7+ Pondok Pesantren di Kabupaten Ponorogo yang Bagus


Terkenal dengan kesenian reog, Kabupaten Ponorogo ternyata memiliki banyak pondok pesantren yang tersebar di seluruh wilayah. Tak hanya terkenal di wilayah Ponorogo saja, pondok pesantren di Kabupaten Ponorogo juga terkenal di seluruh wilayah Indonesia. Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Ponorogo.

Pesantren di Ponorogo


Ponorogo tak hanya terkenal dengan ragam keseniannya, beragam pondok pesantren tersebar dengan berbagai macam fasilitas yang disediakan. Meski begitu, biaya pendidikan yang ditawarkan cukup terjangkau seimbang dengan kualitas pendidikan yang ditawarkan.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Ponorogo


Dengan mengetahui informasi lebih lanjut mengenai daftar nama pondok pesantren Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Ponorogo dapat menjadi bahan pertimbangan Anda untuk menilai kualitas yang ditawarkan.

Dengan mengetahui program dan biaya pendidikan juga dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih pondok pesantren di Kabupaten Ponorogo.

Pondok Modern Darussalam Gontor

Pondok Modern Darussalam Gontor telah berdiri sejak tahun 1926 yang cukup terkenal di Indonesia. Lokasi pondok tak hanya berada di Kabupaten Ponorogo saja, Pondok Modern Gontor juga memiliki cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selain dipisah antara santri putra dan putri, terdapat program unggulan pondok, seperti penguasaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Tak hanya untuk mendalami agama islam saja, santri juga bisa melanjutkan pendidikan formal, mulai dari SMP, SMA, dan perguruan tinggi yang bernama Universitas Darussalam (UNIDA) yang memiliki beragam program studi.

Di pondok, santri juga dibebaskan memilih kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan ketrampilannya.

Pondok Pesantren Al Iman

Pondok Pesantren Al Iman merupakan salah satu pesantren modern yang sudah berdiri sejak tahun 1991. Terletak di Jalan Raya Sampung, Bangunrejo, Sukorejo, Ponorogo, Pondok Pesantren Al Iman memiliki tingkat pendidikan formal mulai dari MI, MTs, dan MA.

Beragam kegiatan ekstrakurikuler tersedia dan bisa dipilih untuk mengembangkan ketrampilan santri. Santri juga diberikan kesempatan mengembangkan prestasi, baik di dalam lingkungan pesantren hingga luar negeri.

Pondok Pesantren Walisongo Ngabar

Terletak di Ngabar, Ponorogo, Pondok Pesantren Walisongo merupakan pesantren yang dinobatkan sebagai Pos Kesehatan Pesantren (poskestren) terbaik se-Jawa Timur. Didirikan sejak tahun 1961 memiliki berbagai lembaga pendidikan formal, mulai dari RA, MI, dan perguruan tinggi.

Selain untuk memperdalam ilmu agama, berbagai kegiatan ekstrakurikuler bisa diikuti untuk mengembangkan potensi santri saat terjun di masyarakat.

Pondok Pesantren Darul Huda Mayak

Pondok Pesantren Darul Huda Mayak terletak di Tonatan, Ponorogo. Pesantren ini tidak hanya menerima santri yang ingin mukim saja, pesantrem juga menerima santri laju yang ingin mendalami ilmu agama melalui program pesantren.

Selain fokus pada kegiatan pendalaman agama islam, pesantren juga menyediakan pendidikan formal, mulai dari MTs dan MA. Selain itu, ada juga pengembangan ketrampilan santri melalui kegiatan ekstrakurikuler yang bisa dipilih.

Pondok Pesantren Darul Falah

Pondok Pesantren Darul Falah terletak di Sukorejo, Ponorogo dan berdiri sejak tahun 2000. Selain memberikan pendidikan santri yang mukim, ada juga pendidikan formal yang dimulai dari PG, TKIT, SDIT, MTs, MA, dan SMK.

Selain menyediakan pendidikan untuk para santri, masyarakat sekitar juga bisa mengikuti beberapa kursus dan pendidikan life skill yang disediakan oleh pesantren. Untuk mendukung kegiatan di pesantren, pihak pesantren juga mendirikan koperasi pesantren yang terdiri dari pertokoan, kantin, dan simpan pinjam.

Pondok Pesantren Karangmojo

Terletak di Jalan Agung, Karangmojo, Balong, Ponorogo, Pondok Pesantren Karangmojo merupakan pondok pesantren tahfidz Quran dengan pola pengasuhan 24 jam.

Selain program tahfidz Quran, pesantren ini juga menyiapkan para santrinya untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Selain fokus pada pendidikan, pesantren juga menyediakan beragam kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh para santri.

Pondok Pesantren Darul Istiqomah

Pondok Pesantren Darul Istiqomah terletak di Ngumpul, Balong, Ponorogo. Selain fokus pada pendidikan agama santri yang mukim, pesantren juga menyediakan pendidikan formal mulai dari RA, MI, MTs, MA, dan SMKN.

Fasilitas yang dimiliki pesantren juga cukup lengkap dengan kegiatan ekstrakurikuler, seperti paskibra yang biasanya menjadi wakil paskibraka kecamatan Balong.

Banyaknya pondok pesantren di Kabupaten Ponorogo bisa menjadi alternatif untuk memperdalam ilmu agama dengan cara mukim ataupun laju. Dengan melihat informasi daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Ponorogo memoga bisa menjadi referensi untuk memilih pesantren.

2 Komentar untuk "7+ Pondok Pesantren di Kabupaten Ponorogo yang Bagus"

  1. ada yg salah, sukorejo bukan pacitan tapi ponorogo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih cak santri, sudah kami ganti. Matursuhun atas informasinya yaaaa :)

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel