10+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Salatiga yang Bagus


Salatiga merupakan salah satu kota administratif di Provinsi Jawa Tengah. Terletak di antara gunung-gunung di wilayah Ungaran dan Magelang membuat suasana Kota Salatiga cukup sejuk. Selain banyak fasilitas pendidikan yang berada di wilayah Kota Salatiga, perkembangan agama islam di wilayah ini juga cukup pesat dengan adanya beberapa pondok pesantren.

Nah, berikut ini daftar nama pondok pesantren di Jawa tengah, khususnya Kota Salatiga yang bisa Anda rekomendasikan ke sanak saudara.

Pesantren di Salatiga


Meskipun memiliki wilayah yang cukup sempit, Kota Salatiga memiliki pondok pesantren yang tersebar diseluruh wilayah Salatiga. Beragam pondok pesantren tersedia mulai dari usia anak-anak higga remaja akhir.

Daftar Pondok Pesantren di Kota Salatiga


Berbagai pondok pesantren di Salatiga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Dalam daftar nama pondok pesantren di Kota Salatiga berikut hanya memuat alamat hingga prestasi pesantren. Anda bisa memilih pesantren sesuai dengan kebutuhan dan biaya hidup yang harus dikeluarkan.

Pondok Pesantren Al-Hasan Salatiga

Berlokasi di Jalan Imam Bonjol, Banyuputih Timur, Salatiga, Pondok Pesantren Al-Hasan kini diasuh oleh Kyai Ma’arif. Pondok pesantren ini terdiri dari pondok pesantren putra dan putri dengan jumla santri sebanyak 110 di tahun 2018.

Selain belajar mengenai ilmu shorof, nahwu, tajwid, dan ilmu agama lain, santri di pondok pesantren ini juga mengeyam pendidikan formal di sekolah umum dan beberapa perguruan tinggi dengan prestasi yang gemilang.

Pondok Pesantren Agro Nur El Falah

Pondok Pesantren Agro Nur El Falah didirikan sejak tahun 2002 dan berlokasi di Jalan Dipomanggolo, Sidorejo, Salatiga. Selain biayanya yang cukup terjangkau, ada juga beasiswa untuk santri tak mampu dari yayasan pondok.

Pondok pesantren ini juga sering menjuarai berbagai lomba hingga ikut serta dalam berbagai kegiatan masyarakat.

Pondok Pesantren Sunan Giri

Pondok Pesantren Sunan Giri terletak di Jalan Agrowilis 15-16, Argomulyo, Salatiga. Berdiri sejak tahun 1992, Pondok Pesantren Sunan Giri mengkaji beberapa kitab mutabaroh dengan berbagai pendidikan formal, mulai madrasah ibtidaiyah hingga madrasah aliyah.

Selain itu, ada berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang bisa dipilih santri, mulai dari kegiatan olahraga, bahasa, pramuka, komputer, hingga tahsin dan tahfidz.

Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah

PPTI Al Falah merupakan salah satu pondok pesantren yang terletak di Jalan Bima nomor 02, Sidomukti, Salatiga. Pondok pesantren ini memiliki santri sebesar 400 di tahun 2017 dan terdiri dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari tingkat MI hingga perguruan tinggi. Untuk pembagian pembelajarannya terdapat 3 tingkatan, yaitu ula, wustho, dan ulya.

Pondok Pesantren Al Azhar

Terletak di Jalan Soekarno-Hatta no.29, Salatiga, Pondok Pesantren Al Azhar didirikan sejak tahun 1993. Pesantren ini merupakan pondok pesantren khusus putri dengan corak semi tradisional-modern. Selain terbuka bagi seluruh kalangan usia, pesantren ini berfokus pada takhassus hafalan Al Quran. Tetapi bagi yang belum fokus untuk hafalan, santri bisa mengaji Al Quran bin–nadzar.

Pondok Pesantren Al Ghufron

Pondok Pesantren Al Grufron terletak di Jalan KH Nur Wahid, Sidomukti, Salatiga dan didirikan oleh KH Ghufron. Pondok pesantren ini merupakan salah satu pesantren yang terletak dekat dengan kampus IAIN Salatiga.

Pondok Pesantren Hidayatullah

Terletak di Jalan Dliko Indah, Sidorejo, Salatiga, Pondok Pesantren Hidayatullah telah didirikan sejak tahun 1995. Pondok pesantren ini merupakan pondok pesantren salafiyah yang dikhususkan untuk santri putra.

Pondok Pesantren Hati Beriman

Pondok Pesantren Hati Beriman terletak di Ngaglik Ledok, Argomulyo, Salatiga. Pondok pesantren ini cukup unik karena memiliki masjid yang menggabungkan arsitektur 3 budaya, yaitu Jawa, Arab, dan Tionghoa.

Pondok Pesantren An Nida

Pondok Pesantren An Nida merupakan pondok pesantren yang terletak di Ledok, Argomulyo, Salatiga. Pondok pesantren ini merupakan pondok pesantren untuk santri putra dan santri putri yang memiliki fasilitas pendidikan mulai dari PAUD hingga SD plus.

Pondok Pesantren Pancasila

Pondok Pesantren Pancasila terletak di Blotongan , Sidorejo, Kota Salatiga. Pondok pesantren ini tidak terbatas oleh usia dan terdiri dari santri putra maupun santri putri yang tentusaja memiliki kawalitas yang tinggi. Baik bidang agama ataupun soft skill yang nantinya dimiliki.

Beragam pondok pesantren di Kota Salatiga bisa Anda pilih sesuai dengan fokus bidang keagamaan. Dengan adanya daftar nama pondok pesantren di Kota Salatiga akan membantu Anda dalam memilih pondok pesantren untuk menuntut ilmu.

Belum ada Komentar untuk "10+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Salatiga yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel