Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9+ Pesantren Terbaik di Sidoarjo yang Menjadi Banyak Pilihan

Pesantren Terbaik di Sidoarjo

Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu daftar nama kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang berbatasan dengan Kota Surabaya di bagian utara. Di Kabupaten Sidoarjo masih berdiri kokoh bangunan pesantren paling tua di Jawa Timur dan masih digunakan hingga saat ini.

Dari pesantren inilah lahir tokoh-tokoh islam hebat yang berdakwah tidak hanya di tanah janah jawa melainkan seluruh Indonesia. Selain keberadaan pesantren tertua di Jawa Timur, di kabupaten ini juga banyak pondok pesantren lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, nah Anda harus simak beberapa daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Sidoarjo di bawah ini.

Pesantren di Kabupaten Sidoarjo


Terdiri dari 18 kecamatan, pesantren di Kabupaten Sidoarjo terletak di sejumlah kelurahan serta desa di Kecamatan Krian, Candi, Porong, Sidoarjo, dan lainnya. Pendidikan pesantren memang terkenal disiplin dan ketat dalam mendidik santriwan dan santriwati.

Namun, itu semua demi kebaikan santri agar kelak saat terjun di masyarakat dapat menjadi pribadi yang berilmu, berakhlak mulia, dan bermanfaat untuk sesama.

Anda dapat menentukan untuk mendaftar di pesantren yang dekat dengan tempat tinggal atau yang memiliki sistem pendidikan agama yang sesuai dengan keinginan Anda.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Sidoarjo


Lantas, apa saja pondok pesantren yang ada di Jawa Timur, khususnya Kabupaten Sidoarjo? Inilah beberapa daftarnya.

1. Pondok Pesantren Al-Hidayah

Pondok pesantren di Kabupaten Sidoarjo yang pertama adalah Al Hidayah terletak di Jalan Raya KH. Ma’shum Ahmad, Kecamatan Tanggulangin. Ponpes ini didirikan oleh KH. Ma’shum Ahmad pada tanggal 28 Januari 1975, pesantren ini dilanjutkan oleh keponakannya KH. M. Syafi’ Misbah  sepeninggal beliau pada tahun 1996.

Pondok pesantren Al-Hidayah memiliki lembaga pendidikan Madrasah Diniyah, TPQ, Madrasah Tsanawiyah Salafiyah, serta Madrasah Aliyah Salafiyah.

2. Pondok Pesantren Al-Fattah

Salah satu pondok pesantren populer di Kabupaten Sidoarjo berikutnya bernama Al Fattah yang lokasinya pun lumayan strategis, yaitu di Dusun Gesing, Desa Banjarsari, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo.

KH Muhtarom dan Ust. Drs. H. Ainun Rofik merupakan pengasuh dari pesantren yang juga menyelenggarakan pendidikan formal SMP dan SMA Pesantren Al Fattah.

3. Pondok Pesantren Jabal Noer

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Sidoarjo selanjutnya adalah ponpes Jabal Noer yang didirikan pada tahun 1992. Dari awal berdiri hingga sekarang, jumlah santri yang mondok semakin banyak dengan perkembangan yang cukup pesat.

Lembaga pendidikan yang diselenggarakan pesantren Jabal Noer seperti TPQ, diniyah, Play Group, TK Islam, MTs, dan MA. Pesantren yang beralamat di Jl. Mangga 16/02 Geluran Taman Sidoarjo ini juga memiliki program Tahfidh Al Quran, Majelis Ta'lim, serta Majelis Dzikir.

4. Pondok Pesantren Al-Khoziny

Selanjutnya ada Pondok pesantren Al Khoziny yang didirikan pada tahun 1927 oleh KH R. Mohammad Abbas Khozin. Pesantren ini berada di Desa Buduran, Kecamatan Sidoarjo yang letaknya lumayan strategis hanya 50 meter dari jalan raya utama jalur Sidoarjo-Surabaya.

Saat ini, Pondok Pesantren Al-Khoziny diasuh oleh KH. R. Khozin  Khoiruddin, K.H. Moch Abbas, K.H Abdul Mujib Abbas, serta KH. R. Abd. Salam Mujib. Pesantren ini tepatnya berada Jl. KHR. Moh Abbas I/18, Buduran, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, nomor telepon  (031)-8921560.

5. Pondok Pesantren Al Hamdaniyah

Pondok pesantren yang akan diulas terakhir merupakan pesantren paling tua di Provinsi Jatim, yaitu Pondok Pesantren Al-Hamdaniyah. Jika Anda melihat banguanan tua pesantren, rasanya tidak ada hal istimewa dari tempat ini. Namun, sejarah dibalik pesantren inilah yang menjadikannya sangat istimewa.

Pondok Pesantren Al-Hamdaniyah adalah salah satu pesantren yang menghasilkan ulama-ulama besar yang berpengaruh pada sejarah perkembangan agama islam di tanah air. Salah satu ulama tersebut adalah KH. Hasyim Asyari yang merupakan pendiri ormas islam terbesar di tanah air, Nahdatul Ulama. Kini, jumlah santri putra dan putri yang mukim di pesantren sekitar 200an orang dari berbagai daerah.

Pengasuh dari Pondok Pesantren Al-Hamdaniyah saat ini adalah KH. Hasyim Fakhrurrozi. Ponpes Al-Hamdaniyah berada di Jl. KH Hamdani No.9, Siwalanpanji, Kecamatan Buduran, Sidoarjo yang lokasinya bersebelahan dengan PP Al-Khoziny.

6. Pondok Pesantren Darul Fikri

Informasi lainnya tentang adanya pondok pesantren terbaik di Kabupaten Sidoarjo ialah Pondok Pesantren Tahfizh Alquran Darul Fikri Sidoarjo. Dimana alamatnya sendiri berada di Desa Sarirogo, RT. 14 RW. 03, Sari Rogo, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

7. Pesantren Modern Al-Amanah Junwangi

Daftar lainnya tetang pondok pesantren terbaik di Sidoarjo ialah PonPes Al-Amanah Junwangi. Dimana dalam sejarahnya sendiri pesantren ini dulu adalah TPQ yang berada di kontrakan kecil tetapi pengasuh dan pendiri pesantren ini benar-benar ingin mengembangkan TPQ tersebut menjadi pesantren yang besar dan bisa bermanfaat untuk masyarakat, beliau ada KH. Nur Cholis Misbah yang biasa dipanggil Abah Nur.

8. Pondok Pesantren Bahrul Ulum Sahlaniyah

Daftar nama dan alamat pondok pesantren terbaik lainnya ialah Pondok Pesantren Bahrul Ulum Sahlaniyah terletak di Jalan KH Sahlan No.Sidorangu, Sidorangu, Watugolong, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Lokasi pesantren ini hijau dan teduh sehingga membuat suasana menjadi sangatlah nyaman.

9. Pesantren Progresif Bumi Shalawat

Informasi tentang adanya Pondok Pesantren Progresif Bumi Shalawat ini sendiri beralamatkan di Jalan Kyai Dasuki No.1, Lebo, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Ponpes ini juga menjadi tempat terbaik untuk menuntut ilmu agama, khususnya Agama Islam. Adapun menurut pendapat Sholahuddin Al Ayubi adanya pembelajaran dalam pondok pesantren ini memadukan pendidikan Salaf dan Modern, juga Tahfidz. Di Asrama dan di Sekolah dibimbing oleh ustadz-ustadzah yang berkompeten di bidangnya. Pendidikan Diniyah juga diterapkan dalam kegiatan di Asrama.

Bagaimana, minat mendaftar di pondok pesantren? Semoga informasi beberapa daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Sidoarjo di atas dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin memberikan pendidikan terbaik untuk putra/i nya.

5 komentar untuk "9+ Pesantren Terbaik di Sidoarjo yang Menjadi Banyak Pilihan"

Akaq Ochit 3 Juni 2020 pukul 05.01 Hapus Komentar
Mohon dikoreksi untuk Ponpes Al Fattah Sdoarjo, pengasuhnya ialah KH Muhtarom dan Ust. Drs. H. Ainun Rofik. Syukron
Unknown 3 Juni 2020 pukul 11.56 Hapus Komentar
ada lagi lo yang terlewat kan.tolong koreksi lagi
Admin 15 Juni 2020 pukul 10.04 Hapus Komentar
Trimakasih atas masukannya. Sudah kami perbaiki kak :)
Anonim 24 Juni 2023 pukul 00.09 Hapus Komentar
Al Barokah kelewat
Anonim 22 Oktober 2023 pukul 01.19 Hapus Komentar
Ponpes Bahrul Ulum Sidorangu Watu Golong itu daerah mana ya Min ?;