun cukup beragam mulai dari sebelum subuh hingga malam.

Di pagi harinya santri bisa belajar di kelas sesuai dengan tingkat pendidikannya. Untuk santri yang mulai mukim setelah lulus SD akan menempuh pendidikan selama 6 tahun, sedangkan santri lulusan SMP akan menempuh pendidikan selama 3 tahun.

Pondok Pesantren Riyadussholihin

Terletak di Jalan Radukacang, Cimanuk, Pandeglang,  Pesantren Riyadussholihin hanya menerima santri putra saja yang telah lulus SD. Selain program tahfiz Quran dan kajian islami, pesantren juga menyediakan pendidikan formal yang bisa diikuti santri dan masyarakat sekitar.

Pendidikan formal yang ada di pesantren mulai dari jenjang PAUD, SD-IT, SMP-IT, SMA, dan perguruan tinggi yang bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Riyadussholihin (STAIR).

Pondok Pesantren An Nahl Darunnajah

Pondok Pesantren An Nahl Darunnajah merupakan pondok pesantren modern di Pandeglang yang terletak di pesisir pantai selatan, tepatnya di daerah Cikeusik.

Tak hanya untuk memperdalam agama islam dan menghafal Al Quran saja, di pesantren ini juga menerapkan pendidikan formal tingkat MI, MTs, dan MA. Selain itu, adanya beragam kegiatan ekstrakurikuler, seperti marawis, pramuka, pidato, olahraga, dan kesenian dapat mengembangkan ketrampilan para santri.

Pondok Pesantren Turus

Terletak di Jalan Rangkasbitung KM 2,5 Pandeglang, Pondok Pesantren Turus telah berdiri sejak tanggal 10 Februari 1942. Di pesantren ini santri bisa memperdalam ilmu agama islam sambil bersekolah formal yang terdapat di wilayah pesantren.

Selain santri yang mukim, pendidikan formal yang ada juga bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar, mulai dari RA, MI, MTs, dan MA. Selain itu, ada juga kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan ketrampilan santri.

Pondok Pesantren Modern Al Mizan

Di Pandeglang terdapat 2 Pondok Pesantren Al Mizan, yaitu Pondok Pesantren Putri Al Mizan 2 dan Pondok Pesantren Tahfidz Quran Al Mizan 3.

Pondok Pesantren Putri Al Mizan 2 terletak di Jalan AMD Lintas Timur, Kampung Cikole dengan program 6 tahun bagi lulusan SD dan program 3 tahun bagi lulusan SMP. Sedangkan Pondok Pesantren Tahfidz Quran merupakan program tahfidz 3 tahun yang terletak di Kaducau, Gunung Putri, Banjar, Pandeglang.

Dengan mengetahui daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Pandeglang bisa menjadi rujukan Anda sesuai dengan berbagai pertimbangan. Dengan adanya pesantren salafiyah dan pesantren modern bisa dipilih sesuai dengan program yang ditawarkan.

Belum ada Komentar untuk "6+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Pandeglang yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel